- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
Tips Meningkatkan Kinerja Kelistrikan DC untuk Motor


TS
Chevenine
Tips Meningkatkan Kinerja Kelistrikan DC untuk Motor
Misi agan-agan ane mau ijin share neh semoga ga 
Oke deh langsung saja ke tekapeh

Nah, pertama agan pasti udah pada tau piranti booster kelistrikan premium yang sudah banyak dijual di pasaran kan ? Yap, pengaplikasiannya secara signifikan mampu mengawetkan aki, bikin klakson lebih nyaring, sama bikin lari motor lebih kencang dan bertenaga.
Nah, sekarang kita bakal buat yang fungsi dan kemampuannya sama persis kayak gitu, tentunya dengan modal duit sekitar 1/8 - nya saja? Anda berminat ? Oke..., baca terus.
Pada dasarnya booster kelistrikan adalah bersifat kapasitansi (kapasitor) yang berfungsi sebagai pembangkit daya reaktif. Untuk penjelasan bagaimana kapasitor bisa berpengaruh signifikan pada rangkaian listrik susah untuk ane diterangkan
, yang ada malah mumet kalau belum sama sekali menyentuh ilmu elektronika, tapi kalau emang mau tau lebih detail, monggo
Nah, dari hasil perhitungan rumus dasar
Rumus pertama
cos r = pf = P (kW) / S (kVA)
Rumus kedua
P (kW) = S (kVA) . cos r
yang dijabarkan bla..bla..bla (tadinya niat mau tampilin itungannya disini, tapi tapi takut marai mumet, jadi ya lagsung ajah
), maka ane menemukan bahwa kapasitas kapasitor yang dapat secara optimal mendukung kinerja kelistrikan motor adalah minimal berukuran 10.000 uF (baca: 10.000 mikro farad) Diulang biar ga lupa : 10.000 MIKRO FARAD (masalahnya ente ntar ke toko listrik jgn sampe keliru nyebut, wkwkwk
)
Nah, piranti utama yang bakal kita beli adalah suatu komponen elektronika yang bernama electrolyt capacitor atau elco. Diulang lagi biar ga lupa : ELCO (
), bukan apa-apa soalnya kapasitor itu banyak jenisnya, nah kali ini yang bakal kita beli adalah ELCO kapasitas 10.000 MIKRO FARAD dengan tegangan kerja minimal 50V. ELCO adalah jenis kapasitor DC, dan digunakan disini sebagai booster kelistrikan DC pula.
Balik ke ELCO, nah bentuknya kurang lebih kayak gini nih :
Oke cukup beli 1, harganya sekitar Rp20.000,- s/d Rp40.000,- tergantung merk , lumayan kan kalau dibanding booster kelistrikan sejenis yang bisa diatas Rp200.000,-. Selanjutnya ente jangan lupa juga beli kabel dan konektor untuk menghubungkan kapasitor ke aki. Nah, tinggal merakit. Sambung kaki-kaki ELCO ke kabel, ingat jangan terbalik karena ELCO punya kaki positif dan negatif. Kaki negatif ditandai dengan marking pada badan ELCO berupa strip-strip minus, ente bisa liat dibawah ini :
Nah, kalo udah, tinggal dihubungin deh masing-masing kabel negatif dan positif dari elco ke kutub negatif dan positif aki. AWAS, jgn sampai kebalik, kalau kebalik ELCO bisa MELEDAK. Walaa...,
Done or selesai. Rasakan khasiatnya, josss.... Booster ini akan mengoptimalkan kinerja semua komponen kelistrikan motor yang bertipe DC, ya maka dari itu jika pengapian menganut DC, lari motor bakal jauh lebih joss, sementara kalau lampu-lampu yang menganut kelistrikan DC maka bakal lebih silau menn, termasuk raungan klakson lebih nyaring bunyinya
. Dan hebatnya, pengaruh itu bisa dirasakan langsung setelah anda memasang booster ini. Tapi sementara nggak bakalan ngefek ke rangkaian yang bersifat AC seperti misalnya lampu bagi kebanyakan motor Jepang dan pengapian AC bagi beberapa motor.
Tambahan dari agan2
Maaf klo tritnya berantakan
newbie baru belajar bikin trit 
SEMOGA BERKENAN & BERMANFAAT 
TS ga nolak
TS sangat menolak

Spoiler for barbuk:
Oke deh langsung saja ke tekapeh



Nah, pertama agan pasti udah pada tau piranti booster kelistrikan premium yang sudah banyak dijual di pasaran kan ? Yap, pengaplikasiannya secara signifikan mampu mengawetkan aki, bikin klakson lebih nyaring, sama bikin lari motor lebih kencang dan bertenaga.
Spoiler for XCS Booster:
Nah, sekarang kita bakal buat yang fungsi dan kemampuannya sama persis kayak gitu, tentunya dengan modal duit sekitar 1/8 - nya saja? Anda berminat ? Oke..., baca terus.
Pada dasarnya booster kelistrikan adalah bersifat kapasitansi (kapasitor) yang berfungsi sebagai pembangkit daya reaktif. Untuk penjelasan bagaimana kapasitor bisa berpengaruh signifikan pada rangkaian listrik susah untuk ane diterangkan


Spoiler for Peranan Kapasitor dalam Penggunaan Energi Listrik:
Nah, dari hasil perhitungan rumus dasar
Rumus pertama
cos r = pf = P (kW) / S (kVA)
Rumus kedua
P (kW) = S (kVA) . cos r
yang dijabarkan bla..bla..bla (tadinya niat mau tampilin itungannya disini, tapi tapi takut marai mumet, jadi ya lagsung ajah


Nah, piranti utama yang bakal kita beli adalah suatu komponen elektronika yang bernama electrolyt capacitor atau elco. Diulang lagi biar ga lupa : ELCO (

Balik ke ELCO, nah bentuknya kurang lebih kayak gini nih :
Spoiler for ELCO:
Oke cukup beli 1, harganya sekitar Rp20.000,- s/d Rp40.000,- tergantung merk , lumayan kan kalau dibanding booster kelistrikan sejenis yang bisa diatas Rp200.000,-. Selanjutnya ente jangan lupa juga beli kabel dan konektor untuk menghubungkan kapasitor ke aki. Nah, tinggal merakit. Sambung kaki-kaki ELCO ke kabel, ingat jangan terbalik karena ELCO punya kaki positif dan negatif. Kaki negatif ditandai dengan marking pada badan ELCO berupa strip-strip minus, ente bisa liat dibawah ini :
Spoiler for sisi negatif ELCO:
Nah, kalo udah, tinggal dihubungin deh masing-masing kabel negatif dan positif dari elco ke kutub negatif dan positif aki. AWAS, jgn sampai kebalik, kalau kebalik ELCO bisa MELEDAK. Walaa...,
Done or selesai. Rasakan khasiatnya, josss.... Booster ini akan mengoptimalkan kinerja semua komponen kelistrikan motor yang bertipe DC, ya maka dari itu jika pengapian menganut DC, lari motor bakal jauh lebih joss, sementara kalau lampu-lampu yang menganut kelistrikan DC maka bakal lebih silau menn, termasuk raungan klakson lebih nyaring bunyinya

Tambahan dari agan2
Spoiler for tambahan:
Maaf klo tritnya berantakan




TS ga nolak
Spoiler for ijo-ijo:
Spoiler for or:
TS sangat menolak
Spoiler for merah kotak-kotak:
Diubah oleh Chevenine 11-07-2013 02:51
0
120K
78


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan