the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Cara Makan Gus Miftah Sambil Mengangkat Kaki Dianggap tak Beretika



Pendakwah Gus Miftah diserang netizen gara-gara ikut mengomentari soal etika calon presiden Anies Baswedan. Perlu diketahui Gus Miftah adalah pendukung capres Prabowo Subianto.

Pernyataan Gus Miftah yang menyoal etika Anies Baswedan ini disampaikan saat bertemu para kiai kampung se karisidenan Kediri di Pondok Pesantren Al Kamal Kunir, Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, Jumat (15/12/2023).

“Coba lebih tidak beretika mana, ketika Mas Prabowo menerima putusan MK dengan menjadikan Mas Gibran sebagai Cawapres, dengan majunya Mas Anies sebagai Capres yang dulu beliau jadi Gubernur diangkat oleh Pak Prabowo mengeluarkan uang ratusan miliar kemudian Mas Anies berjanji tidak akan maju sebagai Presiden kalau Pak Prabowo sebagai Presiden,” kata Gus Miftah.



Pernyataan Gus Miftah ini dianggap menyerang Anies Baswedan. Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji ini membantah hal itu. Ia mengatakan, pernyataan itu keluar karena menjawab pertanyaan para kiai tentang etika saat debat capres.

Gus Miftah mengaku hubungannya dengan Anies Baswedan sejauh ini baik. Bahkan mereka masih saling mengirim pesan lewat aplikasi WhatsApp (WA).



Gara-gara pernyataannya itu, sejumlah netizen menyerang Gus Miftah dengan menyebarkan video Gus Miftah saat makan bersama sejumlah rekannya.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat Gus Miftah mengangkat kaki kanannya saat makan di meja makan. Sementara di hadapannya ada sejumlah orang.

Cara makan Gus Miftah mengangkat kaki ketika makan bersama orang lain ini dianggap tidak beretika. Gus Miftah disebut tidak memiliki adab.


"Adab dan etika itu gk bs dibeli pake apapun Adab dan etika itu common sense yg hadir dari ahlak dan budi pekerti," tulis akun @_BungHerwin di platform X.

Video ini menimbulkan pro kontra di kalangan netizen. Ada yang setuju menganggap Gus Miftah tidak memiliki etika saat makan.

Namun ada juga netizen yang memberikan pembelaan. Menurut netizen, cara makan Gus Miftah sambil mengangkat kaki kanan itu sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW.

Dalam salah satu video ceramah Buya Yahya disampaikan bahwa cara makan dengan mengangkat kaki kanan bukan diambil dari hadis Nabi Muhammad SAW tapi dari penjelasan Ibnu Hajar Al Asqalani dalam syarah Bukhari.

Dikutip dari website PCNU Ponorogo ditulis bahwa Imam Bukhari pernah meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Juhaifah radhiyallahu’anhu. Beliau berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Aku tidak makan sambil duduk itka’.”

Imam Nawawi berkata bahwa makna hadits di atas, ‘Aku tidaklah makan makanan seperti orang yang ingin banyak makan lalu dia mengambil posisi duduk yang nyaman. Namun aku duduk seperti orang yang akan bangkit serta makan sedikit.” (Syarh Muslim).

Salah satu penjelasan cara duduk Nabi Shallahu’alaihi wa salam ketika makan adalah duduk di atas kaki kiri dan kaki kanan ditegakan.


https://riau.suara.com/amp/read/2023...ya-dalam-islam

Gak masalah
buatbarulagi
didududi
aldonistic
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4
992
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan