- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Pilot, Co-Pilot, Apa Bedanya?


TS
kryptokid
Pilot, Co-Pilot, Apa Bedanya?
Spoiler for Pilot:

Quote:
“Kamu sudah pilot atau masih co-pilot?”
Sebagai seorang pilot baru, saya cukup sering mendapatkan pertanyaan seperti diatas. Sebenarnya pertanyaan diatas salah kaprah. Mengapa salah kaprah? Baca tulisan ini hingga selesai untuk mengetahui jawabannya.
Pertama akan saya mulai dengan menjabarkan definisi penyebutan profesi ini satu persatu menurut versi saya, bukan versi KBBI.
Pilot : Seseorang yang secara legal bisa menerbangkan pesawat terbang, dan memiliki lisensi yang diakui oleh pemerintah negara dimana ia menerbangkan pesawat.
Captain : Seorang pilot yang bertanggung jawab memastikan keamanan operasi penerbangan dan memiliki lisensi yang sesuai untuk bertindak sebagai Captain di suatu pernebangan. Bisa juga disebut Pilot in Command (PIC). Jika pesawat diibaratkan sebuah negara, maka Captain adalah Presidennya
Co-pilot : Seorang pilot yang bertugas membantu tugas seorang PIC/Captain dan menggantikan posisinya apabila PIC/Captain tidak bisa melanjutkan tugasnya. Nama lain dari co-pilot ini adalah First Officer (FO) atau bisa juga Second in Command (SIC). Jika pesawat diibaratkan sebuah negara, maka Co-Pilot adalah Wakil Presidennya.
Nah, dari definisi diatas saja sudah mulai terlihat kan mengapa pertanyaan di awal tulisan ini salah kaprah?
Jadi sebenarnya baik Captain maupun First Officer (FO) adalah pilot dan sama-sama bisa menerbangkan pesawat. Skill mereka dalam menerbangkan pesawat pun sebenarnya bisa dibilang tidak berbeda jauh karena proses pelatihan yang dijalani keduanya memiliki standar yang sangat mirip.
Lalu apa sebenarnya perbedaan antara Captain dan FO? Oke, akan kita bahas satu persatu.
Sebagai seorang pilot baru, saya cukup sering mendapatkan pertanyaan seperti diatas. Sebenarnya pertanyaan diatas salah kaprah. Mengapa salah kaprah? Baca tulisan ini hingga selesai untuk mengetahui jawabannya.
Pertama akan saya mulai dengan menjabarkan definisi penyebutan profesi ini satu persatu menurut versi saya, bukan versi KBBI.
Pilot : Seseorang yang secara legal bisa menerbangkan pesawat terbang, dan memiliki lisensi yang diakui oleh pemerintah negara dimana ia menerbangkan pesawat.
Captain : Seorang pilot yang bertanggung jawab memastikan keamanan operasi penerbangan dan memiliki lisensi yang sesuai untuk bertindak sebagai Captain di suatu pernebangan. Bisa juga disebut Pilot in Command (PIC). Jika pesawat diibaratkan sebuah negara, maka Captain adalah Presidennya
Co-pilot : Seorang pilot yang bertugas membantu tugas seorang PIC/Captain dan menggantikan posisinya apabila PIC/Captain tidak bisa melanjutkan tugasnya. Nama lain dari co-pilot ini adalah First Officer (FO) atau bisa juga Second in Command (SIC). Jika pesawat diibaratkan sebuah negara, maka Co-Pilot adalah Wakil Presidennya.
Nah, dari definisi diatas saja sudah mulai terlihat kan mengapa pertanyaan di awal tulisan ini salah kaprah?
Jadi sebenarnya baik Captain maupun First Officer (FO) adalah pilot dan sama-sama bisa menerbangkan pesawat. Skill mereka dalam menerbangkan pesawat pun sebenarnya bisa dibilang tidak berbeda jauh karena proses pelatihan yang dijalani keduanya memiliki standar yang sangat mirip.
Lalu apa sebenarnya perbedaan antara Captain dan FO? Oke, akan kita bahas satu persatu.
Quote:
1. Seragam
Cara termudah membedakan seorang Captain dan FO adalah dari seragamnya.
Seorang Captain akan memakai seragam dengan 4 strip kuning di bahunya, jika kurang dari 4 maka dia bukanlah seorang Captain. Sesederhana itu. Ohya, beberapa maskapai terkadang memakai warna silver untuk warna strip di bahu ini.
Sedangkan seorang FO bisa saja memakai seragam dengan 1-3 strip kuning di bahunya. Perbedaan jumlah strip ini biasanya berdasarkan jumlah jam terbang yang dia miliki.
Di maskapai yang saya terbangi, begini sistemnya:
0-1000 jam : 1 strip
1001-1500 jam : 2 strip
1501-seterusnya : 3 strip
Bagi yang belum tahu, pangkat atau strip di bahu ini namanya epaulette.
Spoiler for Seragam:
Cara termudah membedakan seorang Captain dan FO adalah dari seragamnya.
Seorang Captain akan memakai seragam dengan 4 strip kuning di bahunya, jika kurang dari 4 maka dia bukanlah seorang Captain. Sesederhana itu. Ohya, beberapa maskapai terkadang memakai warna silver untuk warna strip di bahu ini.
Sedangkan seorang FO bisa saja memakai seragam dengan 1-3 strip kuning di bahunya. Perbedaan jumlah strip ini biasanya berdasarkan jumlah jam terbang yang dia miliki.
Di maskapai yang saya terbangi, begini sistemnya:
0-1000 jam : 1 strip
1001-1500 jam : 2 strip
1501-seterusnya : 3 strip
Bagi yang belum tahu, pangkat atau strip di bahu ini namanya epaulette.
Quote:
2. Jam Terbang
Yang satu ini memang sulit diketahui kecuali kita menanyakan langsung kepada pilot yang bersangkutan.
Seorang Captain untuk sebuah maskapai penerbangan biasanya harus memiliki minimal 3000 jam terbang, baru dia bisa diangkat dan menjalani training sebagai Captain. Jumlah ini bisa bervariasi tergantung kebijakan maskapai tempat dia bekerja.
Sedangkan seorang FO biasanya memiliki antara 0-3000 jam atau bisa lebih, tergantung apakah ia dianggap sudah memenuhi syarat untuk menjadi seorang Captain atau belum. Seorang FO bisa saja memiliki lebih dari 3000 jam terbang namun ia belum menjadi seorang Captain karena ia dianggap belum memenuhi syarat untuk menjadi seorang Captain.
Spoiler for Jam Terbang:

Yang satu ini memang sulit diketahui kecuali kita menanyakan langsung kepada pilot yang bersangkutan.
Seorang Captain untuk sebuah maskapai penerbangan biasanya harus memiliki minimal 3000 jam terbang, baru dia bisa diangkat dan menjalani training sebagai Captain. Jumlah ini bisa bervariasi tergantung kebijakan maskapai tempat dia bekerja.
Sedangkan seorang FO biasanya memiliki antara 0-3000 jam atau bisa lebih, tergantung apakah ia dianggap sudah memenuhi syarat untuk menjadi seorang Captain atau belum. Seorang FO bisa saja memiliki lebih dari 3000 jam terbang namun ia belum menjadi seorang Captain karena ia dianggap belum memenuhi syarat untuk menjadi seorang Captain.
Quote:
3. Lisensi Yang Dimiliki
Lisensi yang dipegang oleh seorang pilot juga menentukan apakah ia berhak menyandang gelar seorang Captain atau tidak.
Captain yang bertugas di sebuah operasi penerbangan harus memiliki lisensi yang bernama Airline Transport Pilot License (ATPL) sebagai syaratnya. Dan untuk mendapatkan lisensi inipun diwajibkan memenuhi beberapa syarat seperti berusia minimal 21 tahun dan syarat-sayarat lainnya.
Seorang FO biasanya hanya memiliki lisensi Commercial Pilot License (CPL) saat ia menerbangkan pesawat. Biasanya seseorang yang lulus dari sekolah pilot sudah memiliki lisensi ini.
Spoiler for Lisensi:

Lisensi yang dipegang oleh seorang pilot juga menentukan apakah ia berhak menyandang gelar seorang Captain atau tidak.
Captain yang bertugas di sebuah operasi penerbangan harus memiliki lisensi yang bernama Airline Transport Pilot License (ATPL) sebagai syaratnya. Dan untuk mendapatkan lisensi inipun diwajibkan memenuhi beberapa syarat seperti berusia minimal 21 tahun dan syarat-sayarat lainnya.
Seorang FO biasanya hanya memiliki lisensi Commercial Pilot License (CPL) saat ia menerbangkan pesawat. Biasanya seseorang yang lulus dari sekolah pilot sudah memiliki lisensi ini.
Quote:
4. Posisi Duduk
Posisi duduk mereka di kokpit pesawat terbang juga diatur.
Untuk pesawat fixed wing, seorang Captain harus duduk di sebelah kiri, sedangkan FO harus duduk di sebelah kanan.
Sementara untuk helikopter kebalikannya, sang Captain di kanan dan FO di kiri.
Spoiler for Tempat Duduk:

Posisi duduk mereka di kokpit pesawat terbang juga diatur.
Untuk pesawat fixed wing, seorang Captain harus duduk di sebelah kiri, sedangkan FO harus duduk di sebelah kanan.
Sementara untuk helikopter kebalikannya, sang Captain di kanan dan FO di kiri.
Quote:
5. Gaji
Wah, ini dia yang membuat status sosial seorang Captain dan FO terkadang terpaut jauh hehe (bercanda)
Gaji seorang captain bisa mencapai 1,5-2x lipat gaji si FO
Wah, kok perbedaan gajinya bisa sejauh itu? Apa yang membuat Captain pantas digaji demikian besar?
Spoiler for Gaji:

Wah, ini dia yang membuat status sosial seorang Captain dan FO terkadang terpaut jauh hehe (bercanda)
Gaji seorang captain bisa mencapai 1,5-2x lipat gaji si FO
Wah, kok perbedaan gajinya bisa sejauh itu? Apa yang membuat Captain pantas digaji demikian besar?
Quote:
Jawabannya adalah tanggung jawab dan pengalaman.
Seorang Captain bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan pesawat dan isinya selama penerbangan berlangsung. Ibarat presiden, apabila rakyatnya kelaparan maka presidenlah yang paling pertama dimintai pertanggunjawabnnya, mengapa ia bisa membuat rakyatnya menderita kelaparan. Sama dengan presiden, apabila terjadi sesuatu dengan penerbangan tersebut, maka sang Captain-lah yang paling pertama ditanya mengapa bisa terjadi hal tersebut. Bayangkan, dia bertanggung jawab atas pesawat yang bisa seharga puluhan juta dolar dan nyawa ratusan penumpang yang mungkin sedang ditunggu keluarganya di tempat tujuan.
Hal kedua adalah pengalaman/jam terbang. Di dunia penerbangan, jam terbang seorang pilot baik itu Captain maupun Co-Pilot sangat sangat dihargai. Karena dengan semakin banyaknya jam terbang mereka, otomatis mereka sudah mengalami banyak hal-hal normal maupun abnormal dan mereka sudah terbukti mampu melewatinya dengan selamat, seburuk apapun kejadian abnormal yang pernah mereka alami. Dan terkadang beberapa dari pengalaman mereka itu sangat unik bahkan tidak bisa di replikasi di mesin simulator canggih sekalipun. Itulah kenapa seorang pilot dengan jam terbang tinggi biasanya lebih mudah jika ingin mencari perusahaan baru ataupun jika ia meminta gaji yang lebih besar.
Seorang Captain bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan pesawat dan isinya selama penerbangan berlangsung. Ibarat presiden, apabila rakyatnya kelaparan maka presidenlah yang paling pertama dimintai pertanggunjawabnnya, mengapa ia bisa membuat rakyatnya menderita kelaparan. Sama dengan presiden, apabila terjadi sesuatu dengan penerbangan tersebut, maka sang Captain-lah yang paling pertama ditanya mengapa bisa terjadi hal tersebut. Bayangkan, dia bertanggung jawab atas pesawat yang bisa seharga puluhan juta dolar dan nyawa ratusan penumpang yang mungkin sedang ditunggu keluarganya di tempat tujuan.
Hal kedua adalah pengalaman/jam terbang. Di dunia penerbangan, jam terbang seorang pilot baik itu Captain maupun Co-Pilot sangat sangat dihargai. Karena dengan semakin banyaknya jam terbang mereka, otomatis mereka sudah mengalami banyak hal-hal normal maupun abnormal dan mereka sudah terbukti mampu melewatinya dengan selamat, seburuk apapun kejadian abnormal yang pernah mereka alami. Dan terkadang beberapa dari pengalaman mereka itu sangat unik bahkan tidak bisa di replikasi di mesin simulator canggih sekalipun. Itulah kenapa seorang pilot dengan jam terbang tinggi biasanya lebih mudah jika ingin mencari perusahaan baru ataupun jika ia meminta gaji yang lebih besar.
Nah, itu tadilah penjelasan saya hasil pemikiran saya sendiri mengapa pertanyaan di awal tulisan ini salah kaprah.
Jadi seharusnya, pertanyaan yang benar adalah : “Kamu sudah Captain atau masih FO?”
Boleh dibagi cendolnya dan rate bintang 5 nya gan
Boleh juga follow instagram ane : @fyudhistira

1
41.9K
Kutip
51
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan