Masih ingat dengan Sleeper Bus yang dulu sempat menghebohkan dunia transportasi darat?
Saking hebohnya bahkan sampai ada info hoax-nya
Trayeknya kemana.. eksteriornya bus apa.. interiornya baru bener..
Okee lanjuuut
Inovasi dari bus tersebut mendapat apresiasi yang baik dan dapat diterima masyarakat, namun sayangnya bus yang melayani kelas tersebut sudah tidak beroperasi karena masalah administrasi.
Tapi tunggu.. Ternyata PO yang menyediakan kelas dengan tempat tidur masih ada lho dan menggunakan unit yang baru. Tapi bus tersebut tidak diisi full tempat tidur. Sebagian lagi diisi kursi biasa, jadi sebut saja Semi Sleeper Bus
Mari disimak Gan, PO apa aja sih yang dapat dikatakan Semi Sleeper Bus... :nulisah
PO asal Sulawesi Selatan ini di-label-i oleh sang owner dengan nama Vicolux, yang diambil dari Vicky-Oliva Luxury (nama Vicky dan istrinya). PO ini menyediakan kelas Luxury, dimana penumpang dapat merebahkan badannya. Kelas Luxury ini hanya berkapasaitas 4 penumpang dengan fasilitas Audio Video on Demand, bantal dan guling.
Bus ini dibangun di atas chassis Scania K410 dengan Karoseri Rahayu Santosa model S-Liner, dengan begitu menjadikannya sebagai PO pertama di Sulawesi yang menggunakan "tronton". Letak kelas Luxury ini ada di paling belakang, Gan. Karena baris depannya diisi seat reguler. Tampilan interiornya terbilang cukup mewah. PO ini melayani trayek Makassar - Palopo dengan tarif sekitar Rp 400.000.
Berikutnya ada Bintang Prima, sama seperti Putra Jaya, PO ini juga berasal dari Sulawesi Selatan. Dalam satu unit sleeper bus, terdapat 8 tempat tidur. Letak kelas tempat tidur ini ada di paling belakang, karena baris depannya diisi seat reguler. Disediakan bantal, guling, selimut dan stopkontak. Sleeper bus ini melayani trayek Makassar - Toraja dengan tarif sekitar Rp 215.000.
Spoiler for Interior sleeper bus PO Bintang Prima:
PO Sempati Star yang bermarkas di Medan ini menyediakan First Class berupa tempat tidur yang hanya ada di bus ber-body double decker ber-chassis Mercy 2542 atau Scania K410 dengan trayek Medan - Banda Aceh. Tapi ga semua unit double decker-nya menyediakan First Class tempat tidur.
Umumnya tempat tidur posisinya berada di baris paling belakang, tapi yang ini berbeda.Tempat tidur ini posisinya ada di baris depan, di belakang ruang kemudi dengan memanfaatkan ruang kosong di atas roda depan. Tempat tidurnya berjumlah 2 dengan disediakan bantal, guling, bed cover dan LCD. Tarifnya sekitar Rp 350.000.
Hmm.. di atas roda, kira-kira sensasinya gimana ya?
Kursi biasa yang ada di atas roda aja biasanya dihindari penumpang karena dianggap memperbesar kemungkinan untuk mabuk darat, apalagi ini ya tidur telentang di atas roda..
Nah PO Harapan Jaya belum lama ini merilis armada terbarunya, double decker ber-chassis Scania K410. Yang menjadi kejutan adalah konfigurasi seat yang ada di dalamnya, cukup antimainstream dikalangannya dan yang lebih mengejutkan lagi, Harapan Jaya ini menyediakan Sleeper Seat. Menjadikannya sebagai double decker pertama yang terdapat sleeper seat di Pulau Jawa.
Jumlah Sleeper Seat-nya ada 2 dan posisinya di baris depan lantai bawah, di belakang ruang kemudi, di atas roda juga seperti PO Sempati Star. Belum diketahui unit ini akan jalan trayek mana dan tarifnya berapa, denger-denger Oktober ini akan mulai beroperasi. Btw, masih minim dokumentasi foto Sleeper Seat-nya.
UpdateArmada Harapan Jaya yang tersedia sleeper seat ini udah mulai beroperasi sejak 22 Desember 2017, melayani trayek Jakarta - Maospati dengan tarif berkisar Rp 455.000 s.d. Rp 510.000 (sesuai titik penurunan), berlaku potongan harga sampai 14 Januari 2018 .
Spoiler for Interior sleeper seat PO Harapan Jaya: