amekachiAvatar border
TS
amekachi
21 Tahun Lepas dari Indonesia, 7 Kemajuan di Timor Leste: Tidak Seperti yang Diungkap
Setelah 21 Tahun Lepas dari Indonesia, 7 Kemajuan Cukup Signifikan di Timor Leste: Tidak Seperti yang Diungkapkan oleh Sebagian Warganet Gansist!








Mengambil sumber dari salah satu media di Indonesia, ternyata perkembangan di negara tetangga RI ini sekarang mulai tumbuh dengan cepat ya gansist. Ini artinya tidak sama dengan komentar-komentar netizen di berbagai media tentang Timor Leste yang katakan makin terpuruk sejak berdiri, menjadi negara sendiri lepas dari Indonesia.

Negara yang terkenal dengan nama tokohnya Xanana Gusmao ini memang cukup aktif terlibat dalam kegiatan antar negara dengan wacana terbarunya adalah akan ikut serta Pertemuan Tingkat Tinggi Negara Kepulauan atau Archipelagic and Island State (AIS) 2023 pada 11 Oktober nanti di Bali.


Quote:





Itulah 7 usaha dan fakta tentang perkembangan yang menggembirakan dari Timor Leste gansist, semoga semakin lancar dan maju.

Saya sendiri punya teman orang Timor Leste namun WNI serta telah lama tinggal di Indonesia dan tidak seperti yang diungkapkan oleh netizen ya, orang timles itu giat, pekerja keras dan ulet dalam bekerja.

Pernah suatu ketika karyawan pada protes tentang kenaikan gaji karena pabrik disebelahnya juga gaji buruh dinaikkan, dia hanya berbicara:

"Terserah gimana perusahaan aja lah!"emoticon-Big Grin


Quote:





Pada tahun 1859, terjadi perselisihan antara Portugis dan Belanda, yang saat itu menguasai bagian barat Pulau Timor. Perselisihan ini diselesaikan melalui perjanjian yang mengakibatkan bagian barat Pulau Timor menjadi wilayah jajahan Belanda. Namun, Portugis tetap menguasai Timor Timur, bagian timur Pulau Timor.

Pada tahun 1975, Indonesia mulai menganeksasi wilayah Timor Timur, setelah mendapatkan masukan dari beberapa tokoh di wilayah tersebut. Timor Timur secara resmi menjadi provinsi ke-27 Indonesia pada tahun 1976, dan namanya pun berubah menjadi Timor Timur.


Quote:





Sejarah panjang Timor Leste mencerminkan perjalanan yang sulit dan perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Meskipun Timor Timur pernah menjadi bagian dari Indonesia, sekarang Timor Leste dikenal sebagai negara yang merdeka dan diakui secara internasional.

Patut diacungkan jempol kegigihan bangsa ini untuk tetap mandiri dan berdikari, kalau ada warga sana yang beranggapan bahwa negara Timor Leste suatu saat nanti akan sehebat Singapura ya wajar saja sih, namanya juga harapan dan cita-cita dari salah satu warga negaranya. Semoga saja impian mereka terkabul, walau secara geografis agak susah tapi tekad dan kerja keras pasti akan bisa mewujudkannya!

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

1
anangherman
ahlimiliterahli
aleksandronesta
aleksandronesta dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.5K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan