GemaindAvatar border
TS
Gemaind
JK: Eropa Terima Jutaan Pengungsi, Masa Kita Tak Bisa Terima Ribuan Rohingya


Jakarta - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) mengomentari terkait masuknya gelombang pengungsi Rohingya ke Indonesia. JK menyinggung bahwa negara-negara di Eropa menerima jutaan pengungsi.
"Kalau di Eropa saja pengungsi itu diterima jutaan, masa kita ribuan tidak bisa menerimanya," kata JK setelah menghadiri pengukuhan Wali Nanggroe Aceh di DPR Aceh, seperti dilansir detikSumut, Jumat (15/12/2023).

JK juga sempat menyinggung sila kedua Pancasila yang menyebutkan bahwa kemanusiaan yang adil dan beradab. Menurutnya, pengungsi yang ditampung itu juga harus menjadi tanggung jawab internasional.

"Mereka (pengungsi) juga harus menyesuaikan diri dengan adat istiadat di sini," jelasnya.

Lebih lanjut, JK mengatakan Indonesia pernah dihormati saat menampung pengungsi Vietnam dengan alasan kemanusiaan. Para pengungsi disebut merupakan orang-orang susah.

"Dulu kita menampung 250 ribu pengungsi Vietnam dan itu Indonesia sangat dihormati," ujarnya.

Komen TS

Kami umat Islam sangat mendukung pernyataan Bapak JK. Himpunan Ulama Dayah Aceh pun dulu pernah menyatakan Aceh siap menerima semua pengungsi Rohingya.

Masyarakat Aceh harus melindungi Rohingya yang notabene umat Islam yang sedang tertindas. Kalau masyarakat Aceh tidak mau menerimanya, maka Kami Umat Islam di Sulsel dibawah kepemimpinan Bapak JK akan siap menerima berapapun pengungsi Rohingya.
Diubah oleh Gemaind 17-12-2023 07:17
jakenesse
viniest
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 18 lainnya memberi reputasi
15
1.6K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan