Kaskus

News

workerclubAvatar border
TS
workerclub
Rangkuman Tanggung Jawab Community Management
Dear Supporter,

Seorang community manager beranjak dari posisi community officer dalam tim divisi community management. Pada lowongan pekerjaan community management, seseorang diutus oleh perusahaan sebagai perwakilan pimpinan komunitas jejaring sosial yang anggotanya terdiri dari konsumen produk atau brand perusahaan. Penugasan divisi community management secara garis besar diberi tanggung jawab untuk memoderasi komunikasi internal perusahaan kepada publik terkait campaign perusahaan yang digencarkan lewat saluran jejaring sosial digital. Usaha memoderasi tersebut dilakukan agar konsumen ikut terlibat dalam aktivitas campaign yang diarahkan, seperti tampak pada porsi tanggung jawab seorang community manager dibawah ini :

30% Strategi Komunikasi

Jangan kecewakan tim marketing perusahaan telah bersusah payah mengkreasikan suatu konsep kampanye kreatif dalam rangka mengusung produk atau brand untuk hasil akhir suatu pencapaian sales atau marketing. Tugas community management di sini adalah mempresentasikan cara mengkomunikasikan kampanye tersebut kepada konsumen lewat strategi yang efektif. Upaya ini bertujuan untuk mengkoordinasikan eksekusi ke tim internal yang terkait agar support mereka memberikan andil tercapainya tujuan melalui teamwork.

60% Manajemen dan Moderasi

Tanggung jawab inti ini mendapat porsi lebih dari setengahnya, menandakan betapa pentingnya tugas ini. Menuntaskan strategi komunikasi yang telah dijalankan akan menentukan keberhasilan suatu campaign. Me-review kemudian membalas komentar dan postingan-an konsumen menjadi bagian dari tugas memoderasi strategi komunikasi. Moderasi yang dilakukan haruslah sejalan dengan campaign yang sedang dijalankan, yaitu dengan memberikan respon yang tepat agar konsumen terus terlibat dan merasakan pengalaman yang positif akan aktivitas campaign yang dijalankan.

10% Kepemimpinan Tim

Skill kepemimpinan diperlukan dalam berpartisipasi secara komunikasi aktif dengan tim dari departemen lain terkait urusan moderasi yang di luar batas pengetahuan tim community management. Terkadang tak hanya pertanyaan, ada juga keluhan sengit yang dilontarkan konsumen berhubungan dengan divisi lain, dalam kasus ini secara inisiatif divisi community management harus bergerak menunjukkan kepemimpinannya dalam berinteraksi mencari verifikasi atau klarifikasi dengan divisi lain secara santun.

Kesimpulan dari rangkuman tanggung jawab lowongan pekerjaan yang satu ini menuju 100% keberhasilan campaign perusahaan ditentukan dari terciptanya gaung pesan komunikasi yang telah distrategikan dalam campaign tersebut tak hanya kepada konsumen loyal, tapi juga ke seluruh jaringan pertemanan mereka yang berlapis-lapis. Kini semakin banyak perusahaan yang menyadari kekuatan faktor tenaga kerja paruh waktu menggunakan sistem alihdaya atau outsource. Apakah kini Anda tertarik untuk mengisi lowongan kerja terbaru ini? Dalam kamus community management dikenal dengan istilah menciptakan buzz. Yes, Worker, you are the buzzer!

Salam,
0
7.7K
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan