- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
Kecewa dengan pelayanan Service Center Asrock (Astrindo Senayasa)


TS
dr.vlad
Kecewa dengan pelayanan Service Center Asrock (Astrindo Senayasa)
Saya membuat thred disini karena sudah dari seminggu yang lalu tidak ada jawaban email dari Astrindo pusat (astcs@astrindo.co.id) bertanggal 30 Okt 2014 dan awal masalah dari April 2014. Begini salinan email yang saya kirimkan
Kepada pihak distributor Astrindo Senayasa
Saya ingin menanyakan perihal Motherboard merk Asrock yang saya claim ke service center bandung. (atas nama: DANI)
Kronologi service:
Pada tanggal 15 April 2014 saya membawa motherboard Asrock 870 Extreme 3 (pembelian April 2011) ke service center bandung dengan keluhan motherboard mati. Setelah +- 3 minggu tidak ada kabar, saya berinisitif mendatangi service center untuk menanyakan kondisi motherboard saya. Lalu sya di beri tahu bahwa status motherboard saya sedang menunggu konfirmasi dari saya untuk menyetujui service karena ada spare part harus di kirim dari taiwan (dengan adanya tambahan), dan saat itu saya setujui. dengan estimasi pengiriman dan service paling lama 3 bulan.
Beberapa minggu kemudian saya berinisiatif datang ke astrindo bandung untuk menanyakan status motherbord saya. saya diberi tahu bahwa spare part masih dalam proses pengiriman dari taiwan. saya bertanya apakah bisa proses pengiriman lebih dipercepat. menurut pihak astrindo, proses pengiriman tidak bisa dipercepat karena harus menunggu barang2 lain jg yg akan di kirim dari taiwan.
Tanggal 19 Agustus 2014 saya di telfon oleh astrindo bandung, dan di beri tahu kalau motherboard saya tidak bisa di service dan diberi opsi untuk upgrade ke asrock 880g Pro3 dengan tambahan biaya $30). saya meminta waktu sekitar 1 jam untuk mempertimbangkan upgrade. +- 1jam kemudian saya telfon astrindo bandung ke no telp yg menghubungi saya sebelumnya, dan yang menjawab telfon saya adalah seorang perempuan, saya bilang mau mengkonfirmasi tentang upgrade motherboard. tp entah di sengaja atau tidak telfon saya malah dimatikan, yang saya pikir dari bagian service ingin menghubungi saya kembali untuk menjelaskan lebih rinci tentang upgrade motherboard saya. tp hari itu tidak ada itikad baik dr astrindo bandung untuk melakukan konfirmasi ulang.
Tanggal 20 Agustus, saya mendatangi service center bandung untuk konfirmasi. dan diberi tahu bahwa akan dikenakan biaya upgrade sebesar $30. dan saya setujui.
Tanggal 25 Agustus, Saya diberi tahu bahwa motherboard sudah bisa di ambil dan langsung saya ambil hari itu jg dengan membayar sebesar 287.000. saya menanyakan kelengkapan lain seperti back panel dan cd driver, tp menurut pihak astrindo driver dll sama seperti motherboard saya sebelumnya (asrock 870 extreme3).
Saat saya rakit dan nyalakan, ternyata di bagian bios terjadi patah2 (lag) dan tempilan berbayang di saat akan masuk OS. Hari itu jg saya langsung install ulang komputer saya. Kurang dari 3 hari setelah itu, motherboard tiba2 mati kembali seperti kondisi saat asrock 870 saya dulu.
Tanggal 8 Sep 2014, saya kembali membawa asrock 880g Pro3 ke service center bandung untuk service dan saya minta untuk dipercepat proses service nya. dan hanya dijawab akan diusahakan.
Tanggal 16 Oktober, saya kembali berinisitif datang lansung ke service center untuk menanyakan kondisi motherboard saya. dan hanya diberi opsi untuk upgrade lagi dengan pilihan asrock 970 u3s3 (dengan biaya tambahan 100rb) atau 970 pro3 (dengan biaya tambahan $30). Setelah saya sedikit menaikkan nada suara saya, barulah bagian service yang melayani saya menelfon ke astrindo jakarta untuk bernegosiasi. yang hasilnya adalah saya mendapat upgrade gratis ke 970 pro3.
Tanggal 21 Oktober, Saya kembali datang ke service center bandung untuk mengambil motheboard asrock 970 pro3. setelah saya rakit kembali, ternyata komputer saya tetap tidak menyala dengan kondisi motherboard mati seperti motherboard sebelumnya.
Tanggal 27 Oktober, saya kembali ke service center bandung untuk service dan menanyakan kepastian berapa lama motherboard saya bisa selesai di service. dan tidak ada satupun orang di service center yang bisa memberi kepastian. mereka hanya menjawab akan secepatnya jika barangnya ada.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah dari segi pelayanan memang seperti ini adanya? (harus memakan waktu berbulan2 untuk setiap kali service dan tidak ada kejelasan berapa lama akan selesai sehingga diberikan opsi upgrade)?
2. Apakah barang hasil upgrade yang diberikan kepada user adalah barang service dari user lain yang yang melakukan upgrade juga dengan kondisi yang setelah di service oleh pihak astrindo belum melewati standar khusus sehingga dapat dipakai normal?
3. Apakah tidak ada inisitif / itikad baik dari service center untuk membertahukan kondisi barang yang sedang di service sehingga user yang harus menanyakannya lebih dulu?
4. Apakah tidak ada standar khusus untuk dari segi service sehingga user yang mendapati barangnya kembali dari service center dapat dipakai secara normal sehingga tidak tidak perlu berulang-ulang kembali untuk service?
5. Apakah opsi upgrade yang di tawarkan dari astrido hanya sebatas dari segi chipset (dari 870 ke 880 / 970) yang downgrade dari segi kelas (extreme ke pro)? apakah user boleh memilih opsi upgrade "versi" mereka sendiri?
6. Berapa lama saya mendapatkan kembali motherboard yang saya service dengan kondisi normal / layak dipakai?
Kondisi peripheral komputer yang lain dalam kondisi baik yang saat ini masih saya gunakan. saya memakai motherboard ASUS M5A97 Evo R2.0 untuk membandingkan bahwa peripheral yang lain dalam kondisi baik dan kompatibel dengan Motherboard Asrock yang selama ini saya dapati bermasalah.
Saya juga ingin memberikan saran kepada pihak astrindo:
1. Menurut saya apabila dari pihak service center ingin memberikan opsi upgrade lebih baik barang hasil upgrade adalah barang yang dapat dipakai normal sehingga tidak terkesan hanya mencari untung dan cepat yang kenyataannya tidak seperti itu.
2. Kalau memang tidak dapat memberikan kejelasan dari service center cabang, saya harap ada kejelasan dari service center pusat sehingga user tidak perlu menaikkan nada bicara kepada service center seperti yang saya lakukan dan adanya sikap yang lebih ramah dan kooperatif kepada user yang melakukan service dan tidak terkesan masa bodoh.
3. Jika memungkinkan saya harap ada perbaikkan dari segi kualitas human resource maupun standar service sehingga user bisa lebih nyaman dengan after sales barang dari distributor astrindo.
Saya harap pihak astrindo dapat memberikan kejelasan dari complain saya ini. Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan.
Terima kasih
Saya harap CS yg nongkrong di forum ini bisa bantu complain saya ini.
Terima Kasih
Spoiler for Email ke Astrindo:
Kepada pihak distributor Astrindo Senayasa
Saya ingin menanyakan perihal Motherboard merk Asrock yang saya claim ke service center bandung. (atas nama: DANI)
Kronologi service:
Pada tanggal 15 April 2014 saya membawa motherboard Asrock 870 Extreme 3 (pembelian April 2011) ke service center bandung dengan keluhan motherboard mati. Setelah +- 3 minggu tidak ada kabar, saya berinisitif mendatangi service center untuk menanyakan kondisi motherboard saya. Lalu sya di beri tahu bahwa status motherboard saya sedang menunggu konfirmasi dari saya untuk menyetujui service karena ada spare part harus di kirim dari taiwan (dengan adanya tambahan), dan saat itu saya setujui. dengan estimasi pengiriman dan service paling lama 3 bulan.
Beberapa minggu kemudian saya berinisiatif datang ke astrindo bandung untuk menanyakan status motherbord saya. saya diberi tahu bahwa spare part masih dalam proses pengiriman dari taiwan. saya bertanya apakah bisa proses pengiriman lebih dipercepat. menurut pihak astrindo, proses pengiriman tidak bisa dipercepat karena harus menunggu barang2 lain jg yg akan di kirim dari taiwan.
Tanggal 19 Agustus 2014 saya di telfon oleh astrindo bandung, dan di beri tahu kalau motherboard saya tidak bisa di service dan diberi opsi untuk upgrade ke asrock 880g Pro3 dengan tambahan biaya $30). saya meminta waktu sekitar 1 jam untuk mempertimbangkan upgrade. +- 1jam kemudian saya telfon astrindo bandung ke no telp yg menghubungi saya sebelumnya, dan yang menjawab telfon saya adalah seorang perempuan, saya bilang mau mengkonfirmasi tentang upgrade motherboard. tp entah di sengaja atau tidak telfon saya malah dimatikan, yang saya pikir dari bagian service ingin menghubungi saya kembali untuk menjelaskan lebih rinci tentang upgrade motherboard saya. tp hari itu tidak ada itikad baik dr astrindo bandung untuk melakukan konfirmasi ulang.
Tanggal 20 Agustus, saya mendatangi service center bandung untuk konfirmasi. dan diberi tahu bahwa akan dikenakan biaya upgrade sebesar $30. dan saya setujui.
Tanggal 25 Agustus, Saya diberi tahu bahwa motherboard sudah bisa di ambil dan langsung saya ambil hari itu jg dengan membayar sebesar 287.000. saya menanyakan kelengkapan lain seperti back panel dan cd driver, tp menurut pihak astrindo driver dll sama seperti motherboard saya sebelumnya (asrock 870 extreme3).
Saat saya rakit dan nyalakan, ternyata di bagian bios terjadi patah2 (lag) dan tempilan berbayang di saat akan masuk OS. Hari itu jg saya langsung install ulang komputer saya. Kurang dari 3 hari setelah itu, motherboard tiba2 mati kembali seperti kondisi saat asrock 870 saya dulu.
Tanggal 8 Sep 2014, saya kembali membawa asrock 880g Pro3 ke service center bandung untuk service dan saya minta untuk dipercepat proses service nya. dan hanya dijawab akan diusahakan.
Tanggal 16 Oktober, saya kembali berinisitif datang lansung ke service center untuk menanyakan kondisi motherboard saya. dan hanya diberi opsi untuk upgrade lagi dengan pilihan asrock 970 u3s3 (dengan biaya tambahan 100rb) atau 970 pro3 (dengan biaya tambahan $30). Setelah saya sedikit menaikkan nada suara saya, barulah bagian service yang melayani saya menelfon ke astrindo jakarta untuk bernegosiasi. yang hasilnya adalah saya mendapat upgrade gratis ke 970 pro3.
Tanggal 21 Oktober, Saya kembali datang ke service center bandung untuk mengambil motheboard asrock 970 pro3. setelah saya rakit kembali, ternyata komputer saya tetap tidak menyala dengan kondisi motherboard mati seperti motherboard sebelumnya.
Tanggal 27 Oktober, saya kembali ke service center bandung untuk service dan menanyakan kepastian berapa lama motherboard saya bisa selesai di service. dan tidak ada satupun orang di service center yang bisa memberi kepastian. mereka hanya menjawab akan secepatnya jika barangnya ada.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah dari segi pelayanan memang seperti ini adanya? (harus memakan waktu berbulan2 untuk setiap kali service dan tidak ada kejelasan berapa lama akan selesai sehingga diberikan opsi upgrade)?
2. Apakah barang hasil upgrade yang diberikan kepada user adalah barang service dari user lain yang yang melakukan upgrade juga dengan kondisi yang setelah di service oleh pihak astrindo belum melewati standar khusus sehingga dapat dipakai normal?
3. Apakah tidak ada inisitif / itikad baik dari service center untuk membertahukan kondisi barang yang sedang di service sehingga user yang harus menanyakannya lebih dulu?
4. Apakah tidak ada standar khusus untuk dari segi service sehingga user yang mendapati barangnya kembali dari service center dapat dipakai secara normal sehingga tidak tidak perlu berulang-ulang kembali untuk service?
5. Apakah opsi upgrade yang di tawarkan dari astrido hanya sebatas dari segi chipset (dari 870 ke 880 / 970) yang downgrade dari segi kelas (extreme ke pro)? apakah user boleh memilih opsi upgrade "versi" mereka sendiri?
6. Berapa lama saya mendapatkan kembali motherboard yang saya service dengan kondisi normal / layak dipakai?
Kondisi peripheral komputer yang lain dalam kondisi baik yang saat ini masih saya gunakan. saya memakai motherboard ASUS M5A97 Evo R2.0 untuk membandingkan bahwa peripheral yang lain dalam kondisi baik dan kompatibel dengan Motherboard Asrock yang selama ini saya dapati bermasalah.
Saya juga ingin memberikan saran kepada pihak astrindo:
1. Menurut saya apabila dari pihak service center ingin memberikan opsi upgrade lebih baik barang hasil upgrade adalah barang yang dapat dipakai normal sehingga tidak terkesan hanya mencari untung dan cepat yang kenyataannya tidak seperti itu.
2. Kalau memang tidak dapat memberikan kejelasan dari service center cabang, saya harap ada kejelasan dari service center pusat sehingga user tidak perlu menaikkan nada bicara kepada service center seperti yang saya lakukan dan adanya sikap yang lebih ramah dan kooperatif kepada user yang melakukan service dan tidak terkesan masa bodoh.
3. Jika memungkinkan saya harap ada perbaikkan dari segi kualitas human resource maupun standar service sehingga user bisa lebih nyaman dengan after sales barang dari distributor astrindo.
Saya harap pihak astrindo dapat memberikan kejelasan dari complain saya ini. Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan.
Terima kasih
Spoiler for Bukti:

Saya harap CS yg nongkrong di forum ini bisa bantu complain saya ini.
Terima Kasih
Spoiler for Update:
Hari ini tgl 5 Nov 2014, Setelah di telp dr Astrindo Bandung, ane ambil penggantinya nya Asrock 970 Pro3. Kondisi: belom ane cek normal/nggak nya.. semoga aja normal.
Diubah oleh dr.vlad 05-11-2014 11:13
0
11.9K
Kutip
15
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan