- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta
TS
vinstar
Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta
Quote:
Quote:
Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta untuk mengurangi kemacetan di wilayahnya, salah satunya yaitu menyediakan transportasi massal berupa bus yang murah, aman dan nyaman, dengan membuat sistem Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta atau Busway. Layanan Busway dikelola oleh BUMD PT. Transportasi Jakarta, saat ini Busway telah memiliki 13 koridor utama untuk layanan sistem BRT, layanan bus integrasi, layanan bus Transjabodetabek, layanan bus rusun dan layanan bus angkutan malam hari (AMARI).
Tarif Busway flat, jauh-dekat sama saja sebesar Rp 3.500 dengan pembayaran menggunakan uang elektronik, armadanya menggunakan chassis buatan Asia seperti Korea Selatan, Tiongkok, Jepang dan Indonesia, tapi sekarang ini mulai banyak menggunakan chassis Eropa seperti buatan Swedia dan Jerman. PT. Transportasi Jakarta sebagai BUMD yang mengelola angkutan umum di Jakarta terus melakukan inovasiagar lebih banyak lagi orang yang beralih ke angkutan umum.
Ga cuma PT. Transportasi Jakarta, instansi lain pun juga turut berperan dalam mengelola transportasi di Jakarta dan kota penyangganya, yaitu Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). BPTJ merupakan unit organisasi khusus yang bertugas mengembangkan, mengelola, dan meningkatkan pelayanan transportasi secara terintegrasi di wilayah Jabodetabek. BPTJ dipimpin oleh Pejabat Tinggi Madya di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Perhubungan, kepala BPTJ diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.
Menurut Perpres No. 103 Tahun 2015, tugas dari BPTJ yaitu mengembangkan, mengelola, dan meningkatkan pelayanan transportasi secara terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan menerapkan tata kelola organisasi yang baik mengacu kepada Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden tersendiri.
Jadi ga cuma pemda aja Gan yang ngurusin soal kemacetan Jakarta, pemerintah pusat juga ikut ngurusin melalui BPTJ. Nah... apa aja sih pengembangan transportasi massal bus selain Busway yang bisa dijadikan alternatif angkutan umum untuk mengurangi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya..
Transjabodetabek ini tak ubahnya seperti Busway, bus ini melayani trayek Bekasi, Poris, Ciputat, Serpong dan Depok untuk menuju Jakarta, ketika di Jakarta bus ini melalui jalur khusus Busway. Transjabodetabek ini hasil kerjasama antara PPD dengan PT. Transportasi Jakarta, layanan ini dikenakan tari yang tebilang sangat murah dibanding bus reguler lainnya, yaitu Rp 3.500 sama seperti tarif Busway.
Transjabodetabek ini menggantikan peran bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) yang dulu sempat eksis melayani angkutan perbatasan yang melalui jalur khusus Busway. Armadanya menggunakan bus tipe BRT bantuan dari Kemenhub dengan chassis Hino RK8.
Royaltrans yang merupakan salah satu produk layanan dari PT. Trans Jakarta ini memiliki segmen pengguna masyarakat perumahan di Jabodetabek. Bus ini menggunakan chassis medium bus Mercedes-Benz OF 917 dan karoserinya New Armada dan Tentrem. Karena target penggunanya menyasar masyarakat perumahan, fasilitasnya pun juga dibuat beda dari biasanya, seperti reclinng seat, wifi dan LCD untuk memberikan kenyaman seperti di mobil pribadi.
TS belum tahu Gan kapan Royaltrans ini akan beroperasi resmi dan tarifnya berapa, denger-denger sih tarifnya akan beda dari Busway biasa yang cuma Rp 3.500 karena fasilitasnya yang beda juga
Program uji coba yang digagas BPTJ ini merupakan layanan bus dari salah satu kota satelit menuju Kota Jakata, uji coba berlangsung dari tanggal 7 - 20 September 2017. Selama perjalanan di tol, bus melaju di jalur khusus angkutan umum (JKAU) yaitu di bahu jalan, jadi perjalanan bisa lebih cepat. Bus ini memiliki kelebihan dibanding bus Transjabodetabek. Sasaran penggunanya adalah masyarakat menengah ke atas. Fasilitas tambahan di bus ini yaitu reclining seat yang menghadap ke depan dan wifi. Bus ini dibuat lebih nyaman agar pengguna mobil pribadi yang terbiasa dengan kenyamanan mau beralih menggunakan transportasi umum ini.
Bus yang dioperatori oleh PPD ini memiliki trayek Mega City Bekasi - Plaza Senayan, masuk Tol Bekasi Barat dan keluar di Semanggi, tarifnya Rp 20.000. Oh iya, armadanya menggunakan bus bantuan Kemenhub yang berkonsep BRT, jadi lantainya lebih rendah sedikit dari bus reguler dan mempunyai pintu di tengah. Sewaktu uji coba kemarin bus ini memiliki 3 jadwal keberangkatan, pagi hari dari Bekasi jam 5:45, 6:05 dan 6:25 dan di sore harinya start dari Plaza Senayan jam 16:45, 17:15 dan 17:45. Untuk informasi terbaru perihal layanan Transjabodetabek Premium seperti jadwal, trayek dan tarif, Agan bisa mengikuti akun Instagram @perumppd atau akun Instagram @bptjkemenhub.
Minitrans merupakan produk dari PT Trans Jakarta untuk merevitaslisai Metromini. Keberadaan Metromini di Jakarta dianggap sebagai "hama" oleh beberapa orang karena prilakunya yang terkadang annoying seperti berhenti di sembarangan tempat, body/fisiknya yang udah ga laik dan asap knalpotnya yang pekat. Belum diketahui kapan Minitrans ini akan beroperasi secara normal di Jakarta. Jadi ditunggu aja ya. Minitrans ini mengunakan chassis Mitsubishi Fuso FE 84G dengan menggunakan karoseri New Armada.
Interiornya berisi konfigurasi seat 2-1, model seatnya sama seperti di Busway dan dilengkapi AC, jadi sepertinya bisa dibilang lebih nyaman dibanding Metro Mini. Tarif dan trayeknya belum tahu ane, kalo diliat dari fotonya sih bayarnya musti pake uang elektronik. Minitrans ini dikelola oleh strategi bisnis unit (SBU) Trans Swadaya yang masih bagian dari PT. Transportasi Jakarta.
Metrotrans ini rencananya bakal dijadikan bus kota nonBRT yang ramah bagi penyandang disabilitas karena lantainya yang lebih rendah dari bus pada umumnya. Unitnya menggunakan chassis low entry dari Mercedes Benz OH 1726 dan Scania K250UB dengan karoseri Laksana model Cityline 2.
TS belum tahu kapan bus ini akan beroperasi resmi serta tarifnya berapa dan trayeknya kemana aja.
JR Connexion (JRC) merupakan program dari BPTJ untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang masuk ke Jakarta. JR Connexion merupakan singkatan dari Jabodetabek Residences Connexion ini memberikan layanan bus premiun yang melakukan layanan dari perumahan di Bodetabek menuju pusat Kota Jakarta. Perumahan tersebut berada di kawasan Cikarang, Bintaro, Serpong, Karawaci, Cibubur, Bogor dan Bekasi menuju ke beberapa titik di Jakarta seperti Blok M, ITC Mangga Dua, Thamrin City dan lainnya. JRC ini dioperatori oleh berbagai PO, seperti PO. Alfa Omega Transport, PO. Royal Wisata Nusantara, PO Sinar Jaya, PO. Sejahtera Cemerlang, PO Wahana Transport dan PT Wifen Darma Persada.
JR Connexion menyasar segmen penumpang yang berbeda dengan bus Transjabodetabek. Golongan masyarakat yang diincar untuk jadi penumpang JR Connexion adalah masyarakat menengah ke atas. Fasilitasnya antara lain stopkontak, wifi, konfigurasi 2-2 reclinng seat dan AC. Tarif tiap operator berbeda berkisar Rp 20.000 - Rp 25.000 dan busnya menggunakan tipe medium bus dan big bus. Untuk mengetahui informasi terbaru soal JR Connexion, Agan bisa melihatnya di akun Instagram @bptjkemenhub
JA Connexion (JAC) yang merupakan akronim dari Jabodetabek Airport Connexion ini merupakan program dari BPTJ untuk mengurangi kemacetan dari Jabodetabek menuju Bandara Soekarno Hatta. Bus pemadu moda menuju bandara biasanya hanya dilayani oleh Damri, namun saat ini dilayani oleh beberapa operator lain seperti PPD, Sinar Jaya, Big Bird, Damri dan Agramas.
JAC ini memiliki titik penjemputan di beberapa hotel dan pusat perbelanjaan, seperti di PGC CIlilitan, Mall Kelapa Gading, ITC Cempaka Mas, Mall Taman Anggrek, Plaza Senayan, Hotel Borobudur-Hotel Alila - Hotel Luminor, Hotel Aryaduta - Hotel Sari Pan Pacific, Hotel Grand Cemara - Hotel Ibis Thamrin-Hotel Millenium, Hotel Grand Sahid Jaya - Mal Grand Indonesia - Hotel Asscot dan lainnya. Layanan ini menggunakan berbagai jenis bus, mulai dari micro bus, medium bus hingga big bus. Tarif yang dikenakan pun berbeda tiap operator. Untuk mengetahui informasi terbaru soal JA Connexion, Agan bisa melihatnya di akun Instagram @bptjkemenhub
Tarif Busway flat, jauh-dekat sama saja sebesar Rp 3.500 dengan pembayaran menggunakan uang elektronik, armadanya menggunakan chassis buatan Asia seperti Korea Selatan, Tiongkok, Jepang dan Indonesia, tapi sekarang ini mulai banyak menggunakan chassis Eropa seperti buatan Swedia dan Jerman. PT. Transportasi Jakarta sebagai BUMD yang mengelola angkutan umum di Jakarta terus melakukan inovasiagar lebih banyak lagi orang yang beralih ke angkutan umum.
Ga cuma PT. Transportasi Jakarta, instansi lain pun juga turut berperan dalam mengelola transportasi di Jakarta dan kota penyangganya, yaitu Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). BPTJ merupakan unit organisasi khusus yang bertugas mengembangkan, mengelola, dan meningkatkan pelayanan transportasi secara terintegrasi di wilayah Jabodetabek. BPTJ dipimpin oleh Pejabat Tinggi Madya di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Perhubungan, kepala BPTJ diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.
Menurut Perpres No. 103 Tahun 2015, tugas dari BPTJ yaitu mengembangkan, mengelola, dan meningkatkan pelayanan transportasi secara terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan menerapkan tata kelola organisasi yang baik mengacu kepada Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden tersendiri.
Jadi ga cuma pemda aja Gan yang ngurusin soal kemacetan Jakarta, pemerintah pusat juga ikut ngurusin melalui BPTJ. Nah... apa aja sih pengembangan transportasi massal bus selain Busway yang bisa dijadikan alternatif angkutan umum untuk mengurangi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya..
Quote:
1. Transjabodetabek
Spoiler for Transjabodetabek:
Quote:
Transjabodetabek ini tak ubahnya seperti Busway, bus ini melayani trayek Bekasi, Poris, Ciputat, Serpong dan Depok untuk menuju Jakarta, ketika di Jakarta bus ini melalui jalur khusus Busway. Transjabodetabek ini hasil kerjasama antara PPD dengan PT. Transportasi Jakarta, layanan ini dikenakan tari yang tebilang sangat murah dibanding bus reguler lainnya, yaitu Rp 3.500 sama seperti tarif Busway.
Spoiler for Interior Transjabodetabek:
Transjabodetabek ini menggantikan peran bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) yang dulu sempat eksis melayani angkutan perbatasan yang melalui jalur khusus Busway. Armadanya menggunakan bus tipe BRT bantuan dari Kemenhub dengan chassis Hino RK8.
Quote:
2. Royaltrans
Spoiler for Royaltrans:
Quote:
Royaltrans yang merupakan salah satu produk layanan dari PT. Trans Jakarta ini memiliki segmen pengguna masyarakat perumahan di Jabodetabek. Bus ini menggunakan chassis medium bus Mercedes-Benz OF 917 dan karoserinya New Armada dan Tentrem. Karena target penggunanya menyasar masyarakat perumahan, fasilitasnya pun juga dibuat beda dari biasanya, seperti reclinng seat, wifi dan LCD untuk memberikan kenyaman seperti di mobil pribadi.
Spoiler for Interior Royaltrans:
TS belum tahu Gan kapan Royaltrans ini akan beroperasi resmi dan tarifnya berapa, denger-denger sih tarifnya akan beda dari Busway biasa yang cuma Rp 3.500 karena fasilitasnya yang beda juga
Spoiler for Interior Royaltrans:
Quote:
3. Transjabodetabek Premium
Spoiler for Transjabodetabek Premium:
Quote:
Program uji coba yang digagas BPTJ ini merupakan layanan bus dari salah satu kota satelit menuju Kota Jakata, uji coba berlangsung dari tanggal 7 - 20 September 2017. Selama perjalanan di tol, bus melaju di jalur khusus angkutan umum (JKAU) yaitu di bahu jalan, jadi perjalanan bisa lebih cepat. Bus ini memiliki kelebihan dibanding bus Transjabodetabek. Sasaran penggunanya adalah masyarakat menengah ke atas. Fasilitas tambahan di bus ini yaitu reclining seat yang menghadap ke depan dan wifi. Bus ini dibuat lebih nyaman agar pengguna mobil pribadi yang terbiasa dengan kenyamanan mau beralih menggunakan transportasi umum ini.
Spoiler for Interior Transjabodetabek Premium:
Bus yang dioperatori oleh PPD ini memiliki trayek Mega City Bekasi - Plaza Senayan, masuk Tol Bekasi Barat dan keluar di Semanggi, tarifnya Rp 20.000. Oh iya, armadanya menggunakan bus bantuan Kemenhub yang berkonsep BRT, jadi lantainya lebih rendah sedikit dari bus reguler dan mempunyai pintu di tengah. Sewaktu uji coba kemarin bus ini memiliki 3 jadwal keberangkatan, pagi hari dari Bekasi jam 5:45, 6:05 dan 6:25 dan di sore harinya start dari Plaza Senayan jam 16:45, 17:15 dan 17:45. Untuk informasi terbaru perihal layanan Transjabodetabek Premium seperti jadwal, trayek dan tarif, Agan bisa mengikuti akun Instagram @perumppd atau akun Instagram @bptjkemenhub.
Spoiler for Interior Transjabodetabek Premium:
Quote:
4. Minitrans
Spoiler for Minitrans:
Quote:
Minitrans merupakan produk dari PT Trans Jakarta untuk merevitaslisai Metromini. Keberadaan Metromini di Jakarta dianggap sebagai "hama" oleh beberapa orang karena prilakunya yang terkadang annoying seperti berhenti di sembarangan tempat, body/fisiknya yang udah ga laik dan asap knalpotnya yang pekat. Belum diketahui kapan Minitrans ini akan beroperasi secara normal di Jakarta. Jadi ditunggu aja ya. Minitrans ini mengunakan chassis Mitsubishi Fuso FE 84G dengan menggunakan karoseri New Armada.
Spoiler for Interior Minitrans:
Interiornya berisi konfigurasi seat 2-1, model seatnya sama seperti di Busway dan dilengkapi AC, jadi sepertinya bisa dibilang lebih nyaman dibanding Metro Mini. Tarif dan trayeknya belum tahu ane, kalo diliat dari fotonya sih bayarnya musti pake uang elektronik. Minitrans ini dikelola oleh strategi bisnis unit (SBU) Trans Swadaya yang masih bagian dari PT. Transportasi Jakarta.
Spoiler for Interior Minitrans:
Quote:
5. Metrotrans
Spoiler for Metrotrans:
Quote:
Metrotrans ini rencananya bakal dijadikan bus kota nonBRT yang ramah bagi penyandang disabilitas karena lantainya yang lebih rendah dari bus pada umumnya. Unitnya menggunakan chassis low entry dari Mercedes Benz OH 1726 dan Scania K250UB dengan karoseri Laksana model Cityline 2.
Spoiler for Eksterior Metrotrans:
TS belum tahu kapan bus ini akan beroperasi resmi serta tarifnya berapa dan trayeknya kemana aja.
Spoiler for Interior Metrotrans:
Spoiler for Interior Metrotrans:
Quote:
6. JR Connexion
Spoiler for JR Connexion by AO Transport:
Quote:
JR Connexion (JRC) merupakan program dari BPTJ untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang masuk ke Jakarta. JR Connexion merupakan singkatan dari Jabodetabek Residences Connexion ini memberikan layanan bus premiun yang melakukan layanan dari perumahan di Bodetabek menuju pusat Kota Jakarta. Perumahan tersebut berada di kawasan Cikarang, Bintaro, Serpong, Karawaci, Cibubur, Bogor dan Bekasi menuju ke beberapa titik di Jakarta seperti Blok M, ITC Mangga Dua, Thamrin City dan lainnya. JRC ini dioperatori oleh berbagai PO, seperti PO. Alfa Omega Transport, PO. Royal Wisata Nusantara, PO Sinar Jaya, PO. Sejahtera Cemerlang, PO Wahana Transport dan PT Wifen Darma Persada.
Spoiler for Interior JR Connexion by Sinar Jaya:
JR Connexion menyasar segmen penumpang yang berbeda dengan bus Transjabodetabek. Golongan masyarakat yang diincar untuk jadi penumpang JR Connexion adalah masyarakat menengah ke atas. Fasilitasnya antara lain stopkontak, wifi, konfigurasi 2-2 reclinng seat dan AC. Tarif tiap operator berbeda berkisar Rp 20.000 - Rp 25.000 dan busnya menggunakan tipe medium bus dan big bus. Untuk mengetahui informasi terbaru soal JR Connexion, Agan bisa melihatnya di akun Instagram @bptjkemenhub
Quote:
7. JA Connexion
Spoiler for JA Connexion by Sinar Jaya:
Quote:
JA Connexion (JAC) yang merupakan akronim dari Jabodetabek Airport Connexion ini merupakan program dari BPTJ untuk mengurangi kemacetan dari Jabodetabek menuju Bandara Soekarno Hatta. Bus pemadu moda menuju bandara biasanya hanya dilayani oleh Damri, namun saat ini dilayani oleh beberapa operator lain seperti PPD, Sinar Jaya, Big Bird, Damri dan Agramas.
Spoiler for Interior JA Connexion by Sinar Jaya:
JAC ini memiliki titik penjemputan di beberapa hotel dan pusat perbelanjaan, seperti di PGC CIlilitan, Mall Kelapa Gading, ITC Cempaka Mas, Mall Taman Anggrek, Plaza Senayan, Hotel Borobudur-Hotel Alila - Hotel Luminor, Hotel Aryaduta - Hotel Sari Pan Pacific, Hotel Grand Cemara - Hotel Ibis Thamrin-Hotel Millenium, Hotel Grand Sahid Jaya - Mal Grand Indonesia - Hotel Asscot dan lainnya. Layanan ini menggunakan berbagai jenis bus, mulai dari micro bus, medium bus hingga big bus. Tarif yang dikenakan pun berbeda tiap operator. Untuk mengetahui informasi terbaru soal JA Connexion, Agan bisa melihatnya di akun Instagram @bptjkemenhub
Alasan ga mau naik bus karena "bus nya jelek dan ga nyaman" kayaknya bakal ga berlaku lagi, Gan
Tinggal pilih, mau naik yang murah atau yang mahal, disesuaikan sama kebutuhan Agan aja
Kalo Agan mau diskusi soal transportasi Jakarta yang lebih luas lagi, bisa join grup FB Forum Diskusi Transportasi Jakarta
Dan Agan kalo membutuhkan panduan transportasi umum di Jakarta bisa sedot aplikasi Trafi di Google Play Store, buat minimalisir kemungkinan kesasar
Tinggal pilih, mau naik yang murah atau yang mahal, disesuaikan sama kebutuhan Agan aja
Kalo Agan mau diskusi soal transportasi Jakarta yang lebih luas lagi, bisa join grup FB Forum Diskusi Transportasi Jakarta
Dan Agan kalo membutuhkan panduan transportasi umum di Jakarta bisa sedot aplikasi Trafi di Google Play Store, buat minimalisir kemungkinan kesasar
Sumber:
Blog ane sendiri
Maap kalo salah gan dan tolong dikoreksi yak
Spoiler for Thread Lainnya:
Quote:
Official thread terkait bus:
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Quote:
Thread terkait:
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE]
Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP
Agan Mau Naik Bus Tingkat AKAP? Ini Gan Trayek dan Tarifnya [UPDATE]
Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Kursinya Beda dari Biasanya, Gan!
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan
Jangan Remehkan. Pengemudi Bus Juga ada Kompetisi Resminya
Bus AKAP Ini Punya Lebih dari Satu Layanan Kelas dalam Satu Busnya
Rumah Makan Ini jadi Tempat Servis Makan Favorit Penumpang Bus AKAP
Serba-Serbi Gemar Naik Bus
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Multimedia On Demand yang Memanjakan Penumpang Bus
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE]
Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP
Agan Mau Naik Bus Tingkat AKAP? Ini Gan Trayek dan Tarifnya [UPDATE]
Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Kursinya Beda dari Biasanya, Gan!
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan
Jangan Remehkan. Pengemudi Bus Juga ada Kompetisi Resminya
Bus AKAP Ini Punya Lebih dari Satu Layanan Kelas dalam Satu Busnya
Rumah Makan Ini jadi Tempat Servis Makan Favorit Penumpang Bus AKAP
Serba-Serbi Gemar Naik Bus
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Multimedia On Demand yang Memanjakan Penumpang Bus
Quote:
Diubah oleh vinstar 08-04-2018 13:40
0
23.2K
Kutip
131
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan