

TS
bayu.indra
Graphite Modeling Tools - by Selection ... ayo gan ...
Basic Modeling - Box Modeling - Autodesk 3DS Max
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
Ayoo gannnnn ... buat pesawat pakai Box Modeling !!! ... SEMUA PASTI BISA !!
ayooo gan ... bgmn rasanya naik pesawat yg satu ini ...
sebelum nge texture ... kita set UV layout dulu gan ...

BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
3DS Max /Graphite Modeling Tools - Selection Tab

Graphite Modeling Tools set dapat kita temukan pada "Ribbon" (Customize /Show UI /Show Ribbon. ) tool ini bisa menjadi solusi untuk kebutuhan editing polygon object, User Interface nya betujuan khusus untuk pekerjaan modeling, dan bagusnya hanya menampilkan tools yang penting penting saja gannn ...
Sedang Ribbon berisi satndart Edit /Editable Poly tools untuk Creating, Selecting, dan Editing geometry ... dan bagusnya Ribbon masih bisa di customize juga gan ...

by SURFACE ...
ada dua option untuk by Surface ... Concave dan Convex ...
simple buat yg Concave itu selection dari bagian surface yg cekung ke yg cembung ...
untuk yg convex ya sebaliknya ... dari bagian surface yg cembung ke bagian surface yg cekung ...

untuk value nya bisa menggunakan slider di bagian bawahnya ...
kalau di drag keatas atau kebawah pasti akan kelihatan ko gan hasilnya ...
by NORMAL ...
berdasarkan normal disini adalah berdasarkan arah axis X, Y, Z ...
atau bisa dibilang kalau dengan axis X atau Y berarti selection dimulai dari arah positiv X atau Y axis ke arah sebaliknya
sedangkan untuk Z axis sudah pasti dapat kita pastikan dari arah atas ke bawah ...

untuk value nya ada di "Angle" slider ... untuk invert nya ada di tombol terakhir di seblah kanan ...

by PERSPECTIVE ...
selection ini simply berdasarkan perspective view dr viewport ... value nya bisa di adjust dr "Angle" slider ...
dan mempunyai option "Outline" juga gan ...
by RANDOM ...
it simply ramdom selection, option nya cuma berdasarkan number (bisa vertex, edges, polygon faces ... )
atau berdasarkan prosentase saja (juga bisa vertex, edges, polygon faces ... )

by Half ...
simply selection untuk setengah bagian dr object tersebut ... tetapi berdasarkan arah axis nya ...
dan gan ... ada invert selection option nya juga lohhh ... keren
by Pivot Distance ...
ini juga simple gan ... cuma berdasarkan posisi pivot nya saja ...

dan distance atau seberapa jauh jarak selectionnya bisa di adjust di "Percent of Distance From" slider nya ...

by Symmetry ...
dengan catatan ya gan ... object nya juga harus symmetry juga, contoh ... head model ini kan cuma symetry kesamping aja, tapi tidak symetry atas dan bawah, jadi kemungkinan hanya bisa bekerja berdasarkan X atau Y axis saja ...

cara kerjanya ... agan n sis bisa buat selection dulu ... lalu click mirror axis nya ... gitu aja ko gan ...
by Numeric ...
terakir di selction tab ni gan ...
ini selection cuma bedasarkan jumlah side di polygon aja gan ... kalau nga pas nga akan ke select gan ...
contoh misal sides nya 4 ... maka kalau lebih banyak atau kurang nga akan ke select,
tapi itu juga tergantung option sama dengan, lebih besar atau lebih kecilnya gan ...
nahhh ... gan n sis ... begitu kira kita Graphite Modeling Tools untuk Selection Tab nya ...
lumayan banyak dan berfariasi juga kan cara selection nyaaa ...
nah gimana agan agan n sista bagaimana pengalaman gan n sis untuk memakai Graphite Tool ini
boleh share disini ni gan ... biar lebih enak belajar nya juga ...
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
Ayoo gannnnn ... buat pesawat pakai Box Modeling !!! ... SEMUA PASTI BISA !!
ayooo gan ... bgmn rasanya naik pesawat yg satu ini ...
sebelum nge texture ... kita set UV layout dulu gan ...

BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
3DS Max /Graphite Modeling Tools - Selection Tab

Graphite Modeling Tools set dapat kita temukan pada "Ribbon" (Customize /Show UI /Show Ribbon. ) tool ini bisa menjadi solusi untuk kebutuhan editing polygon object, User Interface nya betujuan khusus untuk pekerjaan modeling, dan bagusnya hanya menampilkan tools yang penting penting saja gannn ...
Sedang Ribbon berisi satndart Edit /Editable Poly tools untuk Creating, Selecting, dan Editing geometry ... dan bagusnya Ribbon masih bisa di customize juga gan ...

by SURFACE ...
ada dua option untuk by Surface ... Concave dan Convex ...
simple buat yg Concave itu selection dari bagian surface yg cekung ke yg cembung ...
untuk yg convex ya sebaliknya ... dari bagian surface yg cembung ke bagian surface yg cekung ...

untuk value nya bisa menggunakan slider di bagian bawahnya ...
kalau di drag keatas atau kebawah pasti akan kelihatan ko gan hasilnya ...
by NORMAL ...
berdasarkan normal disini adalah berdasarkan arah axis X, Y, Z ...
atau bisa dibilang kalau dengan axis X atau Y berarti selection dimulai dari arah positiv X atau Y axis ke arah sebaliknya
sedangkan untuk Z axis sudah pasti dapat kita pastikan dari arah atas ke bawah ...

untuk value nya ada di "Angle" slider ... untuk invert nya ada di tombol terakhir di seblah kanan ...

by PERSPECTIVE ...
selection ini simply berdasarkan perspective view dr viewport ... value nya bisa di adjust dr "Angle" slider ...

dan mempunyai option "Outline" juga gan ...
by RANDOM ...
it simply ramdom selection, option nya cuma berdasarkan number (bisa vertex, edges, polygon faces ... )
atau berdasarkan prosentase saja (juga bisa vertex, edges, polygon faces ... )

by Half ...
simply selection untuk setengah bagian dr object tersebut ... tetapi berdasarkan arah axis nya ...

dan gan ... ada invert selection option nya juga lohhh ... keren

by Pivot Distance ...
ini juga simple gan ... cuma berdasarkan posisi pivot nya saja ...

dan distance atau seberapa jauh jarak selectionnya bisa di adjust di "Percent of Distance From" slider nya ...

by Symmetry ...
dengan catatan ya gan ... object nya juga harus symmetry juga, contoh ... head model ini kan cuma symetry kesamping aja, tapi tidak symetry atas dan bawah, jadi kemungkinan hanya bisa bekerja berdasarkan X atau Y axis saja ...

cara kerjanya ... agan n sis bisa buat selection dulu ... lalu click mirror axis nya ... gitu aja ko gan ...
by Numeric ...
terakir di selction tab ni gan ...
ini selection cuma bedasarkan jumlah side di polygon aja gan ... kalau nga pas nga akan ke select gan ...
contoh misal sides nya 4 ... maka kalau lebih banyak atau kurang nga akan ke select,
tapi itu juga tergantung option sama dengan, lebih besar atau lebih kecilnya gan ...
nahhh ... gan n sis ... begitu kira kita Graphite Modeling Tools untuk Selection Tab nya ...
lumayan banyak dan berfariasi juga kan cara selection nyaaa ...
nah gimana agan agan n sista bagaimana pengalaman gan n sis untuk memakai Graphite Tool ini
boleh share disini ni gan ... biar lebih enak belajar nya juga ...


Diubah oleh bayu.indra 26-03-2015 13:02
0
2.5K
2


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan