- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
MENGENAL BERBAGAI JENIS TAPAK/ALUR PADA BAN MOBIL


TS
t105erd
MENGENAL BERBAGAI JENIS TAPAK/ALUR PADA BAN MOBIL


Kali ini saya akan sedikit membahas tentang berbagai macam jenis tapak ban yang ada pada mobil, langsung saja.
Semoga bermanfaat
Semoga bermanfaat


DEFINISIBAN
Quote:
Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.
(wikipedia)
(wikipedia)
INTRO
Quote:
Ban pada mobil merupakan bagian yang penting. Ibarat mahluk hidup ban bertindak sebagai kaki. Saat kita ingin membeli Ban tentunya sering melihat dari ukuran ring dan mereknya. Namun ada hal penting lain yang harus diperhatikan yakni kembang / alur yang terdapat pada ban tersebut. Memang meskipun telapaknya nampak serupa, tetapi performa tiap merek ban bisa berbeda. Setidaknya ini bisa menjadi referensi awal sebelum memilih ban. lalu apa saja jenis - jenis ban jika dilihat dari alurnya?
BAN UNIDIRECTIONAL
Quote:
Spoiler for Uniderectional Tire:




BAN ASIMETRIS
Quote:
Spoiler for Asymmetric Tire:




Sesuai namanya, ban jenis ini memiliki kembang tidak simetris. Untuk menggunakannya di pelek, kita tidak memakai petunjuk arah gelinding, melainkan petunjuk bagian dalam dan bagian luar ban. Pada bagian dalam digunakan untuk membuang air, sementara bagian luar untuk bermanuver di jalan kering. Intinya ban asimetris ini mengoptimalkan pengendalian di kering dan basah.
Saat ini telapak ban asimetris banyak dipakai pabrikan ban untuk line-up premium mereka. Hal ini menunjukkan kalau telapak asimetris dinilai baik untuk mengakomodir segala jenis cuaca dengan kenyamanan yang optimal.
BAN ECO
Quote:
Spoiler for Eco Tire:

Quote:

Salah satu Eco Tyre dari pabrikan ban Jepang
Tidak hanya mesin yang kini dibuat ramah lingkungan namun saat ini semakin marak pabrikan ban yang mengeluarkan produk ban eco, alias bisa menghemat pemakaian BBM. Kunci utama dari ban eco ini adalah hambatan gelindingnya yang sangat rendah. ban eco memiliki ciri khas di telapaknya. Alih-alih memakai desain rumit, ban eco lebih sederhana desainnya. Ini yang membuat hambatan ketika menggelinding jadi rendah. Tetapi karena Lebar ban minimal ditambah telapak sederhana membuat daya cengkeramnya tak sebaik ban sport.
BAN SEMI SLICK
Quote:
Spoiler for Semi Slick Tire:


Ban jenis ini digemari pecinta kecepatan untuk meningkatkan daya cengkeram. Ban semi-slick memiliki bidang kontak maksimal dengan aspal, sehingga alur airnya sangat sedikit. Di jalan kering performanya memang sangat luar biasa. Tapi jangan coba pakai ban ini di kala hujan atau jalanan basah. Minimnya alur pembuangan membuat air berturbulensi di bawah ban. Hal tersebut akan membuat mobil mudah tergelincir. Karena hujan dan jalanan basah tak bisa ditebak, jadi jangan memakai ban ini untuk keperluan harian.
BAN OFF ROAD
Quote:
Ban mobil jenis ini biasa dipakai oleh mobil-mobil SUV, Double Cabin, Truck dan kendaraan 4x4, ban jenis ini terdiri dari berbagai macam tipe, yaitu;
Quote:
Spoiler for M/T (Mud Tire):

Ban untuk keperluan lapangan. Cirinya mempunyai corak kembangan yang kasar dan biasanya telapaknya mampu membersihkan sendiri dari kumpulan lumpur tebal yang menempel di ban.
Komponen ban yang lembek juga memberi traksi cukup baik di lintasan off-road serta agresif di medan berat seperti lumpur dan jalan berbatu. Karena memiliki komponen yang lunak, ban ini akan cepat habis bila dipakai di jalan raya serta tidak mempunyai daya cengkeram yang bagus di jalan aspal. Hal ini karena mempunyai corak kembangan yang berjauhan hingga mempunyai jarak pengereman yang jauh apabila dipakai di jalan aspal sewaktu hujan.
Di jalan raya, ban tipe ini juga menimbulkan suara yang mendengung di kecepatan tinggi. Di negara tertentu ada pelarangan pemakaiannya di jalan raya, seperti Singapura dan Australia.
Quote:
Spoiler for A/T (All Terrain):

Ban untuk segala medan. Sesuai dengan namanya, ban ini dapat digunakan di segala medan. Walau sebenarnya mempunyai kelemahan dan tidak cukup tangguh pada medan off-road ekstrem semisal lumpur dan salju tebal.
Namun untuk medan dengan handicap ringan seperti jalan berbatu, tanah, lintasan salju atau lumpur biasa maupun aplikasi jalan raya, bisa diandalkan.
Quote:
Spoiler for M+S (Mud + Snow):

Ban ini diperuntukkan untuk medan bersalju atau lumpur yang ringan dan cocok untuk di lintasan basah karena memiliki daya cengkeram yang baik.
Quote:
Spoiler for H/T (Highway Tires):

Ban untuk kecepatan tinggi di jalan raya. Dirancang khusus untuk permukaan jalan aspal atau jalan raya. Kembangannya mempunyai bentuk multiguna dan tidak berisik dipakai di dalam kota. Dianjurkan pemilik mobil jenis 4x4 menggunakannya untuk pemakaian sehari-hari.
Segitu dulu yaa gan, kalo ada tambahan atau koreksi silahkan komentar dibawah kalo suka silahkan di timpuk ijo-ijo 
Wassalamu'alaikum

Wassalamu'alaikum
Spoiler for Sumber:
Diubah oleh t105erd 28-02-2015 15:05
1
22.8K
Kutip
72
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan