Kaskus

Automotive

ismail464646Avatar border
TS
ismail464646
apa beda busi mobil injeksii dengan mobil karbu
dan memerintahkan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan injektor tersebut. Selain itu tekanan yang dihasilkan juga jauh lebih tinggi dibanding sistem karburator yang hanya mengandalkan kevakuman, sehingga pencampuran antara udara dan bahan bakar menjadi lebih homogen. Timing penyemprotan bahan bakar juga menjadi kelebihan dari sistem ini, sehingga bahan bakar yang masuk ke dalam combustion chamber (ruang bakar) menjadi sangat optimal. Yang menjadi kekurangan dari sistem ini adalah biaya spare part yang memang lebih tinggi dibanding karburator. Komponen utama dari sistem ini adalah yang pasti injektor itu sendiri, ECU, sensor-sensor juga menjadi komponen pendukung kerja injektor tersebut karena bila salah satu dari sensor itu terdapat kerusakan mesin dapat bekerja menjadi “pincang” atau bahkan mati. Injektor dewasa ini diletakan di dalam intake manifold dan sedekat mungkin dengan katup masuk. Sehingga udara yang masuk dari throttle body akan menuju intake manifold lalu bertemu dengan bahan bakar baru setelah itu masuk ke dalam ruang bakar melalu katup masuk yang terbuka.



Sedikit flashback tentang perjalanan injektor dijaman dahulu. Dahulu injektor juga pernah bekerja secara mekanis (tanpa ada bantuan elektronik sama sekali) namun hasilnya memang sangat tidak efektif dan efisien. Lalu seiring berjalannya waktu injektor bekerja sudah secara elektronik namun sistem penginjeksian pada saat itu masih kacau. Injektor selalu menyempotkan bahan bakar walau bukan timingnya. Pada saat katup masuk tertutup-pun injektor tetap menyemprotkan bahan bakar. Hingga akhirnya injektor dapat bekerja secara efisien seperti yang saat ini sudah kita nikmati.



Injektor masa kini sudah sangat canggih bila kita bandingkan pada saat tahun 70an dimana sistem injeksi baru diciptakan. Bahkan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, beberapa merk mobil menempatkan injektor didalam ruang bakar secara langsung sehingga bahan bakar tidak lagi tersisa di intake manifold dan campurannya menjadi semakin homogen. Teknologi tersebut bernama Direct Injection.

sumber foto: google.com
0
3.3K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan