Kaskus

Automotive

pttackle919204Avatar border
TS
pttackle919204
Penyebab motor Vixion susah hidup saat dingin
Penyebab motor Vixion susah hidup saat dingin - Saat temperatur mesin masih dingin, panas yang terbentuk pada saat langkah kompresi akan dibagi menjadi komponen-komponen mesin. Sehingga total temperatur akhir pada saat langkah kompresi lebih rendah dari biasanya. Hal inilah yang membuat motor terkadang sulit untuk dihidupkan di pagi hari.


Penyebab motor Vixion susah hidup saat dingin


Mungkin anda pernah mengalami kondisi dimana motor anda susah untuk di start. Jika mesin biasanya berjalan dalam satu kali start, mungkin diperlukan tiga hingga lima kali start agar mesin dapat dihidupkan. Apa penyebabnya ?

Yang lebih membingungkan lagi, kondisi ini hanya muncul di waktu-waktu tertentu saja, seperti saat kita menghidupkan motor di pagi hari atau saat suhu mesin dingin.

Namun jangan bingung, karena pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang sepeda motor vixion yang susah untuk start di pagi hari.

Namun semua sepeda motor sudah memiliki sistem untuk mengatasi hal tersebut, jika motor karburator tersedak. Jika motor diinjeksi, diatur secara otomatis di ECU. Jadi seharusnya tidak ada masalah dengan motor yang bekerja keras di pagi hari.


Baca juga : Penyebab dan Tanda Air Radiator Vixion Cepat Habis


Berikut adalah Penyebab motor Vixion susah hidup saat dingin

1. Aki lemah

Saat kita menghidupkan mesin, tenaga yang digunakan oleh motor vixion starter cukup besar. Dan energi ini biasanya disediakan oleh baterai, namun saat baterai mendekati batas penggunaan, kapasitas energi listrik yang dapat disimpan juga berkurang.

Hal ini menyebabkan daya listrik yang disuplai ke motor starter tidak sebesar biasanya. Sehingga RPM motor starter melemah dan putaran ini tidak cukup kuat untuk menghidupkan mesin saat suhu masih dingin.

Gejala aki lemah, bisa Anda rasakan saat menekan tombol start, motor starter tidak langsung hidup. Namun ada jeda dan terkadang malah motor starter mati dan dalam sekejap hidup kembali meski tombol starter terus ditekan.

Jika gejala tersebut muncul, Anda harus memperbaiki aki sepeda motor. Untuk aki biasa/basah, Anda bisa menambahkan atau mengganti air aki. Sedangkan aki tertutup / aki kering Anda harus menggantinya.

2. Masalah pompa bahan bakar

Pada motor injeksi, pompa bahan bakar digunakan untuk memompa bensin ke injektor. Jadi saat injector dibuka, bensin langsung keluar karena adanya tekanan dari fuel pump.

Itulah yang terjadi ketika mesin berjalan normal. Saat mesin dimatikan, pompa bahan bakar juga mati tetapi tekanan bahan bakar tidak turun karena ada komponen katup pelepas yang menjaga tekanan di sistem injeksi.

Masalahnya, relief valve ini juga bisa melemah jika digunakan terus menerus. Akibatnya, saat mesin dimatikan semalaman, tekanan bahan bakar turun.

Saat kita menekan tombol start di pagi hari, mesin tidak langsung hidup karena bensin tidak keluar dari injektor karena tidak ada tekanan dari fuel pump.

Memang saat itu fuel pump akan otomatis bekerja saat mesin dihidupkan. Namun karena sebelumnya tekanan di jalur injeksi sempat turun, butuh waktu untuk kembali ke tekanan normal. Jadi dibutuhkan tiga atau lebih proses pengapian agar mesin dapat menyala.

Solusinya, karena relief valve terletak di dalam fuel pump, maka kita perlu menurunkan fuel pump dan memeriksa kondisi relief valve. Jika sudah lemah harus segera diganti. Namun sebelum Anda mendeteksi masalah ini, lihat dulu speedometer sepeda motor Anda. Karena jika terjadi masalah pada fuel pump, maka check engine akan menyala.

3. Tekanan kompresi rendah

Kompresi mesin digunakan untuk mengubah campuran udara dan bahan bakar menjadi satu molekul gas yang memiliki temperatur tinggi dan sangat mudah terbakar meskipun dipicu oleh percikan api kecil.

Besar kecilnya tekanan kompresi diatur oleh pabrikan yang biasanya berkisar antara 9 hingga 10 hingga 1.

Semakin besar tekanan kompresi mesin maka temperatur campuran udara dan bensin akan semakin meningkat dan akan semakin mudah terbakar. Namun, jika tekanan kompresi dikurangi, sifat mudah terbakar gas akan berkurang.

Sehingga busi tidak cukup kuat untuk memicu pengapian mesin. Namun, mesin bisa hidup kembali saat suhu agak panas. Ini karena suhu gas di ruang bakar juga meningkat berkat suhu mesin.

Biasanya tekanan kompresi yang rendah ini disebabkan oleh ring piston yang aus atau silinder mesin yang aus.

0
6.9K
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan