toarzanAvatar border
TS
toarzan
Viral, Wali Kota Semarang Bagikan Motor ke 177 Lurah Anggaran Rp8 Miliar



TRIBUNJOGJA.COM - Momen ketika Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita membagikan 177 unit sepeda motor dinas untuk lurah viral di media sosial.

Pembagian itu dilakukan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Rabu (29/11/2023).

Viral itu terjadi karena warganet menghitung secara rigid berapa dana yang dibutuhkan untuk membeli 177 unit sepeda motor tersebut dan anggaran yang seharusnya dikeluarkan.

“Satu Vario kira-kira Rp29 juta. Kalau dikalikan 177 unit cuma Rp5,1 miliar. Sisanya Rp2,8 miliar kemana?” tanya netizen di kolom komentar Instagram.

Momen pembagian sepeda motor itu tidak hanya dibagikan di satu akun Instagram saja, tapi di banyak akun.


Dengan begitu, ada banyak komentar serupa di kolom komentar unggahan.

Mbak Ita pun menjawab kegunaan anggaran tersebut ternyata tidak hanya untuk pembelian sepeda motor saja, tapi juga kebutuhan lain.

Mengutip Kompas.com, Mbak Ita meminta maaf atas kesalahannya karena tidak menjelaskan rincian anggaran sebesar Rp8 miliar.

“Saya mohon maaf atas kesalahan informasi tersebut. Saya ingin meluruskan bahwa anggaran Rp 8 miliar tidak hanya digunakan untuk pengadaan sepeda motor saja, tetapi juga kebutuhan rumah tangga lain untuk pelayanan masyarakat," kata Mbak Ita dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Berikut fakta-fakta tentang pengadaan sepeda motor untuk para lurah di Kota Semarang, Jawa Tengah:

1. Anggaran pengadaan Rp7,931 miliar

Mbak Ita mengatakan, klarifikasi tersebut juga terkait anggaran pengadaan yang ditetapkan senilai Rp7,931 miliar.

Dia mengaku, besaran anggaran tersebut dibacakan secara keseluruhan, sehingga menimbulkan pertanyaan.

"Melihat dari berita-berita yang mungkin viral, saya mungkin membacanya keseluruhan Rp 7,931 miliar. Sementara itu, anggaran tiap sepeda motor mengacu pada harga dealer Rp 26.566.732. Dengan demikian, total anggaran Rp 4.702.311.564," ujarnya.
Adapun pembacaan total anggaran untuk pengadaan 177 unit sepeda motor Honda Vario 160 CC itu dilakukan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Rabu (29/11/2023).

2. Pemkot Semarang juga adakan barang kepentingan masyarakat

Selain sepeda motor bagi 177 lurah se-Kota Semarang, Bagian Rumah Tangga Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga melakukan pengadaan barang untuk kepentingan masyarakat, seperti pakaian dinas, TV LED, dan alat pemadam api ringan (APAR).

https://jogja.tribunnews.com/2023/12...t-hitung-rigid

Basah😝
Diubah oleh toarzan 06-12-2023 12:21
0
350
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan