Salah satu layanannya ada personal loan, dimana nasabah bisa mengajukan pinjaman kepada bank tanpa agunan dengan syarat - syarat tertentu. Kalo agan mau lebih tau apa itu personal loan, berikut ane jelasin sedikit karena di website BCA ga ada nih gan
Quote:
BCA Personal Loan Apapun Kebutuhannya, Satu Solusinya
Rabu, 13/08/2014 - 11:51
INGIN berlibur bersama keluarga? Merenovasi rumah? Biaya pengobatan mendadak? Atau Membutuhkan dana untuk sekolah anak? Sementara dana Anda terbatas. Tak perlu khawatir. PT Bank Central Asia, Tbk (BCA) sangat memahami nasabahnya. BCA memiliki solusi tepat untuk permasalahan tersebut. Salah satunya adalah Personal Loan, yaitu kredit multiguna tanpa agunan yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik rekening payroll BCA atau pemilik Kartu Kredit BCA. Pinjaman tanpa agunan ini menawarkan plafond kredit hingga Rp 100 juta dengan pilihan tenor atau jangka waktu angsuran fleksibel yaitu 1,2 dan 3 tahun.
Keistimewaan Personal Loan dibandingkan dengan fasilitas kredit tanpa agunan lain adalah angsuran yang lebih ringan karena bunga yang relatif lebih rendah disesuaikan dengan jangka waktu angsuran. Untuk jangka waktu angsuran 1 tahun nasabah hanya akan dikenakan bunga tetap sebesar 1% flat setiap bulan. Sementara untuk pinjaman dengan jangka waktu angsuran 2 dan 3 tahun nasabah akan dikenakan bunga sebesar 1,03% dan 1,07% flat setiap bulan.
Bagaimana cara mengajukannya?
Cara pengajuannya sangat Mudah! Cukup isi formulir aplikasi Personal Loan dan sertakan dokumen seperti fotokopi KTP, slip gaji terakhir dan NPWP bagi pengajuan kredit dengan jumlah Rp 50 juta ke atas. Persyaratannya cukup mudah yaitu memiliki pendapatan bersih minimum Rp 2.500.000,- per bulan dan telah menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat bekerja minimal selama 2 tahun.
Personal Loan ini dapat dimanfaatkan oleh Anda yang menggunakan fasilitas payroll di BCA atau Anda pemegang Kartu Kredit BCA, minimal satu tahun dengan pembayaran yang selalu lancar. Apabila telah memenuhi kriteria tersebut, persetujuan kredit dapat diproses dalam jangka waktu maksimal 7-14 hari kerja sejak dokumen lengkap diterima. Pengajuan BCA Personal Loan tidak dikenakan biaya administrasi. Nasabah hanya perlu membayarkan biaya provisi standar sebesar 1%, biaya asuransi, dan biaya materai yang hanya akan dipotong sekali pada saat pencairan dana.
Manfaatkan BCA Personal Loan untuk memenuhi beragam kebutuhan hidup tanpa perlu khawatir mengenai keterbatasan dana. Untuk mengetahui beragam informasi tambahan mengenai BCA Personal Loan segera akses www.bca.co.idatau hubungi Halo BCA di (021) 500888. (AE-08/AE-17)***
Nah dari sini awal mula cerita ane nih gan. Jadi gini, ane sangat berminat untuk mengajukan personal loan / kredit tanpa agunan di BCA karena memang ane ada niat mau pinjem duit buat bangun rumah ane. Singkat cerita ane langsung dah tuh meluncur ke BCA...berikut kisahnya...
Quote:
Pengajuan Awal
Tanggal 15 Mei 2015 tepatnya hari Jum'at dan waktu itu juga masuk dalam kategori Harpitnas dan kantor ane libur . Dan ane tau kalo BCA dan instansi lainnya masih buka gan, jadi ane putusin untuk dateng ke kantor BCA deket rumah ane yaitu BCA KCP Permata Ujung Menteng.
Security : Selamat Pagi Pak, ada yang bisa di bantu
Ane : Pak saya mau mengajukan personal loan..
S : Silahkan ambil nomer antrian untuk ke customer service Pak
Ane : Oke pak (Busyeettt...panjang amat antriannya dan menurut Pak Security ane dapet sekitar jam 15.30 sore padahal ane dateng jam 9 pagi dan ane mutusin untuk pulang dulu.
Skipp...skipp...skippp.....tepat jam 15.00 ane dateng lagi dan ga lama setelah itu ane langsung dilayanin sama Customer Service (kalo ga salah namanya Dimas).
CS : Silahkan pak ada yang bisa di bantu?
Ane : Iya mas, saya mau mengjukan personal loan.
CS : Ohhh...wah kalo gitu tadi ga usah ngantri mas tinggal minta aja form nya sama mba2 yang print buku
Ane : Manaaa Saya tauuu pak...
CS : Ini pak formnya sama persyaratan silahkan dilengkapi dulu pak, nanti kalo udah bapak dateng lagi, ga usah ambil no antrian langsung aja serahkan ke mba2 tukang print buku bilang aja udah persetujuan Pak Dimas
Ane : Oke pak nanti senin saya balik lagi (udah lama nunggu...seharian libur juga )
Singkat cerita ane pulang dengan perasaan senang, sedh, harap - harap cemas dah
Quote:
Penyerahan Berkas Perkara
Tanggal 18 Mei 2015 tepat jam 12 siang (karena harus pas jam istirahat kantor baru ane bisa keluar) ane balik lagi ke BCA untuk menyerahkan berkas ane. Dan sesuai dengan amanat dari CS, langsung serahin aja ke mba2 tukang print buku (ane ga tau istilahnya di perbankan gan ).
Ane (A) : Mba saya mau nyerahin form personal loan saya.
Tukang Print (TP) : Persyaratannya di bawa mas?
A : Bawa Mba (sambil nyerahin)
TP : NPWP sam KTP Aslinya ada? Biar saya fotocopy dulu ya.
A : Bawa mba, Ini mba.
Sambil tunggu mba2nya (belakangan ane tau ternyata namanay Mba Irna ) ane coba liat - liat brosur di BCA dan memang tidak ada brosur tentang personal loan ini.
TP : Mas ini aslinya saya balikin. Nanti akan kami hubungi kalo persyaratannya kurang atau harus ada yang dilengkapi
A : Oke mba, terima kasih ya
Abis itu ane langsung balik lagi ke kantor dengan perasaan senang dan berharap prosesnya cepat.
Quote:
Masa Penantian
Tanggal 26 Mei 2015 siang ane di telp dari pihak BCA untuk konfirmasi data. Ditanyain macem - macem...mulai udah kimpoi, nama orang tua, udah makan apa belommmm (yang terakhir kaga sih), ane jawab dengan jujur. Di akhir pembicaraan, ane di kasih tau bahwa akan ada pihak analysis yang akan menghubungi saya dalam waktu 2-3 minggu dari telp ini. Dan waktu itu ane berfikir...wiiihh ternyata bener nih prosesnya cepet bener. Bakal cepet kelar nih urusan
Quote:
Masa Penantian bag. 2,3,4....dst
Setelah telp pertama di tanggal tersebut...ane menunggu sampai kurang lebih 3,5 minggu. Koq ya belum ada kabar juga dari analis, apakah aplikasi saya disetujui atau tidak
Akhirnya ane mutusin buat telp Halo BCA di 1500888. Skipp..skippp...dan kesimpulan dari Customer Service BCA adalah....DATA ANE BELUM MASUK DI ANALYS
Ane masih positif thinking waktu itu, mungkin memang masih banyak kerjaan kali di cabang. Akhirnya ane mutusin untuk tetap menunggu....
Quote:
Selang 1 minggu kemudian, ane coba menghubungi Halo BCA lagi. Skip...skip.....dan jawabannya adalah.....DATA ANE MASIH BELUM MASUK...WTF . Trus ane tanya kenapa koq bisa lama banget prosesnya, dari customer service menjelaskan, Jadi biasanya sih nunggu nasabah yang laen ikut mengajukan jadi nanti diserahkan di analys nya sekaligus biar ga bolak balik.
Pertanyaan ane, kalo misal ga ada nasabah laen yang ngajuin...masa ane harus tungguin tuh..lha sampe kapan???? Dari sini ane dah mulai dongkol nih gan, karena lagi puasa ane putusin buat tetep nunggu aja berharap ada keajaiban
Quote:
Untuk ketiga kalinya ane telp ke Halo BCA berharap ada jawaban yang lebih berharga. Singkat cerita, setelah konfirmasi data dll, dan ternyata jawabannya adalah...........DATA ANE MASIH BELUM MASUK JUGAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!
Ane disarankan untuk menghubungi KCP tempat ane mengajukan permohonan untuk menanyakan progress nya atau pengajuannya bisa pindah kantor cabang..Lu pikir gua ga ada kerjaan suruh ngajuin ulang . Saya kerja mba brooo.... . Akhirnya ane putusin untuk telp kantor cabang KCP Permata Ujung Menteng untuk minta kejelasan karena udah lewat 1 bulan.
Ane komplain dan singkat cerita ane disuruh ninggalin no hp ane dan nanti akan di hubungi oleh mereka (kantor cabang) untuk progressnya karena katanya akan ditanyakan ke kantor pusat.
Logika ane, orang dari Halo BCA aja katanya datanya belum masuk, masa mau di tanyain ke kantor pusat??? emang beda kantor ya???
Skip..skip...skip.... SEBANYAK 3 KALI ANE TELP KE KANTOR CABANG, DAN SEBANYAK ITU PULA ANE HARUS NINGGALIN NO HP ANE YANG TIDAK PERNAH DIHUBUNGI OLEH MEREKA SEDETIK PUN Di telp ane yang ketiga ane Ngomong...MBA SAYA TELP KE SINI UDAH 3 KALI DAN DIPERLAKUKAN SAMA...SURUH NINGGALIN NO HP YANG UJUNG2NYAAAA....NOOOOO RESPONSEEEEE!!!!!!!!!!!!
Akhirnya ane ngasih usulan buat minta personal number dan waktu itu dikasih nomer HP nya mba Irna.
Quote:
Contact Dengan Mba Irna
Setelah sms awal...NO RESPONSE!!
Setelah sms kedua dengan sedikit ancaman langsung di telp dari kantornya langsung. Dan menjelaskan bahwa sudah dibantu ke kantor pusatnya.
Sebenernya masih banyak percakapan via WA tapi ane ga sempet publikasikan di sini, mungkin nanti ane update lagi ya
Yang jelas ane udah memutuskan untuk tidak melanjutkan proses Pengajuan Personal Loan di BCA karena sampai detik ini pun tidak ada itikad baik dari pihak cabang untuk menghubungi saya. Bahkan terkesan acuh....mungkin karena saya sebagai KARYAWAN BIASA dan hanya menggunakan BCA untuk pembayaran gaji saja. Kalo di total dari 18 Mei sampai dengan detik ini 24 Agustus 2015....sudah rugi waktu dan harapan...terima kasih BCA....
Saya sudah HOPELESS dengan pengajuan di BCA.....nanti ane update lagi kalo ada perkembangan ya agan - agan...
TERIMA KASIH.