- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Jangan Remehkan. Ini Kompetisi Resmi untuk Pengemudi Bus di Indonesia
TS
vinstar
Jangan Remehkan. Ini Kompetisi Resmi untuk Pengemudi Bus di Indonesia
Quote:
Ilustrasi. Sumber gambar
Halo Gan! Ketemu lagi sama TS
Lagi dan lagi topik bahasannya tentang bus
Kalo dilihat dari ilustrasinnya, tebak TS mau bahas apa, Gan?
Bukan soal t e r c y d u k, ngeblong, buka jalur atau sejenisnya...
Okeeh.. langsung simak aja, Gan!
Lagi dan lagi topik bahasannya tentang bus
Kalo dilihat dari ilustrasinnya, tebak TS mau bahas apa, Gan?
Bukan soal t e r c y d u k, ngeblong, buka jalur atau sejenisnya...
Okeeh.. langsung simak aja, Gan!
Quote:
Mungkin terkadang agan kalo jadi pengendara di jalan sering kali merasa terganggu dengan perilaku pengendara bus yang jalannya ngebut bahkan tidak jarang juga melakukan pelanggaran lalu lintas seperti melanggar marka jalan, "buka jalur" dan menerobos lampu merah. Mereka itu bukan sedang saling berkompetisi siapa yang duluan sampai tujuan, Gan
Ada berbagai alasan mengapa mereka melakukan itu, klise sih alasannya...
Bicara soal kompetisi pada bus...
Untuk pertama kalinya diselenggarakan Scania Driver Competitions Indonesia (SDCI) 2017 pada bulan April lalu, event ini diadakan oleh United Tractors (UT) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) dari produk Scania dan pesertanya hanya untuk pelanggan UT.
Scania Driver Competitions merupakan ajang pencarian pengemudi truk dan bus terbaik yang telah menjadi event rutin yang sudah digelar sejak tahun 2003 di negara-negara Eropa dan beberapa negara lain seperti Kenya, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Brazil dan Argentina.
Kompetisi ini bertujuan untuk sosialisasi dan edukasi pengemudi mengenai keselamatan di jalan raya, pengoperasian kendaraan yang efektif bahan bakar dan ramah lingkungan.
Sebelum masuk babak final yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 26 dan 27 April 2017, para peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi yaitu administrasi dan tes tertulis. Tes penyaringan atau babak kualifikasi dilakukan di kantor PT. United Tractors, Tbk di Balikpapan, Jakarta, Medan, Samarinda, Semarang, Surabaya, Makassar, Palembang dan Bandung.
Ada pula tes yang dilakukan di sejumlah pusat layanan seperti di Tarakan, Site Adaro, Batukajang, Bengalon, Binungan, Bontang, Buhut, Muaralawa, Lati, Loajanan, Rantau, Sangatta, Sungai Danau, Tabang, Tanjung Enim, Tanjung Redeb, Tuhup dan Tenggarong.
Hingga akhirnya terpilih 10 finalis untuk mengikuti babak final di Jakarta. Ke 10 finalis kategori bus antara lain:
Di babak final ada 2 materi yang dikompetisikan, unit yang digunakan pada kategori bus yaitu Scania K360iB.
Pertama adalah defensive driving and fuel economyyang diadakan di jalan umum, dimana hal yang dinilai oleh juri adalah cara mengemudi yang baik dan benar sesuai dengan regulasi serta menghasilkan pengoperasian efisien yang dideteksi melalui Scania Fleet Management System C200.
Apa sih Scania Fleet Management System?
Merupakan sebuah perangkat telematika yang dapat menfasilitasi komunikasi satu arah antara unit Scania dengan pengguna. Sistem ini memudahkan pengguna untuk bisa mengetahui posisi dan kondisi unit. Pengguna juga dapat mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang unit secara realtime, dengan mengakses portal FMS Scania .
Keuntungan yang diperoleh pengguna dengan adanya FMS ini adalah penggunaan bahan bakar menjadi ekonomis, mengurangi emisi, meningkatkan utilisasi kendaraan, meningkatkan pola pengemudi yang aman dan efisien, serta mengurangi tingkat kecelakaan sehingga pengguna dapat menghemat biaya asuransi. Pengguna juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas, serta mengidentifikasi area mana yang bisa ditingkatkan untuk keberhasilan bisnis.
Saat ini, FMS juga sudah dapat diakses melalui aplikasi pada smartphone.
Materi yang kedua adalah boardwalk and knock the king, diadakan di United Tractors Yard, Sukapura. Untuk materi ini, UT mengundang beberapa komunitas penggemar bus untuk menyaksikan jalannya kompetisi. Salah satu kru Bismania Kaskusturut hadir dalam event ini, field report-nya bisa agan baca disini.
Dalam materi kedua ini, yang menjadi penilaian adalah kecakapan pengemudi dalam bermanuver. Boardwalk yaitu roda bus tepat melintas di atas papan yang disediakan, baik berjalan maju maupun mundur, manuver kendaraan dibatasi dengan kerucut. Klimaksnya menginjak balon dengan roda depan kanan hingga meletus.
SDC Thailand
Sedangkan knock the king yaitu pengemudi dengan busnya harus menyenggol 4 buah tabung berwarna merah hingga terjatuh diantara tabung warna biru, klimaksnya pengemudi menyenggol 1 tabung warna merah tapi tidak boleh sampai jatuh, cuma miring aja
SDC Thailand
SDC Thailand
SDC Thailand
Ada berbagai alasan mengapa mereka melakukan itu, klise sih alasannya...
Bicara soal kompetisi pada bus...
Untuk pertama kalinya diselenggarakan Scania Driver Competitions Indonesia (SDCI) 2017 pada bulan April lalu, event ini diadakan oleh United Tractors (UT) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) dari produk Scania dan pesertanya hanya untuk pelanggan UT.
Scania Driver Competitions merupakan ajang pencarian pengemudi truk dan bus terbaik yang telah menjadi event rutin yang sudah digelar sejak tahun 2003 di negara-negara Eropa dan beberapa negara lain seperti Kenya, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Brazil dan Argentina.
Kompetisi ini bertujuan untuk sosialisasi dan edukasi pengemudi mengenai keselamatan di jalan raya, pengoperasian kendaraan yang efektif bahan bakar dan ramah lingkungan.
Spoiler for Scania Driver Competitions Indonesia 2017:
Sebelum masuk babak final yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 26 dan 27 April 2017, para peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi yaitu administrasi dan tes tertulis. Tes penyaringan atau babak kualifikasi dilakukan di kantor PT. United Tractors, Tbk di Balikpapan, Jakarta, Medan, Samarinda, Semarang, Surabaya, Makassar, Palembang dan Bandung.
Ada pula tes yang dilakukan di sejumlah pusat layanan seperti di Tarakan, Site Adaro, Batukajang, Bengalon, Binungan, Bontang, Buhut, Muaralawa, Lati, Loajanan, Rantau, Sangatta, Sungai Danau, Tabang, Tanjung Enim, Tanjung Redeb, Tuhup dan Tenggarong.
Spoiler for Tahap kualifikasi:
Hingga akhirnya terpilih 10 finalis untuk mengikuti babak final di Jakarta. Ke 10 finalis kategori bus antara lain:
- AA Kurniadi N – PT. Mayasari Bakti
- Alfius – PO. Putera Jaya
- Arif Nur – PT. Transportasi Jakarta
- Asril Chandra – PO. Halmahera
- Feryanto Gini L – PO. Rosalia Indah
- Hasriandi – PT. Bintang Sempati (Sempati Star)
- Hevi Rivandi – PT. Putera Pelangi Perkasa
- Lontas Sihite – PO. Bintang Utara
- Parulian Simanjutak – PT. Transportasi Jakarta
- Tri Leksono – PT. Putera Mulya Sejahtera
Di babak final ada 2 materi yang dikompetisikan, unit yang digunakan pada kategori bus yaitu Scania K360iB.
Pertama adalah defensive driving and fuel economyyang diadakan di jalan umum, dimana hal yang dinilai oleh juri adalah cara mengemudi yang baik dan benar sesuai dengan regulasi serta menghasilkan pengoperasian efisien yang dideteksi melalui Scania Fleet Management System C200.
Apa sih Scania Fleet Management System?
Spoiler for Scania Fleet Management System (FMS):
Merupakan sebuah perangkat telematika yang dapat menfasilitasi komunikasi satu arah antara unit Scania dengan pengguna. Sistem ini memudahkan pengguna untuk bisa mengetahui posisi dan kondisi unit. Pengguna juga dapat mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang unit secara realtime, dengan mengakses portal FMS Scania .
Keuntungan yang diperoleh pengguna dengan adanya FMS ini adalah penggunaan bahan bakar menjadi ekonomis, mengurangi emisi, meningkatkan utilisasi kendaraan, meningkatkan pola pengemudi yang aman dan efisien, serta mengurangi tingkat kecelakaan sehingga pengguna dapat menghemat biaya asuransi. Pengguna juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas, serta mengidentifikasi area mana yang bisa ditingkatkan untuk keberhasilan bisnis.
Saat ini, FMS juga sudah dapat diakses melalui aplikasi pada smartphone.
Materi yang kedua adalah boardwalk and knock the king, diadakan di United Tractors Yard, Sukapura. Untuk materi ini, UT mengundang beberapa komunitas penggemar bus untuk menyaksikan jalannya kompetisi. Salah satu kru Bismania Kaskusturut hadir dalam event ini, field report-nya bisa agan baca disini.
Dalam materi kedua ini, yang menjadi penilaian adalah kecakapan pengemudi dalam bermanuver. Boardwalk yaitu roda bus tepat melintas di atas papan yang disediakan, baik berjalan maju maupun mundur, manuver kendaraan dibatasi dengan kerucut. Klimaksnya menginjak balon dengan roda depan kanan hingga meletus.
Spoiler for Boardwalk:
Spoiler for Boardwalk manuver:
Spoiler for Boardwalk menginjak balon:
Quote:
SDC Thailand
Sedangkan knock the king yaitu pengemudi dengan busnya harus menyenggol 4 buah tabung berwarna merah hingga terjatuh diantara tabung warna biru, klimaksnya pengemudi menyenggol 1 tabung warna merah tapi tidak boleh sampai jatuh, cuma miring aja
Spoiler for Knock the king:
Spoiler for Knock the king mundur:
Spoiler for Knock the king maju:
Quote:
SDC Thailand
SDC Thailand
SDC Thailand
Juara 1 pada event SDCI 2017 yaitu pengemudi asal PO. Rosalia Indah, Feriyanto Gini Lyang berhak atas hadiah Rp. 50 juta rupiah dan akan mewakili Indonesia dalam kompetisi pengemudi Scania tingkat Asia Tenggara di Malaysia, juara 2 Tri Leksono asal PO. Putera Mulya mendapat hadiah Rp 20 juta rupiah dan juara 3 Alfius asal PO. Putra Jaya mendapat Rp 10 juta rupiah.
Spoiler for Pemenang kategori bus:
Kemudian di bulan Agustus-nya pemenang juara 1 dari SDCI 2017 diberangkatkan ke Malaysia untuk mengikuti Scania Driver Competitions Southeast Asia yang pesertanya berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Filipina. Secara keseluruhan uji keterampilannya sama seperti di Jakarta, boardwalk dan knock the king.
Namun sayangnya perwakilan Indonesia di kategori bus tidak berhasil memenangkan kompetisi.
Namun sayangnya perwakilan Indonesia di kategori bus tidak berhasil memenangkan kompetisi.
Spoiler for Perwakilan Indonesia di kategori bus:
Ini Gan, video singkat Scania Driver Competitions Indonesia 2017
Quote:
Gimana Gan, terlihat sulit kah?
Agan mau nyoba?
Mending mainnya di simulatordulu aja, Gan
Sumber:
Blog ane sendiri
Maap kalo salah gan dan tolong dikoreksi yak
Spoiler for Thread Lainnya:
Quote:
Quote:
Official thread terkait bus:
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Bismania Kaskus - BIMAKUS??| - Part 1
[NEW THREAD] Info Rute dan Tarif BIS for TRAVELLERS - Part 1
Quote:
Thread terkait:
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE][HT]
Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP [HT]
Agan Mau Naik Bus Tingkat AKAP? Ini Gan Trayek dan Tarifnya [HT]
Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Kursinya Beda dari Biasanya, Gan! [HT]
Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan [HT]
Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Multimedia On Demand yang Memanjakan Penumpang Bus
Inovasi Pemesanan Tiket Online Bus AKAP [UPDATE][HT]
Ini Gan! Inovasi Fasilitas Tambahan yang Agan Dapat Ketika Naik Bus AKAP [HT]
Agan Mau Naik Bus Tingkat AKAP? Ini Gan Trayek dan Tarifnya [HT]
Demi Kenyamanan, Bus AKAP Ini Kursinya Beda dari Biasanya, Gan! [HT]
Apa Sih yang Bisa Dikoleksi dari Sebuah Bus? Selain Video "Om Telolet Om"
Ada Corak Batik yang Menghiasi Body Bus AKAP
"Sleeper Bus" Indonesia yang Ternyata Tidak Tinggal Kenangan [HT]
Bus-Bus Ini Diproyeksikan Bisa Mengurangi Kemacetan Jakarta
Beragam Purwarupa Bus Listrik Buatan Indonesia
Multimedia On Demand yang Memanjakan Penumpang Bus
Quote:
Diubah oleh vinstar 07-08-2018 13:08
0
34.4K
Kutip
174
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan