Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Terjawab, Lebih Aman Mana Kurang Angin Atau Kelebihan Angin?


Salah satu bagian kendaraan terpenting baik di motor atau mobil adalah ban. Setiap ban harus diisi angin dengan tekanan sesuai anjuran pabrik, dimana anjuran ini bisa dilihat dari angka yang tertera di stiker yang biasanya menempel di dekat dek motor atau pilar B mobil sisi driver

Berbicara tekanan angin yang sesuai ternyata masih banyak pengguna kendaraan tidak mau tahu atau kurang peduli dengan tekanan angin ban kendaraannya. "Tambah angin bang.." itu biasanya keluar dari mulut pengendara di pinggir jalan.

Karena ketidak tahuan banyak pengendara tidak merinci secara detail berapa angin yang dibutuhkan dan diperparah pompa angin jasa pengisian pinggir jalan juga tidak memiliki petunjuk angka tekanan sebagai panduan yang sesuai dengan kebutuhan setiap ban.



Akibatnya setelah pengisian selesai pengendara dan tukang jasa isi angin hanya mengandalkan filling mereka saja, sudah cukup atau kelebihan angin, kalau kurang ditambah.. kalau kelebihan ya tinggal dikurangi anginnya, sesimpel itu. Ini sering terjadi di daerah-daerah terutama pengendara dan penyedia jasa yang minim literasi dan wawasan padahal hal ini menyangkut faktor keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Jadi hal yang harus benar-benar diperiksa sebelum kendaraan berjalan adalah memperhatikan kondisi semua ban yang berkaitan dengan tekanan angin ban. Tekanan angin ban harus selalu sesuai dengan petunjuk angka yang tertera di stiker angin, meskipun dalam keadaan darurat sekalipun pastikan melakukan pengisian angin ban yang sesuai.

Lalu timbul pertanyaan, jika dalam kondisi mendesak dan tidak ada alat ukur tekanan angin yang proper sebaiknya mengisi angin yang pas seperti apa, membiarkan ban agak kempes atau justru kelebihan angin saja?

Berdasarkan sumber yang saya baca ban yang tekanan anginnya kurang memang terasa nyaman, terasa empuk saat melewati permukaan jalan yang tidak rata, cukup aman saat meluntas di permukaan jalan yang licin karena permukaan tapak ban menempel lebih lebar ke aspal, tapi resikonya adalah kendaraan jadi boros bensin, ban beresiko pecah dijalan, memperpendek usia pakai ban.



Sedangkan jika ban memiliki kelebihan angin terasa kurang nyaman karena ban jadi tidak terlalu lentur saat melewati permukaan jalan yang tidak rata, kendaraan rawan selip dan tergelincir juga kendaraan beresiko berjalan seolah melayang karena tapak ban hanya sedikit menyentuh permukaan aspal.

Jadi menjawab pertanyaan mana lebih aman; ban kurang angin atau kelebihan angin jawabannya adalah lebih aman kelebihan angin, lalu solusi terbaiknya segera mencari tempat pengisian angin yang proper agar tekanan angin ban kembali sesuai dan bekerja prima disegala situasi dan kondisi jalan. Selamat sampai tujuan, aamiin.






Thread © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp| img : gugel 


Diubah oleh iskrim 20-09-2023 15:30
screamo37
mnurbayyanu
sandiforward229
sandiforward229 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.9K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan