Kaskus

Entertainment

noexxxAvatar border
TS
noexxx
[AVTUR] Mengenal Bahan Bakar Pesawat Dengan Proses & Perlakuan Istimewa
[AVTUR] Mengenal Bahan Bakar Pesawat Dengan Proses & Perlakuan Istimewa


Mengenal Bahan Bakar Pesawat (Avtur) yang Istimewa


Introduction


Sudah pernahkah agan -aganwati naik pesawat terbang?????
Tahukah bahan bakar apa yang dipakai untuk pesawat terbang???

Mungkin dari sekian banyak dari agan -aganwati yang belum mengenal bahan bakar pesawat terbang.

Berikut ane akan jelasin sedikit tetang bahan bakar pesawat terbang (khususnya yang pesawat komersil ya gan????)


PENGERTIAN


aviation turbine fuel (ATF) atau avtur (aviation turbine) merupakan salah satu jenis bahan bakar penerbangan yang dirancang untuk digunakan pada pesawat terbang yang bermesin turbin gas (EXTERNAL COMBUTION). Warnanya cerah sampai kekuningan. Bahan bakar yang paling umum adalah Jet A dan Jet A-1 (Avtur) yang diproduksi dalam perlengkapan spesifikasi yang terstandardisasi secara internasional.


Didalam dunia minyak dan gas bumi, avtur merupakan persenyawaan hidrokarbon dengan trayek didih 177 °C – 288 °C. Hydrocarbon berupa senyawa parafin (terbanyak), naften dan sedikit aromat, ada juga didalamnya senyawa-senyawa impurities dalam jumlah kecil serta additive.


Bahan bakar ini memerlukan quality control yang sangat standar, sehingga harus ditangani secara ketat. Produk avtur diperoleh melalui distilasi atmosferic dilanjutkan dengan proses treating yang tujuannya untuk menurunkan kadar sulfur, terutama mercaptan. Setelah dilakukan analisa produk oleh bagian laboratorium dan dinyatakan telah memenuhi spesifikasi (On Spec) yang di syaratkan.


Spoiler for Mastur Gan:


SPESIFIKASI


Spesifikasi avtur, beberapa yang utama adalah :
Density 15oC : 775 – 840 kg/m3
Appearance : Clear and bright
Total Sulphur : 0.30 %wt, maks
Mercaptan Sulphur : 0.0030 %wt, maks
Flash Point : min. 38 oC
Doctor Test : Negative
Freezing Point : - 47 oC, maks
Electrical Conductivity : 50 – 450 µS/m

Spoiler for spesifikasi:


Fungsi dari beberapa spesifikasi avtur yang berpengaruh dalam penerbangan (mesin pesawat).


1. Density
Pengertian : Berat dalam vakum per Volume pada 15°C (kg/l atau kg/m3)
Fungsi : untuk keperluan konversi volume pada suhu pengukuran ke volume pada suhu standart 15C, atau untuk keperluan konversi volume ke besaran massa.
Kalo yang masih bingung, density itu tujuannya buat konversi volume / ngitung volume atau isi dari avtur tersebut gan, biar pada saat proses pengiriman ke depot maupun ke bandara transaksinya jelas.


2. Appearance
Pengertian : Keaadan fisik minyak secara visual (visual appearance)
Fungsi : Untuk mengetahui apakah avtur mengandung partikel padat dan jernih serta cemerlang.
Kalo yang ini, biar tau apakah avtur tersebut bener - bener bersih gan, ga boleh kotor sedikitpun.


3. Total Sulphur
Pengertian : Menentukan kandungan sulphur (total sulphur) pada avtur
Fungsi : Untuk memantau “Sulphur Level” pada produk avtur. Pada umumnya keberadaan sulphur tidak diinginkan, karena pengaruh buruknya terhadap peralatan proses maupun bahan bakar.
Sifat sulphur itu merusak komposisi avutrnya sendiri, tapi juga bisa ngrusak peralatan pada mesin pesawat juga gan. Karena sifat sulphur sendiri bila teroksidasi bisa korosif / karatan.


4. Mercaptan Sulphur
Pengertian : Merkaptan adalah komponen sulfur organik. Secara kimiawi dia berupa komponen yang terdiri dari senyawa hidrokarbon yang mengikat gugus -SH.
Fungsi : Mercaptan Sulphur memiliki bau yang tidak enak, dan dapat merusak elastomer serta potensial mengakibatkan korosi terhadap komponen – komponen pada mesin pesawat.
Kalo yang ini hampir sama kaya diatas.


5. Flash Point
Pengertian : merupakan ukuran respon bahan bakar terhadap panas dan nyala api.
Fungsi : memberikan informasi tentang kemungkinan eksistensi komponen yang sangat “volatile & Flamable”. Sehingga kegitan transportasi dapat menentukan peraturan keselamatan tentang bahan bakar yang mudah menyala.
Ini berhubungan dengan keselamatan pada saat pengisian bahan bakar gan. Flash point merupakan suhu minimal dimana bahan bakar dapat menyala seketika.


6. Freezing Point
Pengertian : Perubahan bahan bakar terhadap suhu, dimana kristal – kristal hidrokarbon mulai terbentuk karena proses pendinginan, dan mencair kembali jika suhu dinaikan.
Fungsi : Menentukan suhu terendah pada bahan bakar dimana bahan bakar tersebut bebas dari kristal – kristal hidrokarbon yang dapat mengganggu aliran bahan bakar pada “tube – tube” mesin turbin pesawat atau pun pada “filter” bahan bakar pesawat. Suhu tersebut terpengaruh pada ketinggian pesawat pada saat mengudara.
Point ini yang terpenting pada spesifikasi avtur gan.


7. Electrical Conductivity
Pengertian : Koduktifitas elektrik
Fungsi : mengetahui ketahanan bahan bakar terhadap konduktifitas elektrik.
Komponen mesin pesawat udara tak luput dari teknologi elektronika, dengan itu ketahan bahan bakar terhadap konduktifitas elektrik sangat diperlukan gan. Biar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan pada saat penerbangan karena terpengaruhnya bahan bakar terhadap komponen elektronika tersebut.


Ada lagi yang tak kalah penting gan,,,

bahan bakar pesawat udara tidak boleh ada air yang terkandung dalam minyak atau water content. Boleh dikatakan 0% water content, karena pada saat mengudara suhu otomatis akan berubah drastis ( bisa mencapai -20 derajat celcius ), bila ada kandungan air dalam avtur, maka air -air tersebut akan berubah menjadi kristal - kristal es atau icing. Perubahan tersebut sangat berbahaya dalam penerbangan, karena dapat menyumbat tube - tube maupun filter bahan bakar dalam mesin pesawat udara.


Maka dari itu, pengawasan terhadap proses produksi, pengiriman maupun pengisian dalam pesawat memerlukan standarisasi yang sangat ketat. Biar tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan pada saat pesawat mengudara.


Itulah mengapa avtur menjadi bahan bakar yang istimewa. Proses sampai dengan pengisian memerukan pengawasan yang sangat ketat.


Spoiler for pengisian:


Spoiler for pengisian:


Semoga sekedar coretan ane diatas dapat menambah wawasan serta ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Aamiin


SALAM


Spoiler for Thank's For:


Spoiler for No:


Spoiler for Terima:


Quote:


nambahin gan... minyak tanah / kerosene, bila di olah kembali melewati 1X unit proses & ditambah beberapa jenis additif udah jadi avtur gan. Makanya kenapa dulu wapres kita yg dulu ama yg besok mo dilantik "M. Jusuf Kalla" ngotot mo konversi ke gas / LPG.
tiap hari kita bakar sampah aja pake minyak tanah / kerosene, padahal kalo diolah lagi udah jadi avtur gan.emoticon-Cape d...
Diubah oleh noexxx 23-07-2014 04:23
0
28.6K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan