- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Jalan Nasional di Pulau Jawa yang Wajib Agan Ketahui


TS
idheseven
Jalan Nasional di Pulau Jawa yang Wajib Agan Ketahui

Indonesia sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan. Terutama pembangunan infrastruktur penunjang perekonomian yang tidak lain adalah Jalan. Jalan adalah akses penghubung yang bisa dilalui oleh kendaraan bermesin atau tidak bermotor, manusia, atau sebagai akses untuk perpindahan manusia, barang, dan/ atau lainnya.
Sebagaimana dalam perundang-undangan, jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, dibawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori dan jalan kabel;
Ditjen Hubdat sendiri mengklasifikasikan melalui undang-undang termasuk pembagian jalan. Jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kecamatan, jalan desa, dll.Demikianlah yang akan kita bahas kali ini adalah Jalan Nasional.

Jalan nasional merupakan sistem jaringan jalan utama, menghubungkan antar ibukota antar provinsi, dan jalan strategis nasional. Jalan nasional diberi kode ruas jalan yang selanjutnya dalam perundang-undangan disebut sebagai nomor rute. Nomor rute yaitu kode dalam bentuk angka yang digunakan sebagai identitas dari satu ruas jalan nasional. Sedangkan rute adalah kumpulan ruas jalan yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lain secara menerus.
Sebagaimana dalam perundang-undangan, jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, dibawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori dan jalan kabel;
Ditjen Hubdat sendiri mengklasifikasikan melalui undang-undang termasuk pembagian jalan. Jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kecamatan, jalan desa, dll.Demikianlah yang akan kita bahas kali ini adalah Jalan Nasional.

Jalan nasional merupakan sistem jaringan jalan utama, menghubungkan antar ibukota antar provinsi, dan jalan strategis nasional. Jalan nasional diberi kode ruas jalan yang selanjutnya dalam perundang-undangan disebut sebagai nomor rute. Nomor rute yaitu kode dalam bentuk angka yang digunakan sebagai identitas dari satu ruas jalan nasional. Sedangkan rute adalah kumpulan ruas jalan yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lain secara menerus.
Jalan Nasional di Pulau Jawa
Jalan Nasional di Pulau Jawa terbagi atas beberapa rute. Yaitu rute dengan nomor rute 1 - 25. Alhasil ada 25 rute jalan yang menghubungkan antar ibukota antar provinsi di Pulau Jawa. Dalam thread kali ini akan saya bagikan informasi menyangkut Rute 1 - 25 dalam Jalan Nasional serta informasinya. Sebagai pendukung, panduan, dan informasi untuk agan yang melakukan perpindahan / mobilitas dari satu provinsi ke provinsi yang lain dalam satu Pulau Jawa.
Cekibrotsss
Jalan Nasional di Pulau Jawa terbagi atas beberapa rute. Yaitu rute dengan nomor rute 1 - 25. Alhasil ada 25 rute jalan yang menghubungkan antar ibukota antar provinsi di Pulau Jawa. Dalam thread kali ini akan saya bagikan informasi menyangkut Rute 1 - 25 dalam Jalan Nasional serta informasinya. Sebagai pendukung, panduan, dan informasi untuk agan yang melakukan perpindahan / mobilitas dari satu provinsi ke provinsi yang lain dalam satu Pulau Jawa.
Cekibrotsss


Spoiler for Peta Jalan Nasional di Banten:

Spoiler for Peta Jalan Nasional di DKI Jakarta:

Spoiler for Peta Jalan Nasional di Jawa Barat:

Spoiler for Peta Jalan Nasional di Jawa Tengah:

Spoiler for Peta Jalan Nasional di DIY Yogyakarta:

Spoiler for Peta Jalan Nasional di Jawa Timur:
Bagaimana Mengetahui Keberadaan Jalan Nasional yang Akan Lalui?
Keberadaan Jalan Nasional sendiri bisa dirasakan dan dilihat secara langsung oleh para pengguna jalan. Jalan Nasional tergolong jalan kelas I, yaitu jalan arteri yang dapat dilalui kendaraan bermotor termasuk muatan dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 18.000 milimeter, dan muatan sumbu terberat yang diizinkan lebih besar dari 10 ton, yang saat ini masih belum digunakan di Indonesia, namun sudah mulai dikembangkan diberbagai negara maju seperti di Prancis telah mencapai muatan sumbu terberat sebesar 13 ton;
dan juga tergolong jalan kelas II, yaitu jalan arteri yang dapat dilalui kendaraan bermotor termasuk muatan dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 18.000 milimeter, dan muatan sumbu terberat yang diizinkan 10 ton, jalan kelas ini merupakan jalan yang sesuai untuk angkutan peti kemas; meski demikian, ada juga Jalan Nasional yang tergolong jalan tol, yaitu jalan bebas hambatan yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan beroda empat atau lebih.
Jadi jangan khawatir tentang jalan yang akan agan lalui melalui Jalan Nasional. Karena jalan nasional sudah termasuk jalan arteri kelas 1 dan kelas 2. Artinya jalan ini menjadi jalan utama penghubung antar ibukota antar provinsi. Mobil, truk besar, truk panjang, menggunakan jalan ini sebagai media perpindahan antar ibukota antar provinsi.
Lihatlah perbedaan dari marka Jalan Nasional dengan Jalan Provinsi

Lihatlah pada Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan yang akan agan lalui

Ini artinya agan berkendara menuju Tegal dengan melalui Jalan Nasional utama rute 1

Ini artinya agan berkendara menuju Jakarta atau Cikampek dengan melalui Jalan Nasional utama rute 1
Melalui aplikasi navigasi Google Maps ataupun Waze. Pada aplikasi navigasi ini menunjukan keberadaan Jalan Nasional dengan warna yang berbeda dari biasanya. Tertulis Jalan Nasional berikut nomor rutenya. Agan yang sering menggunakan aplikasi navigasi bisa melihatnya dengan jelas.

Keberadaan Jalan Nasional sendiri bisa dirasakan dan dilihat secara langsung oleh para pengguna jalan. Jalan Nasional tergolong jalan kelas I, yaitu jalan arteri yang dapat dilalui kendaraan bermotor termasuk muatan dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 18.000 milimeter, dan muatan sumbu terberat yang diizinkan lebih besar dari 10 ton, yang saat ini masih belum digunakan di Indonesia, namun sudah mulai dikembangkan diberbagai negara maju seperti di Prancis telah mencapai muatan sumbu terberat sebesar 13 ton;
dan juga tergolong jalan kelas II, yaitu jalan arteri yang dapat dilalui kendaraan bermotor termasuk muatan dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 18.000 milimeter, dan muatan sumbu terberat yang diizinkan 10 ton, jalan kelas ini merupakan jalan yang sesuai untuk angkutan peti kemas; meski demikian, ada juga Jalan Nasional yang tergolong jalan tol, yaitu jalan bebas hambatan yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan beroda empat atau lebih.
Jadi jangan khawatir tentang jalan yang akan agan lalui melalui Jalan Nasional. Karena jalan nasional sudah termasuk jalan arteri kelas 1 dan kelas 2. Artinya jalan ini menjadi jalan utama penghubung antar ibukota antar provinsi. Mobil, truk besar, truk panjang, menggunakan jalan ini sebagai media perpindahan antar ibukota antar provinsi.
Lihatlah perbedaan dari marka Jalan Nasional dengan Jalan Provinsi

Lihatlah pada Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan yang akan agan lalui

Ini artinya agan berkendara menuju Tegal dengan melalui Jalan Nasional utama rute 1

Ini artinya agan berkendara menuju Jakarta atau Cikampek dengan melalui Jalan Nasional utama rute 1
Melalui aplikasi navigasi Google Maps ataupun Waze. Pada aplikasi navigasi ini menunjukan keberadaan Jalan Nasional dengan warna yang berbeda dari biasanya. Tertulis Jalan Nasional berikut nomor rutenya. Agan yang sering menggunakan aplikasi navigasi bisa melihatnya dengan jelas.

DANGER! KARENA ISI RELATIF PANJANG MAKA DIBERLAKUKAN SISTEM CILUKBA DENGAN MENGGUNAKAN SPOILER. MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANANNYA. SILAHKAN BAGIKAN THREAD INI KEPADA SANAK SAUDARA, TEMAN, DAN MASYARAKAT BANYAK. SUPAYA BANYAK MASYARAKAT MENGETAHUI TENTANG ADANYA RUTE JALAN NASIONAL DI PULAU JAWA. SEMOGA BERMANFAAT.

Spoiler for Jalan Nasional Rute 1:

Spoiler for Jalan Nasional Rute 2:

Spoiler for Jalan Nasional Rute 3:

Spoiler for Jalan Nasional Rute 4:

Spoiler for Jalan Nasional Rute 5:

Spoiler for Jalan Nasional Rute 6:

Spoiler for Jalan Nasional Rute 7:

Why Jalan Nasional Banyak yang Rusak?
Faktor satu adalah banyaknya perpindahan yang menggunakan jalur darat melewati atas jalan raya.Berbeda dengan zaman past, dimana perpindahan dilakukan melalui transportasi kereta api. Dilansir dari detikfinance, menurut Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR, Ari Setiadi Moerwanto menyatakan bahwa di Indonesia lebih dari 90% konektivitas baik penumpang maupun barang sangat tergantung kepada jalan raya. Ruas jalan kereta api berkurang dari tahun ke tahun karena lebih mengutamakan jalan raya.
Kini, angkutan barang lebih banyak menggunakan jalur darat melewati atas jalan raya. Kendaraan yang membawa barang seringkali muatannya melebihi dari kapasitas beban maksimal jalan tersebut. Why? Karena di sisi lain biaya angkut kendaraan ingin ditekan dengan membawa barang dengan jumlah semaksimal mungkin untuk sekali pengangkutan. Hal ini bisa menyebabkan umur jalan terpangkas dari yang tadinya 10 tahun menjadi hanya satu hingga dua tahun.
"Kerugiannya adalah umur jalan kita menjadi lebih pendek. Yang tadinya kita rancang 10 tahun, sekarang 1 tahun atau maksimum 2 tahun jadi rusak semuanya. Kita lihat sekarang, kondisi nyatanya kan seperti itu (berlubang). Semua yang melalui Pantura, lintas Sumatera, itu overload semuanya. Kita punya problem di Jembatan Cisomang dan lain-lain, itu semuanya karena overload," tutur Arie.
"Problemnya adalah, semua asosiasi logistik ingin membuat user cost murah, dengan meninggikan tekanan ganda. Karena kan kalau ngangkut lebih, dia kan lebih murah. Tapi di authority cost-nya mahal. Jadi si pengelola jalan (Bina Marga) harus menanggung biaya yang lebih tinggi," pungkasnya
Faktor satu adalah banyaknya perpindahan yang menggunakan jalur darat melewati atas jalan raya.Berbeda dengan zaman past, dimana perpindahan dilakukan melalui transportasi kereta api. Dilansir dari detikfinance, menurut Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR, Ari Setiadi Moerwanto menyatakan bahwa di Indonesia lebih dari 90% konektivitas baik penumpang maupun barang sangat tergantung kepada jalan raya. Ruas jalan kereta api berkurang dari tahun ke tahun karena lebih mengutamakan jalan raya.
Kini, angkutan barang lebih banyak menggunakan jalur darat melewati atas jalan raya. Kendaraan yang membawa barang seringkali muatannya melebihi dari kapasitas beban maksimal jalan tersebut. Why? Karena di sisi lain biaya angkut kendaraan ingin ditekan dengan membawa barang dengan jumlah semaksimal mungkin untuk sekali pengangkutan. Hal ini bisa menyebabkan umur jalan terpangkas dari yang tadinya 10 tahun menjadi hanya satu hingga dua tahun.
"Kerugiannya adalah umur jalan kita menjadi lebih pendek. Yang tadinya kita rancang 10 tahun, sekarang 1 tahun atau maksimum 2 tahun jadi rusak semuanya. Kita lihat sekarang, kondisi nyatanya kan seperti itu (berlubang). Semua yang melalui Pantura, lintas Sumatera, itu overload semuanya. Kita punya problem di Jembatan Cisomang dan lain-lain, itu semuanya karena overload," tutur Arie.
"Problemnya adalah, semua asosiasi logistik ingin membuat user cost murah, dengan meninggikan tekanan ganda. Karena kan kalau ngangkut lebih, dia kan lebih murah. Tapi di authority cost-nya mahal. Jadi si pengelola jalan (Bina Marga) harus menanggung biaya yang lebih tinggi," pungkasnya
Pengetahuan tentang Jalan Nasional di Pulau Jawa sangatlah perlu agan ketahui. Bagi agan yang hendak berpergian antar ibukota antar provinsi jalan ini menjadi suatu rute yang bisa ditempuh. Rute ini ditentukan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Tetap patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas di jalan. Utamakan keselamatan, boleh cepat asal selamat, biarpun lambat asal selamat. Awali perjalanan dengan berdoa dan persiapan. Selamat menikmati perjalanan agan. Semoga selamat sampai tujuan.
DANGER! POST #1 TELAH MENCAPAI BATAS KARAKTER. UPDATE BISA DILIHAT PADA POST #2 DIBAWAH DAN SETERUSNYA. SILAHKAN BAGIKAN THREAD INI KEPADA SANAK SAUDARA, TEMAN, DAN MASYARAKAT BANYAK. SUPAYA BANYAK MASYARAKAT MENGETAHUI TENTANG ADANYA RUTE JALAN NASIONAL DI PULAU JAWA. SEMOGA BERMANFAAT.
Susuned and Olahed from berbagai source
S.K Ditjen Hubdat
Wikipedia
Idezia
Detik
Indo Skycraper
Diubah oleh idheseven 12-12-2017 10:49
0
10.9K
51


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan