- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Ini Toh Yang Bikin Starter Motor Bisa Lembut Suaranya


TS
gix69
Ini Toh Yang Bikin Starter Motor Bisa Lembut Suaranya
Assalamualaikum gan sist..
pagi pagi enaknya saling berbagi ilmu.Kali ini ane mau sharing sedikit tentang starter motor kekinian.kek punya HOND*.
Pernah denger kan pada saat starternya di nyalakan nyaris tanpa bunyi gan.Ternyata ini yang terjadi
Berikut penjelasannya..
Teknologi ACG Starter (Alternating Current Generator) ini adalah salah satu fitur canggih yang diperkenalkan Honda untuk motor motor terbarunya gan. Fitur ACG

Starter ini biasa dibilang sebagai fitur yangmenghilangkan suara “Bletakkk” pada saat starter motor anda.
Di trit ini akan ane jelaskan berbagai keunggulan serta cara kerja dari ACG Starter ini.Keunggulan ACG StarterSebelum kita menjelaskan ACG Starter maka ane ingin memberi tahu dulu keunggulan dari fitur ini.Berikut adalah keunggulan utama dari ACGStarter pada motor Honda anda.
*.Mengurangi getaran dan bunyi saatmenyalakan mesin motor. (Sudah tidak lagi Starter “Bletakkk”).
*.Mengurangi konsumsi BBM (karena adanya sistem decompression yang mempermudah kerja piston)
*.Mengisi aki secara otomatis
*.Menjamin perawatan motor karena tidak menggunakan brush yang biasanya terdapat pada dinamo biasa
StarterAlternating Current Generator (ACG) yaitu alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), sedangkan starter yaitu alat untuk memulai kerja suatu alat lain atau mesin. Sehinga keduanya dikombinasikan menjadi ACG starter.Teknologi ACG Starter pada awalnya sempat diaplikasikan pada motorHonda PCX 125, namun kini teknologi ini dapat Anda temukan juga padaHonda Vario Techno 125 ISS.
Pada dasarnya, teknologiACG Starter yang terdapat pada motor Honda merupakan kombinasi dariteknologi ISS (Idling Stop System).
Perbedaannya, jika teknologi ISS bekerja untuk mematikan mesin motor dan mengurangi konsumsi BBM yang terbuang secara percuma, ACG Starter justru bekerja untuk merawat mesin motorkarena fiturnya yang mampu menyalakan mesin dengan lebih halus.
Perbedaan Dengan Starter Konvensional
Berbeda dengan motor yang masih menggunakansliding-gear starter-type systemyang cenderung konvensional dengan menggunakan dinamo starter sehingga dapat menimbulkan hentakan suara kasar pada saat menghidupkan mesin.
Padasliding-gear starter-type systemterdapat dua buah gir berukuran kecil dan besar yang harus bergesekan satu sama lain untuk menggerakkan piston.
Gesekan tersebut menghasilkan bunyi serupa yang biasanya Anda dengar ketika Anda mulai menyalakan mesin motor.Berikut ini adalah perbedaan cara kerja Sistem Starter ACG dengan sistem Starter Konvensional
Perbedaan cara kerja Sistem Starter ACG dengan sistem Starter Konvensional
Pada ACG starter terdapat beberapa komponen sepertiflywheel,magnet flwwheel, dan kumparan (stator) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Magnet Flywheel, Magnet Flywhel & StatorCara Kerja ACG StarterKetika mesin dinyalakan, arus listrik akan mengalir melaluistator yang berlaku sebagai magnet listrik (elektromagnet).
Statortersebut pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang hampir mirip dengan alternator, hanya saja lebih mengandalkan mekanisme antar magnet.
Contohnya, pada Honda Vario Techno 125 ISS terdapat 12 kutub magnet permanen dan 18 kumparan yang terdiri dari kutub magnet yang remanen (tidak tetap). Kumparan-kumparan tersebut masih dibagi lagi menjadi 3 hall.

Pada saat mesin dinyalakan, maka secara otomatis arus listrik akan langsung dialirkan ke FET Circuit yang terdapat padaElectronic Control Module (ECM) yang kemudian dibagi secara merata ke dalam 3 hall tersebut.
Selanjutnya,stator yang telah menjadi elektromagnet akan bertemu dengan magnet flywheel.Pertemuan antar kedua magnet inilah yang menyebabkan flywheel bergerak, sebelum akhirnya menggerakkan piston yang terhubung langsung untuk menyalakan mesin motor.
Selanjutnya, setelah motor dalam kondisi berjalan, maka secara otomatis ECU / ECM akan memutus tegangan listrik kestatordan beralih fungsi menjadi Generator AC.
Generator ini nantinya akan mengubah arus listrik menjadi DC (searah) untuk mengisi baterai (aki) dan mendukung kinerja ACG Starter pada penggunaan berikutnya.
Secara logika, karena gesekan yang terjadiadalah berasal dari pertemuan antara dua magnet, maka dapat dipastikan tidak akan ada lagi suara berisik akibat gesekan antargir yang terjadi ketika Anda mulai menyalakan mesin motor (seperti padasliding-gear starter-type system).

Anda hanya akan merasakan mesin motor Anda menyala seketika dengan bunyi yang sangat halus (diminimalisasi).
Okay cukup sekian sharenya gan..mudahan bisa menambah wawasan baru kita semua.amin..
Ts hanyalah manusia biasa yg tak luput dari salah dan khilaf.
Ts juga tadak bermaksud menyinggung pihak manapun.
dan Ts juga pengen di kasih yang ijo ijo
pagi pagi enaknya saling berbagi ilmu.Kali ini ane mau sharing sedikit tentang starter motor kekinian.kek punya HOND*.
Pernah denger kan pada saat starternya di nyalakan nyaris tanpa bunyi gan.Ternyata ini yang terjadi
Berikut penjelasannya..
Teknologi ACG Starter (Alternating Current Generator) ini adalah salah satu fitur canggih yang diperkenalkan Honda untuk motor motor terbarunya gan. Fitur ACG

Starter ini biasa dibilang sebagai fitur yangmenghilangkan suara “Bletakkk” pada saat starter motor anda.
Di trit ini akan ane jelaskan berbagai keunggulan serta cara kerja dari ACG Starter ini.Keunggulan ACG StarterSebelum kita menjelaskan ACG Starter maka ane ingin memberi tahu dulu keunggulan dari fitur ini.Berikut adalah keunggulan utama dari ACGStarter pada motor Honda anda.
*.Mengurangi getaran dan bunyi saatmenyalakan mesin motor. (Sudah tidak lagi Starter “Bletakkk”).
*.Mengurangi konsumsi BBM (karena adanya sistem decompression yang mempermudah kerja piston)
*.Mengisi aki secara otomatis
*.Menjamin perawatan motor karena tidak menggunakan brush yang biasanya terdapat pada dinamo biasa
StarterAlternating Current Generator (ACG) yaitu alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), sedangkan starter yaitu alat untuk memulai kerja suatu alat lain atau mesin. Sehinga keduanya dikombinasikan menjadi ACG starter.Teknologi ACG Starter pada awalnya sempat diaplikasikan pada motorHonda PCX 125, namun kini teknologi ini dapat Anda temukan juga padaHonda Vario Techno 125 ISS.
Pada dasarnya, teknologiACG Starter yang terdapat pada motor Honda merupakan kombinasi dariteknologi ISS (Idling Stop System).
Perbedaannya, jika teknologi ISS bekerja untuk mematikan mesin motor dan mengurangi konsumsi BBM yang terbuang secara percuma, ACG Starter justru bekerja untuk merawat mesin motorkarena fiturnya yang mampu menyalakan mesin dengan lebih halus.
Perbedaan Dengan Starter Konvensional
Berbeda dengan motor yang masih menggunakansliding-gear starter-type systemyang cenderung konvensional dengan menggunakan dinamo starter sehingga dapat menimbulkan hentakan suara kasar pada saat menghidupkan mesin.
Padasliding-gear starter-type systemterdapat dua buah gir berukuran kecil dan besar yang harus bergesekan satu sama lain untuk menggerakkan piston.
Gesekan tersebut menghasilkan bunyi serupa yang biasanya Anda dengar ketika Anda mulai menyalakan mesin motor.Berikut ini adalah perbedaan cara kerja Sistem Starter ACG dengan sistem Starter Konvensional
Perbedaan cara kerja Sistem Starter ACG dengan sistem Starter Konvensional
Pada ACG starter terdapat beberapa komponen sepertiflywheel,magnet flwwheel, dan kumparan (stator) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Magnet Flywheel, Magnet Flywhel & StatorCara Kerja ACG StarterKetika mesin dinyalakan, arus listrik akan mengalir melaluistator yang berlaku sebagai magnet listrik (elektromagnet).
Statortersebut pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang hampir mirip dengan alternator, hanya saja lebih mengandalkan mekanisme antar magnet.
Contohnya, pada Honda Vario Techno 125 ISS terdapat 12 kutub magnet permanen dan 18 kumparan yang terdiri dari kutub magnet yang remanen (tidak tetap). Kumparan-kumparan tersebut masih dibagi lagi menjadi 3 hall.

Pada saat mesin dinyalakan, maka secara otomatis arus listrik akan langsung dialirkan ke FET Circuit yang terdapat padaElectronic Control Module (ECM) yang kemudian dibagi secara merata ke dalam 3 hall tersebut.
Selanjutnya,stator yang telah menjadi elektromagnet akan bertemu dengan magnet flywheel.Pertemuan antar kedua magnet inilah yang menyebabkan flywheel bergerak, sebelum akhirnya menggerakkan piston yang terhubung langsung untuk menyalakan mesin motor.
Selanjutnya, setelah motor dalam kondisi berjalan, maka secara otomatis ECU / ECM akan memutus tegangan listrik kestatordan beralih fungsi menjadi Generator AC.
Generator ini nantinya akan mengubah arus listrik menjadi DC (searah) untuk mengisi baterai (aki) dan mendukung kinerja ACG Starter pada penggunaan berikutnya.
Secara logika, karena gesekan yang terjadiadalah berasal dari pertemuan antara dua magnet, maka dapat dipastikan tidak akan ada lagi suara berisik akibat gesekan antargir yang terjadi ketika Anda mulai menyalakan mesin motor (seperti padasliding-gear starter-type system).

Anda hanya akan merasakan mesin motor Anda menyala seketika dengan bunyi yang sangat halus (diminimalisasi).
Okay cukup sekian sharenya gan..mudahan bisa menambah wawasan baru kita semua.amin..
Ts hanyalah manusia biasa yg tak luput dari salah dan khilaf.
Ts juga tadak bermaksud menyinggung pihak manapun.
dan Ts juga pengen di kasih yang ijo ijo

0
30.1K
44


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan