amdar07Avatar border
TS
amdar07 
Siap-siap AI Bakal Gantiin Pekerja Call Center dalam Waktu Setahun
#AmdarGanteng



emoticon-Wowemoticon-Wow emoticon-Wow
Halo agan dan sista,
Ane punya kabar buruk buat kalian yang merantau di dunia call center. Nih, K Krithivasan, CEO gede banget dari Tata Consultancy Services (TCS), dia ngomong, loh, bahwa masa depan lo di call center itu bisa jadi bakal jadi kiamat satu tahun lagi. Gak ngeri, nih?



sumber

Jadi begini, menurut Krithivasan, teknologi AI bakal jadi bintang utama di panggung call center. Lo bakal liat nanti chatbot yang dipersenjatai AI bakal menggantikan tugas-tugas manusia di situ. Keren? Atau ngeri?

Gimana caranya AI ini bisa ngalahin tugas-tugas kita, ya? Nah, katanya sih AI jenis yang satu ini, AI generatif, bakal jadi pemain utama. Dia bakal bisa prediksi masalah pelanggan sebelum masalah itu beneran jadi masalah, loh. Terus, dia bisa selesain masalah itu tanpa perlu campur tangan manusia. Jadi, lo bisa bayangin kan, gimana nih, panggilan-panggilan yang masuk ke call center jadi berkurang karena masalah bisa diselesain sama AI sebelum dihubungin ke kita.



sumber

Gak cuma itu, nih, geng. Krithivasan juga ngebayangin bahwa nanti perusahaan-perusahaan bakal pada beralih ke AI ini. Ada cerita nih, ada CEO suatu perusahaan yang akhirnya pecat 90% dari tim supportnya gara-gara AI ini. Tapi, hasilnya emang beneran nggak bisa dianggap enteng. Waktu respons ke pelanggan lebih cepat, masalah juga cepet diselesain, dan yang paling penting, biayanya jauh lebih murah.

Jadi, lo bisa bayangin kan, nih, gimana masa depan lo di call center? Meskipun sekarang belum keliatan banyak PHK di call center, tapi Krithivasan bilang, situasinya bakal beda. Semakin banyak perusahaan yang beralih ke AI, semakin banyak juga karyawan yang bisa dipecat. Hmmm, gak ada yang ngeri, nih?

Gak cuma di satu tempat, geng, bahaya ini bakal ngejar kita semua. Survey bilang, AI bisa gantiin 2 juta kerjaan di Amerika aja tahun 2030. Bayangin deh, ini baru di Amerika, gak kira-kira bakal kayak gimana di Indonesia, di negara lain. Serem, ya?



sumber

Jadi, geng, kayaknya masa depan pekerjaan call center gak secerah yang kita bayangin, nih. Meskipun AI bisa ngebikin lapangan kerja baru di teknologi, tapi dampaknya bisa bikin pengangguran makin parah. Gimana menurut kalian? Siap-siap ngehadepin era AI ini atau masih berharap ada keajaiban yang bisa ngejaga pekerjaan kita di call center? Kalau ada yang punya pendapat, yuk, kita diskusi bareng!
Thanks and see you next thread GanSist.


sumber: ft.com
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Instagram l Facebook

krukov
maxx69
mahardikaakmal
mahardikaakmal dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan