Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Canggih, Alat Pintar Ini Bisa Deteksi Pakaian Dari Bahan Asli Atau Palsu


Adakalanya kita membeli sebuah pakaian harus mengetahui dan memeriksanya secara langsung pakaian yang ingin kita beli, yang kata penjualnya terbuat dari bahan katun ternyata tidak, dan kita sebagai orang awam bisa jadi tertipu setelah sampai rumah.

Persoalannya akan semakin berlarut saat pakaian yang kita kenakan jadi tidak nyaman, bentuk yang tidak menarik, mudah rusak yang pada untinya tidak sesuai dengan harapan kita. Ingin tampil terbaik dimuka umum malah jadi resah karena pemilihan bahan pakaian yang salah akibat tertipu oleh modelnya saja.

Membeli pakaian pun zaman sekarang seringnya orang online, tentu saja ini sedikit rawan karena jika penjualnya tidak memberikan deskripsi bahan pakaian dengan benar atau minim informasi membuat calon pembeli rentan miss infomasi atau merasa tertipu dengan barang palsu.



Bahkan ada penjual yang sebenarnya sudah detail memberikan deskripsi produknya ternyata menipu, dibilangnya bahannya cotton 100% tapi ternyata hanya 75%. Inilah salah satu alasan kenapa kita tidak boleh sepenuhnya percaya belanja secara online.

Saya pribadi untuk urusan membeli barang elektronik, makanan-minuman sampai pakaian lebih memilih mendatangi toko fisiknya karena lebih leluasa memilih, merasakan dan memeriksa langsung kualitas bahannya bagus atau tidak, model yang kekinian buat saya nomor 2, nomor 1 nya adalah kualitas bahannya apakah nyaman dipakai atau tidak.

Nah, buat kamu yang cara belanjanya seperti saya lebih memilih belanja secara offline di toko fisik pasti akan semakin senang jika memiliki sebuah alat canggih satu ini. Bagaimana tidak, lah wong alat mungil ini bisa membedakan kualitas sebuah kain bagus atau tidak.

Cara kerjanya pun sangat simpel dengan terhubung ke sebuah smartphone yang sudah diinstal aplikasi alat ini kita bisa mendeteksi dan menganalisa kandungan kain yang akan kita beli. Hasil dari analisa dan mengurai kandungan serat kain tersebut aplikasi ini akan memberitahukan kita rincian bahan tersebut lewat smartphone.



Sebagai sebuah alat pintar dan modern tentu saja sudah didukung oleh teknologi Artificial Intellgence (AI) sehingga nilai keakuratan sebuah analisa kualitas kain jadi sangat baik. Kita jadi mudah membedakan kain itu bagus atau tidak pada sebuah pakaian, tidak tertipu lagi juga praktis dan efesien, cukup lewat smartphone kita.

Teknologi yang dikenal sebagai spektroskopi sebenarnya telah lama ada tapi biasanya digunakan untuk menganalisis sesuatu mulai dari kadar wiski hingga jejak darah yang tertinggal di TKP. Sekarang peneliti di Institut Fraunhofer untuk Mikrosistem Fotonik (IPMS) di Dresden, Jerman mulai mengembangkan spektograf yang dapat menganalisis berbagai bahan tekstil dan menentukan susunannya.

Alat Spektroskopi ini bekerja dengan sinar infra merah (NIR)dibantu AI. Cara kerjanya (detailnya bisa cek di sumber yang saya sertakan.)didekatkan ke suatu kain lalu alat ini akan mengeluarkan cahaya infra merah hingga lapisan serat kain. Dengan kepintarannya perangkat ini membagi cahaya menjadi panjang gelombang berukuran antara 950 dan 1.900 nanometer, lalu mengubahnya menjadi sinyal listrik yang kemudian data di analisa smartphone.

Hasil dari analisa lalu dikumpulkan dan dikelompokan dan di cocokkan dengan database, sistem AI kemudian dengan cepat memberikan hasil dan mendeskripsikan bahan utama yang tersusun di setiap serat bagian kain. Dengan smartphone berteknologi AI kita bisa dengan cepat medapatkan hasilnya apakah pakaian: dasi, kaus kaki, mantel, selimut, syal dan lainnya yang kita pilih sudah sesuai dari bahan katun kah, khasmir kah, sutra kah atau lainnya termasuk mengetahui dan perawatan jenis kain yang labelnya telah hilang karena pemakaian.

Lebih jauh sumber yang saya baca mengatakan pemanfaatan teknologi ini bisa digunakan dalam skala yang lebih besar seperti di pabrik daur ulang pakaian yang biasa memisahkan banyak ragam bahan kain untuk di sortir dan diolah kembali sesuai jenisnya dengan waktu lebih praktis dan lebih cepat.

Menarik bukan?






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp | img : fraunhofer, 24ora 


Diubah oleh iskrim 27-10-2023 04:23
ebureg
ufo60
isdiantoawak
isdiantoawak dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan