harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Makin Ngaco! Usai Didemo, Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Mengaku Komunis!

Sumber Gambar

Seperti yang sudah sering TS bahas, Pondok Pesantren Al-Zaytun merupakan tempat yang banyak diberitakan usai berbagai kontroversi dan hal-hal nyeleneh di dalamnya. Pondok Pesantren asal Indramayu tersebut memiliki banyak perbedaan dari pondok pesantren kebanyakan. TS pun sudah pernah membahasnya di thread lain.

Mereka kerap mengajarkan hal-hal yang tak lazim kepada santrinya dan tentu berbeda dengan ajaran agama Islam yang sewajarnya. Mulai dari salam agama lain hingga yang paling mencengangkan adalah diizinkannya berzina asalkan membayar uang 2 juta. Hal ini lantas membuat banyak orang resah hingga MUI pun turun tangan melakukan penyelidikan.

Sebelum MUI, Ustad Abdul Somad sudah lebih dulu mengkritik Panji Gumilang selaku pimpinan ponpes di sana. Bahkan ustad yang akrab disapa UAS itu menyerukan agar Panji Gumilang ditangkap karena menyebarkan ajaran sesat. Dan tampaknya, keresahan ini pada akhirnya sampai ke masyarakat yang sempat mendemo ponpes tersebut.


Sumber Gambar

Warga Indramayu pun berdatangan ke depan ponpes tersebut untuk mendemo ajaran ponpes yang dinilai jauh dari ajaran Islam. Kontroversi yang dibuat ponpes ini sudah tersebar di mana-mana. Nama Panji Gumilang kini muncul di headline portal-portal berita online. Karena selain nyeleneh, ponpes ini juga bisa dibilang misterius.

Ada yang menyebut bahwa ajaran Panji Gumilang yang aneh ini karena ia lebih mengagumi Kitab Perjanjian yang disebut sebagai kalam Allah ketimbang Al-Quran yang hanya kalam Nabi. TS sendiri tidak mengerti sih apa maksudnya, cuma dari narasi yang TS baca dari VIVA ini ada kemungkinan Panji Gumilang memiliki ketertarikan dengan kitab lain selain Al-Quran.

Yang lebih menarik lagi, usai didemo Panji Gumilang malah membuat kontroversi baru. Kini ia menyebut bahwa dirinya adalah seorang Komunis. Walah, makin ngaco gak tuh? Lalu ia berkata, “anak-anakku sekarang China.” Menurutnya, China adalah kekuatan besar yang nantinya akan menandingi bahkan mengalahkan kekuatan barat seperti Eropa dan AS.


Sumber Gambar

Panji menyebut bahwa China akan menjadi jauh lebih kuat dari Kapitalis Amerika Serikat yang sudah berusia ratusan tahun. Usai membuat kontroversi dalam konteks agama, kini Panji Gumilang agak berbelok ke ranah politik dan ekonomi internasional nih. Entah apa maksudnya, tapi memang ia memiliki kekaguman dengan negara tirai bambu tersebut.

Kalau TS membaca kutipannya, TS jadi ingat satu sosok. Yaitu Almarhum Lord Rangga pada masa awal ia di Sunda Empire. Omongannya juga tinggi seperti ini, walau memang Alm. Lord Rangga lebih imajinatif lagi. Tapi kurang lebih sama lah seperti ini. Nah bedanya, Panji Gumilang ini adalah seorang pimpinan pesantren sedangkan kita tahu Lord Rangga hanya sekedar untuk entertain.


Sumber Gambar

Buktinya, sekarang demo sudah berakhir. Lalu sekarang apa? Ya, mungkin MUI dan tim khususnya masih bergerak mencari informasi soal ponpes ini. Tapi tetap saja mungkin kondisi di dalam ponpes ini santai-santai saja. Bagaimana tidak, pada saat demo terjadi pun grup musik keroncong mereka dengan santainya tetap memainkan lagu Haveni Shalom Aleichem.

Jadi ada kemungkinan kalau Panji Gumilang ini bukan orang sembarangan gak sih? Apakah ada sesuatu yang menjadi bekingannya selama ini? Menurut UAS sendiri ponpes ini sudah berdiri berpuluh-puluh tahun, tapi kenapa baru sekarang terkuak? Menarik untuk ditunggu kelanjutannya mengenai siapa dan apa yang ada di balik dari pondok pesantren Al-Zaytun ini.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, latar belakang apa yang membuat Al-Zaytun begitu berbeda dari ponpes lain? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 19-06-2023 04:41
argaaa44
enak.digenjot69
madjoeki
madjoeki dan 9 lainnya memberi reputasi
10
6.1K
234
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan