auroraborealis.Avatar border
TS
auroraborealis.
Teliti, GanSis! Ada Penipuan Pake Website Palsu Yang Hampir Sama Persis, Lho!


Halo GanSis! Apa kabar nih? Moga baik-baik semua, ye! Balik lagi sama ane auroraborealis. Kali ini, ane mau bahas soal penipuan lagi nih. Kemaren kan ane bahas soal PDF palsu sama QR Code palsu. Nah, kalo sekarang ane mau bahas soal penipuan yang pake website palsu! Disimak ya Agan Sista!

Dengan kemajuan teknologi, pelaku cyber crime makin kreatif buat cari cara untuk melancarkan aksinya. Kalo kemaren ane bahas mereka manfaatin QR code sama file PDF, ada juga loh pelaku yang nyiapin sebuah websitepalsu, yang mirip banget sama website aslinya dan susah buat dibedain kecuali kita teliti. 

Nah, kalo di dunia IT, hal-hal kayak gini punya istilah. Namanya punycode, yang artinya adalah huruf atau karakter yang ada di dalam alamat website resmi diganti dengan jenis huruf atau karakter unicode lain yang mirip. Jujur, ini sih serem banget!

Soalnya, si punycode ini gampang banget ngecoh kalo kita gak teliti. Tujuannya adalah bikin korban masuk jebakan website palsu atau memasukan malware berbahaya ke ke dalam perangkat korban. Ketika kalian masuk ke dalam website tersebut, nantinya kalian bakal diminta buat input data-data krusial & ujungnya, mereka bakal mencuri data korban yang bakal dipake buat menguras seluruh uang dari korban ataupun kejahatan lainnya. 



Apa Sih Punycode Ini?
Mungkin buat Agan dan Sista yang belum familiar sama punycode, ane jelasin dikit yak. Punycode seringnya dibikin pake alphabet Cyrillic, yang dipake di rumpun bahasa Eurasia (Ukraina, Russia, Czech, dan Eropa timur pada umumnya). Bentuk karakter abjadnya mirip sih sama huruf latin. Makanya, kalo gak teliti tuh kita bisa dikelabui dengan mudah sama para pelaku penipuan yang sengaja masukin alphabet Cyrillic dalam aksinya melakukan kejahatan siber. 

Di dunia IT, soal punycodeitu emang udah jadi kekhawatiran lama. Soalnya, kasus penipuan yang berkaitan sama si alphabet Cyrillic ini emang lagi marak banget, GanSis. Bukan cuma alphabet Cyrillic aja, tapi para penipu itu juga pake alphabet lain, kayak alphabet Jepang, China, Thailand, Yunani, dan lain sebagainya.

Nih, alphabet Cyrillic yang sering banget diganti tuh adalah huruf ‘a.’ Soalnya, huruf ‘a’ ini bentuknya mirip sama alphabet Cyrillic yaitu “ɑ.” Kalo kita gak teliti dan cuma ngeliat sekilas aja, udah pasti terkecoh karena emang semirip itu! 

Contohnya nih, kasus penipuan website KlikBCA. Keliatannya sama persis, tapi kalo diklik, link dengan punycode bakal membawa korban ke website yang udah dirancang sedemikian rupa sebagai website palsu. Malahan, pada perangkat-perangkat tertentu, alamat website [url]https://www.klikbca.com[/url] yang ditampilkan tuh benar-benar keliatan sama persis!

Nah, kalo korbannya gak sadar kalo itu bukan website asli, dia pasti akan masukin semua data yang dibutuhkan buat login ke akunnya di website itu. Data-data itulah yang nantinya bakal dipake sama hacker buat mengakses rekening korban dan ngambil uangnya di dalam rekening. 

Terus, apa sih ciri dari website palsu ini? Langsung aja ane kasih tau ya, Agan dan Sista!

Coba copy-paste alamat website yang mau kalian tes keasliannya. Kalo cuma di copy-paste ke WhatsApp atau ke media sosial lain, biasanya bakal keliatan sama aja. Tapi, kalo kita copy-paste ke browser terpercaya, biasanya bakal langsung terdeteksi jika memang URL website yang kita copy-paste itu bukan situs resmi. Contohnya kek gini ya, guys!



Nah, soal kesamaan antara website dengan punycode dan website asli di beberapa perangkat, biasanya bisa diidentifikasi dengan cara seperti ini ya, Agan dan Sista. Kalo website asli ketika dipaste, biasanya akan langsung berubah warna text menjadi biru, karena ada hyperlink otomatis dan bisa diklik. Sementara website yang punya punycode biasanya akan tetap berwarna hitam dan gak bisa diklik.



Bahas ciri-cirinya udah nih GanSis. Sekarang, kita bahas gimana sih caranya buat terhindar dari website-websitepalsu itu, yes! 

Ciri-cirinya kita lanjut di komen ya, GanSis!



atumiwa33
atumiwa33 memberi reputasi
1
1.9K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan