spaghettimiAvatar border
TS
spaghettimi
Apple to Orange || Manga Lokal yang Menang Penghargaan, Viral, Lalu Terlupakan


Pada bulan Januari tahun 2023, manga Apple to Orange yang dibuat oleh anak bangsa mengikuti kompetisi bulanan Manga Plus Creators by Shueisha. Karya ini menceritakan petualangan Tomo, yakni seorang kasir yang bermimpi menjadi rock star seperti idolanya.

Melawan komik-komik dari berbagai penjuru dunia di kompetisi manga online terbesar itu, Apple to Orange dengan hebatnya berhasil memenangkan Bronze Award. Karena itu, karyanya ini dipublikasikan di Manga Plus. Covernya terletak di tempat yang sama dengan manga-manga yang sudah terkenal seperti Boruto dan One Piece. Bahkan karena diurutkan secara alfabet, Apple to Orange terletak di bagian paling atas.

Jagat maya Indonesia pun menjadi gempar. Banyak orang merasa bangga. Semakin banyak anak bangsa yang tahu dan membicarakan Apple to Orange karya Benishoga. Sayangnya lama kelamaan, pembicaraan itu menghilang.

Apple to Orange saat ini masih berjalan, bahkan bisa dibaca secara gratis. Masih cukup banyak juga pembaca dari seluruh dunia yang tertarik membaca chapter terbaru. Namun, namanya jarang lagi terdengar di jagat maya Indonesia.


BENISHOGA

Benishoga adalah seorang seniman asal Bandung di balik Apple to Orange. Selain itu, ia juga membuat manga lain berjudul Night Fang. Manga buatannya tidak jarang masuk ranking atas dan mendapat penghargaan di Manga Plus Creators.

Untuk mengikuti petualangan pembuatan manganya, silahkan kunjungi akun X miliknya @benish0ga

Karya seninya sangat ciamik, lihat aja beberapa contoh berikut ini (klik show):
Spoiler for Karya Benishoga yang dulu-dulu:

Quote:





APPLE TO ORANGE


Spoiler for Detail:




Spoiler for Sinopsis:




KARAKTER PENTING APPLE TO ORANGE



Spoiler for Tomo:



Spoiler for James Rosario:



Spoiler for Rin:



Spoiler for Brian:





REVIEW


Hanya dilihat dari gambar dan sinopsisnya saja, karya Benishoga nampak sangat keren. Dan memang begitulah perasaan ane saat membaca.

Ane gak ada komplain sama sekali untuk art dan story. Terutama art, betul-betul memanjakan mata lah. Setiap panel rasanya emang dibuat sepuas-puasnya si author, bukan dibuat karena dikejar-kejar deadline. Dan ane harap sih bisa terus begitu.

Pacing juga gak terlalu cepat ataupun lambat, dialognya natural, karakter mudah diingat dan dibedakan, vibesnya juga unik.



Latarnya di perkotaan Indonesia. Mata uang Rupiah, produk-produk yang dipakai oleh karakter-karakter juga Indonesia banget, gak pernah gagal bikin ane nyengir emoticon-Big Grin

Perilaku mereka juga kadang relate dengan kehidupan kita. Ditunjukkan karakter yang bermain TikTok, netizen yang bikin meme, dll. Walau fashion dan bangunan yang ada kadang terasa bukan Indonesia, tapi kalo jujur sih bukan masalah.

Kalau mau dicari-cari kekurangan dari Apple to Orange, ane pun harus mikir lama.

(Soft Spoiler Untuk Chapter 4)
Spoiler for Kekurangan di Chapter 4:



Tapi Kenapa Sekarang Jarang Dibicarakan?

Spoiler for Perkiraan Ane:



Jadi, kesimpulannya? Ane bisa tanpa ragu merekomendasikan kalian untuk segera cek Apple to Orange, atau Night Fang. Klik aja judul di kalimat sebelumnya ini untuk cek. Bisa langsung baca tanpa iklan secara gratis tis tis tis emoticon-coffee

Mari kita bantu dukung karya Benishoga. Bahkan mungkin aja sampai dia menang penghargaan lagi emoticon-siul

Jangan lupa cek ya

Satu support saja sudah sangat membantu
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Diubah oleh spaghettimi 21-04-2024 04:03
bayi.kafir
doughnutzz
doughnutzz dan bayi.kafir memberi reputasi
2
345
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan