cino.Avatar border
TS
cino.
Anies: Panggil Aku Pak Yo!


Jakarta, KABNews.id – Dengan senang hati, Anies Baswedan menerima pemberian nama Yohanes dari seorang pendeta bernama Robert saat berkunjung ke Sentani, Jayapura, Papua, medio Desember lalu. Kini, nama mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjadi Yohanes Anies Baswedan. Yohanes memang padu-padan dengan Anies, sehingga terdengar ritmis.

Yohanes! Nama ini biasanya dipakai sebagai nama baptis ketika seseorang menjadi Nasrani. Maklum, Yohanes Pembaptis dikenal sebagai tokoh yang berseru-seru di padang gurun, “Luruskan jalan bagi Tuhan”, sehingga namanya pun paling banyak dijadikan sebagai nama baptis. Juga, kalau tidak salah, nama salah satu surat di dalam Injil, kitab suci umat Nasrani.

Pertanyannya, mengapa nama Yohanes dilekatkan dengan Anies Baswedan yang seorang Muslim, dan penerimanya pun senang-senang saja?

Antara Pluralisme dan Pluralitas

Entah apa yang berkecamuk dalam benak Anies Baswedan saat menerima pemberian nama itu. Sebab, mustahil dia tak paham makna toleransi beserta batas-batasnya, yakni Surat Al Kafirun ayat (6) yang berbunyi, “lakum dinukum waliyadin”, yang artinya, “untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku”.

Bagaimana Jika Lawan Politik?

Pertanyaannya, bagaimana jika kandidat capres lainnya, katakanlah Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto, diberi nama serupa yang bernuansa Nasrani, baik oleh komunitas warga di Papua, Maluku, NTT, Sulut, atau Sumut di mana mayoritas pemeluk Nasrani tinggal di sana, apakah para pendukung fanatik Anies Baswedan tidak akan “mencak-mencak” dan kemudian beramai-ramai mengeluarkan “fatwa haram” untuk memilih Ganjar atau Prabowo?

Kita tidak tahu pasti. Yang jelas, seorang pendukung fanatik Anies, Novel Bamukmin, sudah melancarkan pembelaan bagi Anies. Menurut dia, meskipun Yohanes adalah nama baptis, namun Anies ia sebut tidak meyakini hal itu, sehingga tidak ada masalah.

Kalau sudah begini, akhirnya semua menjadi relatif, absurd, nisbi.

Sumber

Tiap pemilu ada aja yg begitu, pemilu lalu kita dikejutkan jokowi yg ternyata anak oey hong liong dan wie jok nam. Pemilu ini Pak Yo emoticon-Bingung
pilotproject715
bukan.bomat
tritomchan
tritomchan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
532
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan