Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sero.botAvatar border
TS
sero.bot
Kisah Panglima Laot Aceh Dibully Habis-habisan karena Bela Rohingya


SERAMBINEWS.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Panglima Laot Aceh, Azwir Nazar bercerita bagaimana di-bully habis-habisan karena membela pengungsi Rohingya.

Hal itu diceritakannya dalam acara Islamic Civilization in Malay Archipelago Forum (ICOMAF) edisi 23 bertema "Aceh Bersama Palestina, Bagaimana dengan Muslim Rohingya?" di Aula Hotel Syariah Oman Al-Makmur, Banda Aceh, Sabtu (9/12/2023).

Dia mengungkapkan, sebagai alumnus salah satu kampus di Turki banyak ditanya terkait ada anak-anak dari Palestina atau Suriah yang bisa dibawa ke Indonesia untuk dirawat atau dijadikan calon istri.

"Tapi yang (tanya) Rohingya itu belum ada," kata Azwir dalam video yang diunggah TikTok @dr.tosari3 dikutip Selasa (26/12/2023).



"Poinnya apa, itu framing," tambahnya.

Saat ini masyarakat dikatakannya sedang menghadapi framing media yang cukup kuat. Dahulu diceritakannya, orang-orang Aceh tidak masalah menerima pengungsi Rohingya.

Bahkan dia sempat membuatkan puisi kampanye soal mendukung Rohingya hingga dijadikan lagu saat masih di Turki dulu.

Namun akhir-akhir ini, justru berbalik dari yang dulunya simpati menjadi penolakan besar-besaran terhadap pengungsi Rohingya.

Bahkan terjadi gerakan pengusiran Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) dari Aceh.

"Apa karena ada domain politik menggiring bahwa lembaga internasional usir saja dari Aceh, tidak perlu ada IOM dan sebagainya, itu satu sisi ya," kata Azwir.

Baca juga: Rakor YARA Rekom Pemindahan Ibu Kota Provinsi ke Aceh Tengah, Desak Pemerintah Serius Bantu Rohingya

Berdasarkan pengalamannya di internal, ada 18 kabupaten dan 179 Panglima Laot Lhok yang berhadapan langsung dengan Rohingya.

Ketika mendarat di kawasan Pantai Lamnga Gampong (Desa) Baro Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar beberapa waktu lalu, diakui Sekjen Panglima Laot Aceh ini kalau dia langsung menghubungi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Aceh dan Kapolda Aceh untuk penanganan.

"Bang Yus (Yusrizal Kadinsos Aceh) langsung beliau perintahkan Kadis Sosial (kabupaten) datang, maka cepat penanganannya," ungkap Azwir.

"Tapi di lapangan, saya bilang Rohingya adalah saudara kita, saya dibully. Ka cok bak mak ka (ambil ke mamakmu), dibully saya habis-habisan," tambahnya.

Kemudian persoalan lain dikatakannya, masyarakat di kampung pada dasarnya siap menerima bahkan memberikan makan untuk pengungsi Rohingya hingga tiga hari.

Namun persoalannya, pawang-pawang Panglima Laot di daerah dikenakan wajib lapor dan dipanggil-panggil penegak hukum bila ikut menolong, bahkan ada yang tidak bisa melaut hingga dua pekan gara-gara persoalan ini.

"Saya senang hari ini ada yang bela Rohingya, karena di masyarakat kita sudah ter-framing bahwa Rohingya itu sampah, (dianggap) keji sekali," ucap Azwir.

Sekjen Panglima Laot Aceh ini juga menawarkan solusi agar nelayan di Aceh mendapatkan proteksi.

Karena para nelayan ini diungkapkannya, adalah orang yang berada di garda terdepan mendapatkan informasi bila pengungsi Rohingya datang.

"Kalau dalam hukum adat laut yang kita perjuangkan, kambing saja terapung-apung masih hidup di laut, wajib tolong," kata Azwir.

“Nelayan kita takut bantu, semuanya serba salah, dilaporkan. Dilema, kita bantu nanti ditangkap dan diperiksa,” imbuhnya.

Kemudian solusi jangka panjang, berdasarkan pengalamannya melihat pengungsi Suriah di Turki, perlu didorong pembicaraan yang lebih serius ke level Kementerian Luar Negeri

"Level kita ini hanya perlu koordinasi dan kampanye kayak gini, itu saudara seiman kita, bukan pergi tur ke Aceh dan segala macam," kata Azwir.


Save Muslim Rohingya


kalau barang bagus dari suriah dan palestina, ada aja yg dijadikan istri emoticon-thumbsup
kalau barang reject, sampai sekarang tidak ada yg dijadikan istri emoticon-Ngakak


membantu saudara seiman dan mengangkat derajat wanita tergantung kualitas emoticon-Wakaka



panglima laot sok2an pula teriak2 membela saudara kita,
sudah benar rakyat aceh suruh taruh muslim rohingya dirumah emak nya panglima laot emoticon-thumbsup
Diubah oleh sero.bot 27-12-2023 00:45
sweetjulia
glass69
danusetyo
danusetyo dan 3 lainnya memberi reputasi
4
674
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan