Kaskus

Automotive

deni.kaAvatar border
TS
deni.ka
Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Foto: PO. Bagong.Facebook



Ada kabar gembira buat Agan dan Sista yang tinggal di daerah Tapal Kuda, khususnya Jember dan Probolinggo. Pasalnya dalam waktu dekat bus Bagong akan membuka rute Surabaya - Probolinggo - Jember. Kelas yang dilayani adalah ekonomi dengan konfigurasi kursi 2-3.

Armada bus yang digunakan adalah Mercedes Benz 1526, ini merupakan bus yang dulu dipakai melayani rute Surabaya - Tulungagung - Trenggalek. Bus ini memakai mesin belakang, pastinya akan nyaman. Info ini sudah resmi ya Gan Sist, tinggal tunggu tanggal mainnya saja.

Prediksi TS, kemungkinan pada awal tahun 2025 nanti bus mulai beroperasi. Belum tahu nanti apakab bus ini akan lewat tol atau lewat Pasuruan ? Tapi, hadirnya bus ini di Tapal Kuda, pasti bikin pesaing ketar-ketir.

Rute bus ke Tapal Kuda ini dikenal sangat kusut, terutama tarifnya. Jujur ane masih bingung berapa tarif asli dari Surabaya ke Jember emoticon-Hammer (S)Restu Panda tarifnya Rp 100 ribu, kelas patas dan lewat tol. Tapi, patas lain di jalur yang sama, tarif Surabaya - Jember kok Rp 120 ribu ya ? emoticon-Ngakak (S) Ini yang benar yang mana ? emoticon-Big Grin

Untuk bus kelas ekonomi dari Surabaya ke Jember tarif Rp 85 ribu. Tapi, bus tujuan Ambulu (salah satu daerah di Jember) memberi tarif Rp 65 ribu dari Surabaya ke Jember. Kalau Agan dan Sista berangkat rombongan bareng teman, tarif bisa ditawar murah sampai Rp 60 ribu per orang. Itu kata teman ane sih, TS enggak tahu benar atau tidaknya. Untuk buktikan kusutnya tarif bus Tapal Kuda, kalian bisa lihat tangkapan layar dari grup Facecebook Info Warga Jember di bawah ini.


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Iluatrasi: Tangkapan layar Facebook



Enggak cuma tarifnya yang kusut, armada busnya pun ikut kusut. Pasalnya peremajaan armada bus di Tapal Kuda bisa dibilang lambat. Akas Group yang jadi salah satu pemain besar di jalur ini juga kebanyakan masih pakai bodi serta mesin lawas. Beda dengan jalur Surabaya - Jogja misalnya, yang meski mesinnya lawas, tapi bodi banyak di-upgradeikuti perkembangan zaman. Selain itu, peremajaan armada bus di jalur ini juga terus dilakukan setiap tahun secara bertahap.

Harapan lain ada di Restu Panda, tarifnya amanah dan tergolong murah, tapi armada bus yang melayani Surabaya - Jember tidak banyak. Kadang kala, Restu itu ngetemnya juga terlalu lama meski kelasnya patas. Sementara opsi bus patas lainnya, tarifnya Rp 120 ribu semua rata-rata.

Opsi bus patas bagus ada Akas AAA yang juga melayani rute Surabaya - Jember dengan Mercedes 1626/1526 pakai bodi terbaru dan kelas patas. Sebenarnya bus kelas patas ke Jember dan Probolinggo rata-rata sudah bagus. Cuma tarifnya saja yang harus diseragamkan. Misal kalau tarifnya Rp 120 ribu, ya semua harus Rp 120 ribu semua. Jangan ada kasih tarif di bawah itu.

Di jalur lain seperti Surabaya - Ponorogo, Surabaya - Magetan dan Surabaya - Tulungagung, tarif bus patas bisa seragam dan tertib. Tapi, mengapa di Tapal Kuda tidak bisa ? emoticon-Bingung (S)


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Jitstar layani rute Surabaya - Jember. Foto: Adi Ragil W/Facebook


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Akas Asri, pemain senior di rute Jember - Surabaya. Foto: Akas Asri Lovers/Facebook


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Akas AAA pakai bodi terbaru Avante. Foto: @agung_1836/Instagram


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Bus patas Ladju rute Surabaya - Jember. Foto: Robbah The'Slamvanz/Facebook


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Restu rute Surabaya - Jember. Foto: Piskan Instiawan/Facebook



Kalau bus patas Surabaya - Jember armada dan pelayanannya sudah ada peningkatan, bus ekonominya masih kusut Gan Sist. Tarifnya ngawur dan penumpang sering dioper ke bus lain saat okupansi penumpang sepi. Misalnya bus ekonomi Ladju yang bisa dibilang kusut di rute tersebut.

Bus Ladju patas ini masih satu manajeman atau tidak dengan Ladju patas ya ? Kalau iya, pelayanannya kok bisa jomplang ? Patasnya bagus, ekonominya busuk emoticon-Hammer (S)(Kalau ada yang tahu silakan komen di bawah nanti).

Bus ekonomi di jalur Surabaya - Jember ini ada banyak, salah satu yang mendominasi selain Ladju ada Akas Group. Rutenya pun jauh, seperti Akas Asri yang layani rute Jember - Surabaya - Madura. Serta Mila Sejahtera yang melayani kelas ekonomi di rute Madura - Surabaya - Jember - Banyuwangi. Armada Akas Group sudah AC dan tarif tertib, tapi jam keberangkatannya tidak banyak menuju Jember.

Di luar Akas Group, bus ekonomi rute Surabaya - Jember bisa dibilang lebih parah kondisi armadanya, banyak bodi tua dan harusnya segera diganti. Kebanyakan juga masih non-AC. Sampai ke tujuan pun juga lama perjalanannya

Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Ladju rute Surabaya - Jember, salah satu bus ekonomi yang mendominasi do rute ini. Foto: Ach Acahmad/Facebook


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Restu Agung memakai bus bekas Mayasari Bakti, rutenya Surabaya - Jember - Banyuwangi. Foto: Khoirul Aan Anam/Facebook


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Aakas Asri melayani rute Jember - Surabaya - Madura dengan kelas ekonomi. Foto: Aaks Asri Lovers/Facebook


Segera Hadir ! Bus Bagong Siap Invasi Wilayah Tapal Kuda

Rute jauh, Mila Sejahtera melayani kelas ekonomi di rute Madura - Surabaya - Jember - Banyuwangi. Foto: Rakha Azhari/Facebook



Sebagai orang yang sering pakai bus untuk bepergian, TS harap kehadiran Bagong di rute Surabaya - Jember bisa merubah stigma jelek bus di wilayah Tapal Kuda, mulai dari tarif sampai pelayanannya. Karena kalau tidak ada pemain baru, bus di wilayah itu tidak akan pernah berbenah Gan Sist.

Dibukanya rute Surabaya - Jember juga menjadi langkah ambisius dari Bagong untuk bisa menguasai satu per satu rute bus di Jawa Timur. Jadi, kita lihat kedepannya, bagaimana kiprah Bagong di Tapal Kuda.

Bagi yang punya pengalaman naik bus di daerah Tapal Kuda atau punya pandangan tentang dunia perbusan, jangan lupa untuk berkomentar di bawah. Sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



Sumber Tulisan: opini, pengalaman dan pemikiran pribadi
Ilustrasi: Facebook

si.matamalaikatAvatar border
CaiFukAvatar border
jlampAvatar border
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
4
469
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan