Apa itu Semboyan Kereta Api?[ kalau naik kereta pasti kita liat. Tapi apa artinya?
TS
aom.delta
Apa itu Semboyan Kereta Api?[ kalau naik kereta pasti kita liat. Tapi apa artinya?
Selamat sore agan n sist...
Kali ini ane gak akan bahas masalah pramugari, Gambir +16 ataupun popok astronot
Kali ini ane mau bahas Semboyan Kereta Api .
Kita sering liat hal itu tapi tidak tahu apa maksudnya....
selamat membaca
Semboyan kereta api adalah semboyan atau pesan bermakna yang berfungsi untuk memberikan isyarat berupa semboyan tangan, tetap, suara, bentuk, warna atau cahaya yang ditempatkan pada suatu tempat tertentu dan memberikan isyarat dengan arti tertentu untuk mengatur dan mengontrol pengoperasian kereta api.[1] Semboyan kereta api bisa berupa:
perintah atau larangan yang diperagakan melalui petugas/orang, atau alat berupa wujud, warna, atau bunyi meliputi isyarat, sinyal, dan tanda.
pemberitahuan tentang kondisi jalur, pembeda, batas, dan petunjuk tertentu yang ditunjukkan melalui marka.
Berikut ane jelaskan + gambar :
1. Semboyan 1
Spoiler for semboyan 1:
Semboyan 1 mengisyaratkan bahwa jalur yang akan dilewati oleh kereta api berstatus aman, kereta api boleh berjalan seperti biasa dengan kecepatan yang telah ditetapkan dalam peraturan perjalanan.
Maksud petugas PPKA berdiri di peron:
peralatan pengamanan keselamatan tidak akan dilayani pada saat KA lewat di stasiun, karena mengoperasikan peralatan pengamanan lebih cepat dari seharusnya dapat menimbulkan bahaya;
mengawasi KA yang lewat terutama semboyan-semboyan yang diperlihatkan oleh KA tersebut;
mengawasi kondisi rangkaian terutama peralatan yang terdapat di bawah kereta (rangka bawah) terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan yang membahayakan keselamatan perjalanan KA.Masinis melihat PPKA berdiri di peron.
2. Semboyan 2
Spoiler for semboyan 2A:
Semboyan 2A adalah semboyan sementara yang berupa satu bendera hijau atau satu rambu berbentuk bulat yang berwarna hijau yang mengisyaratkan bahwa jalur kereta api yang akan dilewati berstatus kurang aman, kereta api yang melewatinya harus berhati-hati dengan pembatasan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam.
Spoiler for semboyan 2B:
Semboyan 2B adalah semboyan sementara yang berupa dua bendera hijau atau dua rambu berbentuk bulat yang berwarna hijau, atau petugas yang membawa lampu yang direntangkan sejajar dada yang mengisyaratkan bahwa jalur kereta api yang akan dilewati berstatus kurang aman, kereta api yang melewatinya harus berhati-hati dengan pembatasan kecepatan maksimal 20 kilometer per jam.
Spoiler for semboyan 2C:
Semboyan 2C adalah semboyan sementara yang berupa petugas yang membawa bendera hijau atau lampu semboyan yang diayun-ayunkan yang mengisyaratkan bahwa jalur kereta api yang akan dilewati berstatus kurang aman, kereta api yang melewatinya harus berhati-hati dengan pembatasan kecepatan maksimal 5 kilometer per jam.
3. Semboyan 3
Spoiler for semboyan 3:
Semboyan 3 adalah semboyan sementara yang dipasang atau diperlihatkan pada jarak minimum 500 m dari bagian jalan yang berupa :
satu bendera merah,
lampu berwarna merah,
papan dengan rambu bundar berwarna merah,
petugas yang mengangkat kedua tangan di atas kepala, atau
petugas yang mengayun-ayunkan lampu semboyan yang berwarna merah.
Semboyan 3 mengisyaratkan bahwa jalur kereta api yang akan dilewati berstatus tidak aman, kereta api yang akan melewatinya diharuskan untuk berhenti.
4. Semboyan 5
Spoiler for semboyan 5:
Semboyan 5 adalah semboyan tetap yang berupa:
papan merah pada tiang sinyal tidak terlihat;
lengan pada papan sinyal terlihat menyerong;
lengan pada sebelah kanan tiang sinyal menyerong ke atas;
lengan pada sebelah kanan tiang sinyal menyerong ke atas dan lengan lain mendatar;
lampu pada tiang sinyal bercahaya putih ke arah kereta api dan bercahaya hijau ke arah stasiun;
lampu pada tiang sinyal bercahaya putih ke arah kereta api dan bercahaya hijau di atas cahaya putih ke arah stasiun.
Semboyan 5 mengisyaratkan bahwa jalur kereta api yang akan dilewati berstatus aman, kereta api yang akan melewatinya diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan.
5. Semboyan 6
Spoiler for semboyan 6:
Semboyan 6 adalah semboyan tetap yang berupa:
lengan pada papan sinyal terlihat tegak;
lengan pada sebelah kanan tiang sinyal menyerong ke atas di bawah lengan yang mendatar;
papan bundar hijau atau lengan pada sebelah kanan tiang sinyal menyerong ke bawah;
sebagai sinyal muka berarti menunjukkan bahwa sinyal masuk utama "tidak aman";
lampu pada tiang sinyal bercahaya hijau ke arah kereta api dan bercahaya putih ke arah stasiun;
lampu pada tiang sinyal bercahayahijau ke arah kereta api dan bercahaya hijau di bawah cahaya putih ke arah stasiun.
Semboyan 6 mengisyaratkan bahwa jalur kereta api yang akan dilewati berstatus aman, kereta api yang akan melewatinya diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan dengan kecepatan terbatas.
6. Semboyan 7
Spoiler for semboyan 7:
Semboyan 7 adalah semboyan tetap yang berupa:
papan bundar merah pada tiang sinyal;
satu lengan mendatar pada sebelah kanan tiang sinyal;
dua lengan mendatar pada sebelah kanan tiang sinyal;
lampu pada tiang sinyal bercahaya merah ke arah kereta api dan bercahaya putih ke arah stasiun;
dua lampu bersusun yang keduanya bercahaya merah ke arah kereta api dan bercahaya putih ke arah stasiun.
Semboyan 7 mengisyaratkan bahwa jalur kereta api yang akan dilewati berstatus tidak aman, kereta api yang akan melewatinya diharuskan untuk berhenti (lihat pula semboyan 3).
7. Semboyan 8
Spoiler for semboyan 8:
Semboyan 8 mengisyaratkan bahwa kereta api telah mendekati sinyal kereta api masuk utama pada jarak minimum 1.000 meter.
8. Semboyan 10
Spoiler for semboyan 10:
Semboyan 10 adalah semboyan wesel yang berupa:
papan putih berbentuk belah ketupat;
anak panah pada tiang wesel (sejajar dengan sumbu sepur);
terlihat lampu wesel menunjukkan kaca putih atau papan putih persegi di sisi wesel;
terlihat lampu bercahaya putih pada wesel pada tiang wesel atau di sisi wesel (di malam hari).
Semboyan 10 mengisyaratkan bahwa wesel/percabangan jalur kereta api menuju ke sepur lempeng atau lurus, kereta api boleh berjalan dengan kecepatan sesuai dengan yang ditetapkan.
Spoiler for semboyan 11:
Semboyan 11 adalah semboyan wesel yang berupa:
papan hijau berbentuk lingkaran;
anak panah pada tiang wesel menyiku dengan sumbu sepur atau sesuai dengan arah belok sepur;
terlihat lampu wesel menunjukkan kaca hijau atau papan hijau persegi di sisi wesel;
terlihat lampu wesel pada tiang wesel bercahaya hijau atau hijau di sisi putih (di malam hari) (lampu putih menunjukkan arah ke sepur belok).
Semboyan 11 mengisyaratkan bahwa wesel/percabangan jalur kereta api menuju ke sepur belok atau berbelok, kereta api boleh berjalan dengan kecepatan maksimal 30 kilometer per jam.
Spoiler for semboyan 10 dan 11:
Dan dibawah ini ane kasih info untuk Semboyan yang sering agan n sist liat ajah yah.
Spoiler for semboyan 41:
Semboyan 41 adalah semboyan yang dilakukan dengan cara kondektur kereta api membunyikan peluit panjang/suling mulut. Semboyan 41 mengisyaratkan bahwa kereta api diizinkan untuk diberangkatkan. Semboyan 41 biasanya disertai dengan semboyan 35 oleh masinis.
Spoiler for semboyan 40:
Semboyan 40 adalah semboyan yang dilakukan dengan cara PPKA mengangkat tongkat dengan rambu berwarna hijau berbentuk bundar. Semboyan 40 mengisyaratkan bahwa kereta api diizinkan untuk diberangkatkan. Semboyan 40 biasanya disertai dengan semboyan 41 dan disahut dengan semboyan 35 oleh masinis
Spoiler for semboyan 35:
Semboyan 35 adalah semboyan suara yang dilakukan dengan cara masinis membunyikan suling (terompet/klakson) lokomotif secara panjang untuk menjawab kepada kondektur kereta api dan PPKA bahwa kereta api sudah siap untuk diberangkatkan. Kadang juga dibunyikan pada waktu melintas di perlintasan jalan raya atau pada tempat-tempat tertentu untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat agar menyingkir dari rel kereta api.
Spoiler for semboyan 21:
Semboyan 21 adalah semboyan terlihat yang berupa tanda atau lampu berwarna merah pada kedua sisi kanan dan kiri pada akhir rangkaian gerbong kereta api, semboyan ini menandakan bahwa gerbong ini adalah rangkaian terakhir dari serangkaian kereta api.
Spoiler for semboyan 20:
Semboyan 20 merupakan semboyan terlihat yang berupa lampu utama yang menyala pada satu atau tiga titik pada lokomotif kereta api terutama pada malam hari, pada visibilitas yang kurang atau pada situasi yang diperlukan. Semboyan ini berfungsi untuk menunjukkan ujung kepala atau poros awal rangkaian kereta api dan juga berfungsi sebagai tanda atau isyarat bahwa ke mana arah lokomotif sedang berjalan.
Semoga informasi yang ane bagikan ini bermanfaat bagi agan n sit. Maaf kalau informasinya setengah - setengah.....