- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
MEMILIH POM BENSIN YANG JUJUR


TS
mzgalvaso
MEMILIH POM BENSIN YANG JUJUR
Assallamu’allaikum agan2
Jangan lupa
Mungkin massbro semua pernah baca ataupun mengalami sendiri pas beli bensin di salah satu POM merasa takaran kurang ,warnanya gak lazim, atau habis keluar POM , malah motor ngadat gak mau hidup ..mmmm….pasti kesel kan..



Jika agan googling tentang masalah ini…byk yg mamberikan tips-tipsnya.
dan ternyata dari tips-tips tersebut didengar juga oleh pertamina selaku distributor .
Dan berikut ISSUE dan SANGGAHAN dari pertamina lewat FP nya PT.PERTAMINA :
1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Issue :
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding
dengan yang kode 34.
coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic,.pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi
bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak
terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya.
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut,,,di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom bensin 34..bandingkan aja dari sisi
kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis)..
Penjelasannya:
Produk BBM yang diterima oleh setiap SPBU Pertamina berasal dari depot yang sama, dikirim dengan menggunakan mobil tangki dari perusahaan yang sama, dan di SPBU menggunakan peralatan pompa dispenser yang sama sehingga kualitas
produknya pun akan sama.
Jika kita lihat, SPBU dengan kode 31 umumnya tersedia fasilitas seperti mini market, ATM, Musholla, Café, dll lebih komplit sehingga terlihat lebih ramai
sehingga yang perlu dicermati adalah logo PASTI PAS-nya.
Konsumen dapat melaporkan ke call
center Pertamina 500-000 (sesuai kode area) atau pcc@pertamina.comapabila ada SPBU yang tidak melayani dengan baik, terlepas SPBU itu berkode 31 atau pun lainnya.
Pertamina bersama Badan Metrologi juga secara rutin memeriksa keakuratan kuantitas BBM yang
dijual di SPBU tanpa membedakan jenis kepemilikan atau nomor SPBU-nya. Selain itu, aparat kepolisian
secara intensif juga ikut mengawasi kegiatan operasional SPBU, sehingga setiap SPBU tentunya akan memastikan kualitas dan kuantitas BBMnya sesuai dengan standar yang berlaku. Khusus untuk SPBU Pasti Pas, Auditor Independent secara berkala
melakukan inspeksi mendadak untuk ikut memeriksa kualitas maupun kuantitas BBM sesuai dengan
standar. Sehingga kualitas maupun kuantitas BBM di SPBU Pasti Pas tentunya akan sama.
oalah…ngono to…
eithhh…tunggu dulu ini lho ada yg protes :
Komentar dari blog :
* Putu Yasa *
Mohon maaf kalau pendapat saya salah, kalau menurut saya kode nomor spbu tsb sebagai berikut: biasanya
terdapat tujuh digit angka dimana dua angka pertama adalah kode lokasi atau kode daerah (Provinsi), tiga angka selanjutnya adalah kode lokasi daerah tingkat dua (Kabupaten) dan dua angka terakhir adalah nomor urut/ no registrasi atau nomor urut dibangunnya spbu tsb. jadi tidak ada kaitannya antara nomor spbu dan takarannya.
untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke kantor Pertamina Pusat atau cabang terdekat. Terima kasih
* Sutarman Wahyudi *
Yang hoax itu anda pertamina, saya merasakan sendiri koq kalau isi di spbu 31 itu bensinnya putih ga kuning
kaya di spbu 34 uda gitu lebih banyak karna sy bandingkan dengan isi penuh ke penuh. Jadi janganlah membuat hoax baru karena kami masyarakat yg
merasakan. Jangan bilang juga itu oknum karena semua bensin di spbu 34 kuning, kao di 31 putih, silakan
pembaca tes sendiri.
Dan ini salah satu karyawan PASTI PAS menjawab :
* Ukie Zabont JarankPulank *
Waduh…2x, ko pada ribut ya. Hmmm kebetulan saya bekeraja pada instansi yg lagi bapak” bahas ney,
pertama:
spbu dengan kode “31″ itu artinya bagian dr pertamina retail atau spbu yg kepemilikannya langsung dr pertamina
atau bukan perorangan.
Kedua:
apabila handle nozzle
ditarik” yaaah itu sih wajar pasti tujuan operator hanya untuk mencegah bahan bakar meluap dan menyembur keluar dr lubang tangki kendaraan anda, memang untuk bahan bakar premium lebih baik diisi dengan speed sedang dan untuk bbm jenis solar lebih baik diisi dengan speed nozle cepat, mengingat bbm jenis solar memiliki
tekstur lebih kental dibandingkan premium atau pertamax.
Ketiga: hehe… Ini yg sering jd malapetaka yg menyebabkan masyarakat awam sering komplain atau curiga bahkan marah”, yaitu perubahan warna pada bahan bakar. Warna pada bahan bakar ksususnya jenis premium sering berubah kadang putih, kuning, bahkan keruh, baunya jg kadang menyengat, bau got, atau biasa
saja. Apakah kalau begitu indikasi ada kecurangan?
Jawabannya tidak, smua itu terjadi karena bbm menyesuaikan warna dan bau sesuai dgn kondisi suhu atau temperatur yang ada disekitarnya. Demikian mungkin yang dapat saya tambahkan. ingat kecurangan
dlm hal apapun pasti ada tidak perduli itu dalam hal apa, ataupun siapa pemiliknya. Tp ingat jg bahwa telepas dari semua itu msh banyak ko para pekerja yang mau menerapkan kejujuran dalam menjalankan profesi mereka, setidaknya jangan menghakimi mereka dengan ketidak
tahuan kita…. Wasalam.
Nah…udah jelas kan pasti ada pro dan kontra…
agan sendiri gimana …apakah selama ini memperhatikan kode di POM tersebut…atau pernahkah merasa di curangi..??
Terus bagaimana dong membedakan POM yg jujur dan gak jujur…
sumber : klik



Jangan lupa

Mungkin massbro semua pernah baca ataupun mengalami sendiri pas beli bensin di salah satu POM merasa takaran kurang ,warnanya gak lazim, atau habis keluar POM , malah motor ngadat gak mau hidup ..mmmm….pasti kesel kan..



Jika agan googling tentang masalah ini…byk yg mamberikan tips-tipsnya.
dan ternyata dari tips-tips tersebut didengar juga oleh pertamina selaku distributor .
Dan berikut ISSUE dan SANGGAHAN dari pertamina lewat FP nya PT.PERTAMINA :
Quote:
1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Issue :
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding
dengan yang kode 34.
coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic,.pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi
bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak
terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya.
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut,,,di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom bensin 34..bandingkan aja dari sisi
kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis)..
Penjelasannya:
Produk BBM yang diterima oleh setiap SPBU Pertamina berasal dari depot yang sama, dikirim dengan menggunakan mobil tangki dari perusahaan yang sama, dan di SPBU menggunakan peralatan pompa dispenser yang sama sehingga kualitas
produknya pun akan sama.
Jika kita lihat, SPBU dengan kode 31 umumnya tersedia fasilitas seperti mini market, ATM, Musholla, Café, dll lebih komplit sehingga terlihat lebih ramai
sehingga yang perlu dicermati adalah logo PASTI PAS-nya.
Konsumen dapat melaporkan ke call
center Pertamina 500-000 (sesuai kode area) atau pcc@pertamina.comapabila ada SPBU yang tidak melayani dengan baik, terlepas SPBU itu berkode 31 atau pun lainnya.
Pertamina bersama Badan Metrologi juga secara rutin memeriksa keakuratan kuantitas BBM yang
dijual di SPBU tanpa membedakan jenis kepemilikan atau nomor SPBU-nya. Selain itu, aparat kepolisian
secara intensif juga ikut mengawasi kegiatan operasional SPBU, sehingga setiap SPBU tentunya akan memastikan kualitas dan kuantitas BBMnya sesuai dengan standar yang berlaku. Khusus untuk SPBU Pasti Pas, Auditor Independent secara berkala
melakukan inspeksi mendadak untuk ikut memeriksa kualitas maupun kuantitas BBM sesuai dengan
standar. Sehingga kualitas maupun kuantitas BBM di SPBU Pasti Pas tentunya akan sama.
Quote:
2. TUAS HANDLE SELANG DITEKAN-TEKAN OPERATOR SEHINGGA BENSIN LEBIH SEDIKIT.
Issue:
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah
nemuinnya…kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan
tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.
Penjelasannya :
Coba amati bagian dalam ujung handle selang di SPBU. Handle selang BBM saat ini sudah dilengkapi dengan katup sensor yang secara otomatis akan
melepas tuas handle apabila BBM di dalam kendaraan sudah terisi penuh dan menyentuh ujung nozzle. Sehingga menekan-nekan tuas handle
selang tidak berpengaruh terhadap jumlah angka liter BBM yang dikeluarkan, apabila pelanggan
merasa takaran SPBU tidak sesuai, pelanggan dapat melaporkan hal tersebut ke pcc@pertamina.comagar bisa dilakukan inspeksi/pengecekan oleh petugas yang berwenang.
Issue:
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah
nemuinnya…kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan
tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.
Penjelasannya :
Coba amati bagian dalam ujung handle selang di SPBU. Handle selang BBM saat ini sudah dilengkapi dengan katup sensor yang secara otomatis akan
melepas tuas handle apabila BBM di dalam kendaraan sudah terisi penuh dan menyentuh ujung nozzle. Sehingga menekan-nekan tuas handle
selang tidak berpengaruh terhadap jumlah angka liter BBM yang dikeluarkan, apabila pelanggan
merasa takaran SPBU tidak sesuai, pelanggan dapat melaporkan hal tersebut ke pcc@pertamina.comagar bisa dilakukan inspeksi/pengecekan oleh petugas yang berwenang.
Quote:
3. ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA
TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Issue:
Hal ini mengingat bahwa semua SPBU mempunyai
tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin
temperatur maka semakin padat berat jenis bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi secara teori apabila Anda mengisi bahan bakar saat siang dengan suhu udara panas, bahan bakar yang
diisikan ke dalam tangki kendaraan berat jenisnya lebih sedikit.
Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur jenis bahan bakar bensin, diesel dan hingga
ethanol jika terjadi kenaikan suhu 1 derajat saja akan sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tentu
tidak mau memberikan kompensasi karena perubahan temperatur tentunya.
Penjelasannya :
Penyimpanan tangki BBM di dalam tanah bukan untuk memadatkan bahan bakar melainkan bertujuan untuk mengurangi resiko kebakaran dan
mengurangi penguapan BBM. Sama seperti halnya cairan lainnya, bahan bakar dapat menguap pada kondisi panas. Bahkan penguapannya lebih cepat dibandingkan air. Berbeda dengan bahan metal yang dapat mengembang dan kemudian kembali ke bentuk semula. Perubahan temperatur hanya akan merubah berat jenis (densitas) BBM dan kemudian
akan kembali pada saat temperature kembali seperti semula. Sehingga, pengisian BBM pada pada pagi
hari maupun siang hari tidak mempengaruhi volume BBM yang dikeluarkan dari SPBU.
TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Issue:
Hal ini mengingat bahwa semua SPBU mempunyai
tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin
temperatur maka semakin padat berat jenis bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi secara teori apabila Anda mengisi bahan bakar saat siang dengan suhu udara panas, bahan bakar yang
diisikan ke dalam tangki kendaraan berat jenisnya lebih sedikit.
Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur jenis bahan bakar bensin, diesel dan hingga
ethanol jika terjadi kenaikan suhu 1 derajat saja akan sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tentu
tidak mau memberikan kompensasi karena perubahan temperatur tentunya.
Penjelasannya :
Penyimpanan tangki BBM di dalam tanah bukan untuk memadatkan bahan bakar melainkan bertujuan untuk mengurangi resiko kebakaran dan
mengurangi penguapan BBM. Sama seperti halnya cairan lainnya, bahan bakar dapat menguap pada kondisi panas. Bahkan penguapannya lebih cepat dibandingkan air. Berbeda dengan bahan metal yang dapat mengembang dan kemudian kembali ke bentuk semula. Perubahan temperatur hanya akan merubah berat jenis (densitas) BBM dan kemudian
akan kembali pada saat temperature kembali seperti semula. Sehingga, pengisian BBM pada pada pagi
hari maupun siang hari tidak mempengaruhi volume BBM yang dikeluarkan dari SPBU.
Quote:
4. ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH
SETENGAH PENUH.
Issue:
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung
(floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa
dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
Penjelasannya :
Poin yang ini memang ada benarnya, yaitu agar kita tidak menunda-nunda dalam mengisi bensin karena
semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit ruang kosong untuk penguapan BBM dan penguapan dapat
dikurangi. Namun hal yang tidak diketahui adalah bahwa di SPBU ada alat yang cukup canggih yaitu system vapor recovery yang dapat
mengembalikan uap yang mengalir ke dalam tangki BBM sehingga penguapannya dapat dikurangi. Untuk
kepentingan konsumen, sistem pompa dispenser di SPBU sudah dilengkapi dengan flow meter yang berfungsi untuk memastikan volume bahan bakar
yang keluar dari selang sesuai dengan angka penunjuk liter agar kuantitas BBM pun menjadi terjaga. Sehingga janganlah menunda-nunda mengisi BBM hingga tanki kendaraan sampai hampir kosong.
SETENGAH PENUH.
Issue:
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung
(floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa
dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
Penjelasannya :
Poin yang ini memang ada benarnya, yaitu agar kita tidak menunda-nunda dalam mengisi bensin karena
semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit ruang kosong untuk penguapan BBM dan penguapan dapat
dikurangi. Namun hal yang tidak diketahui adalah bahwa di SPBU ada alat yang cukup canggih yaitu system vapor recovery yang dapat
mengembalikan uap yang mengalir ke dalam tangki BBM sehingga penguapannya dapat dikurangi. Untuk
kepentingan konsumen, sistem pompa dispenser di SPBU sudah dilengkapi dengan flow meter yang berfungsi untuk memastikan volume bahan bakar
yang keluar dari selang sesuai dengan angka penunjuk liter agar kuantitas BBM pun menjadi terjaga. Sehingga janganlah menunda-nunda mengisi BBM hingga tanki kendaraan sampai hampir kosong.
Quote:
5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN.
Issue:
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
Penjelasannya :
Standar pompa dispenser untuk Tangki Timbun SPBU telah dilengkapi dengan saringan bahan bakar (fuel filter) yang bentuknya seperti saringan oli (oil
filter) di mobil. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dan menjaga bahan bakar yang keluar dari selang selalu dalam keadaan bersih. Secara prosedur petugas SPBU juga akan mengarahkan
pelanggan untuk mengisi pada Dispenser yang tidak sedang diisi BBM dari Truk Tanki, agar jumlah BBM
yang diterima SPBU dari Truk Tanki memiliki perhitungan yang akurat. Di SPBU terdapat beberapa tangki timbun untuk masing-masing dispenser
sehingga tidak berpengaruh terhadap tangki yang lain. Kalo kita pernah melihat mesin ATM diisi pasti
kita menunggu petugasnya selesai mengisi ATM tersebut dahulu bukan? kita diarahkan menggunakan ATM lain atau menunggu hingga selesai. Analogi
tersebut kurang lebih hampir sama dengan proses bongkar muat BBM di SPBU.
Issue:
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
Penjelasannya :
Standar pompa dispenser untuk Tangki Timbun SPBU telah dilengkapi dengan saringan bahan bakar (fuel filter) yang bentuknya seperti saringan oli (oil
filter) di mobil. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dan menjaga bahan bakar yang keluar dari selang selalu dalam keadaan bersih. Secara prosedur petugas SPBU juga akan mengarahkan
pelanggan untuk mengisi pada Dispenser yang tidak sedang diisi BBM dari Truk Tanki, agar jumlah BBM
yang diterima SPBU dari Truk Tanki memiliki perhitungan yang akurat. Di SPBU terdapat beberapa tangki timbun untuk masing-masing dispenser
sehingga tidak berpengaruh terhadap tangki yang lain. Kalo kita pernah melihat mesin ATM diisi pasti
kita menunggu petugasnya selesai mengisi ATM tersebut dahulu bukan? kita diarahkan menggunakan ATM lain atau menunggu hingga selesai. Analogi
tersebut kurang lebih hampir sama dengan proses bongkar muat BBM di SPBU.
oalah…ngono to…
eithhh…tunggu dulu ini lho ada yg protes :
Komentar dari blog :
Quote:
* Putu Yasa *
Mohon maaf kalau pendapat saya salah, kalau menurut saya kode nomor spbu tsb sebagai berikut: biasanya
terdapat tujuh digit angka dimana dua angka pertama adalah kode lokasi atau kode daerah (Provinsi), tiga angka selanjutnya adalah kode lokasi daerah tingkat dua (Kabupaten) dan dua angka terakhir adalah nomor urut/ no registrasi atau nomor urut dibangunnya spbu tsb. jadi tidak ada kaitannya antara nomor spbu dan takarannya.
untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke kantor Pertamina Pusat atau cabang terdekat. Terima kasih
* Sutarman Wahyudi *
Yang hoax itu anda pertamina, saya merasakan sendiri koq kalau isi di spbu 31 itu bensinnya putih ga kuning
kaya di spbu 34 uda gitu lebih banyak karna sy bandingkan dengan isi penuh ke penuh. Jadi janganlah membuat hoax baru karena kami masyarakat yg
merasakan. Jangan bilang juga itu oknum karena semua bensin di spbu 34 kuning, kao di 31 putih, silakan
pembaca tes sendiri.
Dan ini salah satu karyawan PASTI PAS menjawab :
Quote:
* Ukie Zabont JarankPulank *
Waduh…2x, ko pada ribut ya. Hmmm kebetulan saya bekeraja pada instansi yg lagi bapak” bahas ney,
pertama:
spbu dengan kode “31″ itu artinya bagian dr pertamina retail atau spbu yg kepemilikannya langsung dr pertamina
atau bukan perorangan.
Kedua:
apabila handle nozzle
ditarik” yaaah itu sih wajar pasti tujuan operator hanya untuk mencegah bahan bakar meluap dan menyembur keluar dr lubang tangki kendaraan anda, memang untuk bahan bakar premium lebih baik diisi dengan speed sedang dan untuk bbm jenis solar lebih baik diisi dengan speed nozle cepat, mengingat bbm jenis solar memiliki
tekstur lebih kental dibandingkan premium atau pertamax.
Ketiga: hehe… Ini yg sering jd malapetaka yg menyebabkan masyarakat awam sering komplain atau curiga bahkan marah”, yaitu perubahan warna pada bahan bakar. Warna pada bahan bakar ksususnya jenis premium sering berubah kadang putih, kuning, bahkan keruh, baunya jg kadang menyengat, bau got, atau biasa
saja. Apakah kalau begitu indikasi ada kecurangan?
Jawabannya tidak, smua itu terjadi karena bbm menyesuaikan warna dan bau sesuai dgn kondisi suhu atau temperatur yang ada disekitarnya. Demikian mungkin yang dapat saya tambahkan. ingat kecurangan
dlm hal apapun pasti ada tidak perduli itu dalam hal apa, ataupun siapa pemiliknya. Tp ingat jg bahwa telepas dari semua itu msh banyak ko para pekerja yang mau menerapkan kejujuran dalam menjalankan profesi mereka, setidaknya jangan menghakimi mereka dengan ketidak
tahuan kita…. Wasalam
Nah…udah jelas kan pasti ada pro dan kontra…
agan sendiri gimana …apakah selama ini memperhatikan kode di POM tersebut…atau pernahkah merasa di curangi..??
Terus bagaimana dong membedakan POM yg jujur dan gak jujur…
sumber : klik



Diubah oleh mzgalvaso 02-01-2014 15:50
0
7.3K
Kutip
29
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan