pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Pengendara Motor Justru Marah Saat Masuk Jalur TransJakarta


JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini ramai di media sosial pengendara motor yang tampak emosi ke pengemudi bus TransJakarta. Pada video yang salah satunya diunggah akun Dashcam Indonesia, pengendara tadi masuk ke dalam jalur TransJakarta.

Tidak lama pengendara tadi melanjutkan jalan di jalur TransJakarta, di depannya sudah ada petugas yang menilang. Tapi dari video tersebut terlihat hal yang miris, di mana pelanggar aturan kelihatan lebih emosi daripada yang sudah sesuai.

Budiyanto, pengamat Transportasi mengatakan, sudah jelas dalam UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 4, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib mematuhi ketentuan tentang rambu larangan dan perintah.

"Jalur khusus TransJakarta atau busway hanya untuk kendaraan transjakarta, artinya kendaraan lainnya tidak boleh melewatinya, termasuk motor. Apalagi jalur sudah dipasangi rambu dan pembatas dari beton," kata Budiyanto kepada Kompas.com, Jumat (9/2/2024).

Kalau ada pengendara motor yang melewati busway sudah pasti melanggar aturan. Tapi jika sampai emosi, pengendara tadi bisa dibilang punya sikap dan perilaku yang memalukan.

"Sikap dan perilaku pengendara motor sangat memalukan dan menunjukkan begitu rendahnya disiplin dalam berlalu lintas. Sudah salah ngotot lagi," kata Budiyanto.

Budiyanto bilang, pelanggar aturan tadi bisa dikenakan Pasal 287 Ayat 1 UU No. 22 Tahun 2009. Pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

kompas.com
kakekane.cell
jiresh
ushirota
ushirota dan 5 lainnya memberi reputasi
6
772
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan