iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ganti Oli Motor Matic Jangan Lagi Pakai Kompressor, Ini Bahaya-nya Gan!


Rutinitas perawatan motor termasuk matic salah satunya adalah mengganti oli mesin harus dilakukan. Ibarat darah kotor pada manusia oli motor yang sudah menghitam harus diganti dengan oli yang lebuh segar berakibat tarikan lebih enteng dan akselerasi lebih responsif..

Seperti kita tahu ritual mengganti oli motor matic atau jenis lainnya adalah membula drat penampung oli mesin, nah cara yang paling umum dilakukan mekanik adalah dengan menyemprotkan kompressor ke lubang penampungan oli mesin.

Ternyata apa yang selama ini dilakukan, membuang oli dengan kompressor memang lebih cepat dan dianggap lebih bersih tapi kenyataannya tidak demikian gan. Ali-alih mempercepat kerja penggantian oli dan cepat bersih ternyata malah berbahaya bagi jeroan mesin itu sendiri!



Sumber yang saya baca bukan dari sumber kaleng-kaleng salah satu Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) besar di Indonesia mengatakan bahwa mengganti oli dengan kompressor sebaiknya dihindarkan karena saat penyemprotan justru menyisakan udara yang pastinya mengandung air dan udara itu terjebak didalam mesin.

Cara ini sudah berlangsung lama terlebih pengerjaannya lebih cepat diakukan, menjadi kebiasaan yang salah karena jika terus dibiarkan bisa berakibat buruk bagi mesin motor atau mobil kita.

Bahkan sumber yang saya baca menambahkan efek negatif lain selain merusak mesin ada risiko yang lebih buruk yaitu berhubungan dengan salah satu komponen utama mesin, yakni filter oli.



Ketika disemprot dengan kompressor kotoran gram yang tadi sudah terkumpul disaringan filter oli ini akan tersembur lagi keluar, nah keluarnya ini kan sifatnya random bisa masuk ke sela atau celah sempit jeroan mesin kembali.

Nah, dalam jangka panjang serpihan halus gram yang tertinggal ini berisiko membuat mesin cepat keropos. Dalam jangka waktu lama, kotoran ini bisa menyebabkan performa kendaraan jadi ambrol dan kita harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk servis besar.



Lalu bagaimana solusi yang paling aman adalah lakukan ditempat yang bersih (tidak rawan debu) dan jangan menyemprot kompressor dengan tekanan tinggi, asalkan tetap ada kekuatan untuk mendorong sisa oli sudah dirasa cukup, tapi cara paling aman adalah membiarkan oli turun dengan sendirinya lalu masih dalam posisi mesin mati (kontak off) lakukan stater manual (engkol kick starter).

Masih dalam proses membuang oli lakukan kick starter tadi 3-5 kali saja, lalu ulangi langkah ini setelah motor didiamkan selama 10 menit sambil menunggu tetes oli terakhir selesai. Biasanya oli yang keluar hanya sedikit, karena memang sisa oli kotornya tinggal sedikit.




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 24-08-2022 02:49
10mountainflat
indrastrid
septcember
septcember dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.7K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
junaedi1982newAvatar border
junaedi1982new
#2
Quote:

Yes..!!
Selama ini gw kalo ganti oli, ya pake oli baru yang bersegel dan orisinil.
Nggak pernah ganti pake kompresor, gak muat.
Dewa2424
indrastrid
zimbenk
zimbenk dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tutup