
Selamat datang di thread ane lagi gan sist, Sekilas tentang Mutasi motor selain fisik kendaraan yang biasanya berpindah lokasi dan sekaligus perpindahan lokasi pembayaran pajak kendaraan bermotor namun masih dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), baik antar kabupaten maupun antar provinsi. Proses mutasi ada 2 macam, yaitu: mutasi pada 1 daerah dan mutasi lain daerah. Jika proses mutasi melibatkan 2 daerah samsat dan berbeda provinsi, diperlukan prosedur cabut berkas yang melibatkan Polda setempat. Nah untuk motor ane kali ini karena beda provinsi maka diperlukan pencabutan berkas, izinkan ane sekedar berbagi pengalaman mutasi cabut berkas motor sepuh ane Scorpio 2004 dari plat Bekasi ke Temanggung
Dikarenakan ane dulu beli motor second jadi masih atas nama orang lain alhasil jadi rada-rada males mau bayar pajak

eace dan tanpa terasa tunggakan pajak motor ane sudah mau lebih dari 2 tahun, Tepatnya bulan november 2017 kemarin motor sudah genap menunggak pajak 2 tahun (jangan ditiru bree)

sebagai warga negara yang baik akhirnya pertengahan bulan desember ane memutuskan untuk balik nama kendaraan sekaligus mutasi ke plat daerah karena ktp ane masih ktp daerah, ohh iya ini ane ngurus sendiri karena ane sebelumnya sudah menanyakan di biro jasa mengenai estimasi biaya mutasi yang menghitung minimal dana yang diperlukan kurang lebih Rp 1.500.000 itu baru hitungan kasar jika tidak ada tunggakan

dan
setelah mengurus sendiri ane cuman habis Rp 850.000 plus denda tunggakan karena motor ane telat 2 tahun, okee langsung aja gan sist yuk disimak

Persiapan Berkas
Berkas-berkas yang diperlukan untuk mutasi keluar daerah (lebih baik disiapkan semuanya sebelum datang ke samsat seperti fotocopy berkas dll)
1. BPKB Asli beserta salinannya (2 rangkap)
2. STNK Asli beserta salinannya (2 rangkap)
3. KTP Asli pemilik baru beserta salinannya (2 rangkap)
4. Kwitansi pembelian bermaterai Rp 6.000 jika ada, difotocopy juga (2 rangkap)
5. Bolpoint
6. Dan uang saku tentunya
Tahapan Mutasi Kendaraan :
1. Cek Fisik Motor Sekaligus Legalisasi (pengesahan), Biaya Rp 0 (tanpa biaya) di Kantor Samsat Daerah Asal
Quote:
2. Serahkan ke Bagian Cek Fiskal, Biaya Rp 355.000
Quote:
cukup lengang
Setelah cek fisik selesai dan berkas sudah dilegalisir ane diarahkan untuk langsung menuju ke bagian cek fiskal. Kalau di Samsat Bekasi ada dilantai dua tepatnya masuk gedung utama yang didepan langsung naik tangga disebelah kanan gedung, setelah sampai dilantai dua ane serahkan berkas tadi dibagian cek fiskal dan antrian juga terlihat cukup lengang hanya terlihat beberapa orang saja, great!!

ane dipersilakan untuk menunggu terhitung gak sampai 15 menit nama ane sudah dipanggil dan ane diminta melunasi tunggakan total Rp 355.000 (mungkin ini sudah termasuk tunggakan pajak beserta denda, ane kurang paham rinciannya fyi: pajak motor ane setahun Rp 245.000) setelah lunas kita akan menerima berkas keterangan bahwa motor tersebut sudah tidak ada tunggakan pajak lagi dan siap untuk didaftarkan mutasi ke luar kota.
bukti pelunasan fiskal
3. Pendaftaran Mutasi Luar Kota, Biaya Rp 425000
Quote:
loket pendaftaran mutasi antar daerah
Pendaftaran mutasi luar kota ini masih dilantai 2 tepat ada disebelah loket cek fiskal atau paling hanya berjarak 5 meter (pastinya letak dari tiap ruangan akan berbeda untuk tiap samsat), langsung serahkan berkas pada pendaftaran disitu petugas akan mengecek lagi kelengkapan dokumen jika sudah fixed lengkap kita akan dikasih formulir pendaftaran mutasi luar daerah. Selanjutnya isi saja sesuai permintaan secara umum kita diminta untuk mengisi data pemilik motor sebelumnya dan data kita (pemilik baru) beserta nomor Hanphone kalau sudah langsung serahkan lagi ke loket pendaftaran tunggu sampai nama kita dipanggil (dan lagi2 ane gak perlu menunggu waktu cukup lama

) sekitar 20an menit nama ane sudah dipanggil lagi dan diminta untuk melunasi biaya mutasi antar kota dengan total tagihan Rp 425.000, setelah itu kita akan diberi tanda terima bukti pelunasan dan disitu juga tercantum stampel NO. HP petugas samsat nanti kita mesti menghubunginya 30 hari kedepan via SMS saja.
tanda terima pelunasan nanti dibawa saat akan mengambil berkas
4. Pengambilan berkas
Quote:
masih dilantai yang sama
Setelah menunggu kurang lebih 30 hari, pada tanggal 15 januari 2018 ane mengirimkan sms ke nomor yang kemarin distampel untuk menanyakan sudah jadi atau belum proses pengurusan mutasinya. tak lama kemudian sms dibalas serta petugas samsat juga langsung menginformasikan kalau berkas sudah bisa diambil, karena waktu itu hari senin ane sengaja mengulur pengambilan berkas sampai hari jumat lagi karena pengalaman menyenangkan sebelumnya tentunya

atau tepatnya 19 januari 2018 ane pagi-pagi langsung datang ke samsat. Tinggal membawa bukti pelunasan kemarin dan berkas yang ada stampel no hpnya serahkan ke loket penyerahan (masih dilantai 2 juga) dan jelaskan bahwa kita akan menggambil berkas. Karena ane cukup awal dan kondisi antrian juga terbilang masih cukup sepi ane hanya perlu menunggu kurang lebih 10 menit nama ane sudah dipanggil. Disitu kita sudah menerima berkasnya dan petugas langsung mengarahkan agar ane langsung menuju ke bagian arsip untuk mengambil beberapa berkas lagi
letaknya ada di dekat loket cek fisik setelah sampai di loket bagian arsip petugas langsung mengecek lagi kelengkapan berkas dan tak butuh waktu lama juga nama ane dipanggil lagi dan petugas menginformasikan bahwa proses mutasi sudah selesai. (tetapi belum bagi ane)
5. Minta Cek Fisik Bantuan
Quote:
Setelah berkas-berkas lengkap dan dinyatakan selesai ane masih mesti cek fisik kendaraan sekali lagi karena masih harus minta cek fisik bantuan agar motor tak perlu dibawa ke daerah. jadi nanti tinggal mengirimkan berkasnya saja. Bilang sama petugas cek fisik (buat cek fisik bantuan) nanti oleh petugas akan dikasih tanda kalau berkas itu untuk cek fisik bantuan. Proses sama persis saat cek fisik pertama kali dan nanti juga harus ke loket cek fisik lagi untuk legalisir dan disitu akan distampel (cek fisik bantuan).
Total biaya cabut berkas dikota asal :
Cek fiskal Rp 355.000
Biaya mutasi Rp 425000
Biaya fotocoy plus transport 2x datang Rp 70000
Total Rp 850000
Okee segini dulu ya gan sist, ini baru proses setengah jalan karena ane baru saja mengirimkan berkasnya ke kota tujuan dan karena ane gak mengurus sendiri proses masuk didaerah nanti akan diupdate secara singkat estimasi total biayanya habis berapa.
cobalah urus sendiri sistem birokrasi sudah lumayan bagus jangan salahkan kalau banyak calo itu mereka ada karena banyak yang butuh, kalau tiap2 orang dengan penuh kesadaran mengurus sendiri "mereka" juga akan ikut hilang ditelan bumi
See you next time gan sist
Maaf baru sempet update kesibukan di rl jadi agak jarang ngaskus
Untuk biaya di kota tujuan ane ga bisa jelasin secara rinci karena kebetulan orang rumah ngak ada yang sempet ngurus juga akhirnya terpaksa pakai biro jasa dengan habis total biaya Rp 1.250.000,- sudah terima bersih, pastinya kalau mengurus sendiri jatuhnya bakalan lebih murah ga bakal sampai segitu.
Oke terima kasih yang sudah berkunjung semoga bermanfaat
