iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kalau Disuruh Pilih, Mau Celengan Ukuran Besar Atau Kecil, Gan?


Tidak dipungkiri, meski zaman sudah modern, transaksi uang bisa dilakukan secara eletronik atau digital nyatanya masih ada orang yang memyimpan uang nya dalam bentuk 'fisik' celengan. Terlihat kurang aman tapi ternyata memiliki tabungan berupa celengan itu praktis seperti menyimpan uang recehan atau uang sisa belanjaan..

Konsep orang menyimpan uang dalam bentuk celengan sekarang ini mungkin mulai berbeda. Kalau zaman dulu celengan itu benar-benar sebagai tempat tabungan utama tapi kalau sekarang sebagai alternatif ke dua, tapi tidak menutup kemungkinan juga uang pokoknya disimpan dalam celengan karena sesuatu hal seperti tidak memiliki rekening di bank, misalnya.

Lalu pertanyaannya sekarang adalah kalau kamu berniat membeli sebuah celengan lebih memilih ukuran yang besar atau kecil dan apa alasannya?

Menurut saya, punya celengan ukuran kecil atau besar sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, intinya tergantung pada tujuan dan preferensi akhir seseorang.




Celengan Ukuran Kecil.

Simpel atau praktis. Celengan kecil lebih mudah di 'sembunyikan' dan dipindahkan, sehingga cocok untuk orang yang sering berpergian atau ingin memudahkan aksesibilitasnya. Selain aman tidak mencolok, teman saya punya prinsip "Biar kecil, yang penting isinya merah semua!"

Lalu, celengan kecil bisa menjadi pilihan yang bagus untuk memulai kebiasaan menabung, karena kita biasanya menyepelekan uang kembalian maka kita bisa mulai dengan jumlah yang kecil dulu seperti uang recehan. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit, uang recehan kalau dikumpulkan pasti jadi banyak. Betul?



Celengan Ukuran Besar.

Celengan ukuran besar pastinya bisa menampung uang lebih banyak, sehingga cocok untuk menabung tujuan jangka panjang, tapi kurang praktis saat disimpan atau dipindahkan karena beresiko diambil orang jahat jika kita tidak pintar-pintar menyembunyikannya.

Orang yang mempunyai celengan ukuran besar itu butuh kesabaran tinggi dan harus tahan terhadap godaan untuk membelanjakan uangnya. Maka supaya isi tabungan dalam celengan ini tetap aman dari 'tangan jahil' sebaiknya beli celengan yang kuat dan sulit untuk diambil isinya.

Celengan ukuran besar bisa menjadi investasi jangka panjang karena kemampuannya bisa menampung sejumlah uang lebih banyak.


Jadi, kalau saya jabarkan diatas kelebihan dan kekuranggan celengan ukuran kecil dan besar sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan tujuan kita sendiri.

Kalau ingin menabung untuk tujuan-tujuan kecil, sekedar iseng maka celengan kecil mungkin lebih cocok. Tapi teman saya lebih memilih celengan kecil tapi isinya 'uang besar' dan lebih aman saat disimpan. Jika kamu punya tujuan besar atau investasi jangka panjang maka celengan ukuran besar mungkin lebih sesuai.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Ai  



siloh
iyan.raambo123
krukov
krukov dan 8 lainnya memberi reputasi
9
340
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan