masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mengenal Tentang Anak Down Syndrome Atau Trisomi 21, Tidak Untuk Dihina dan Dibully
Banyak anak pengidap sindrom down dibully dan dicaci, mari mengenal tentang down syndrome


Belakangan ini publik di media sosial tengah dihebohkan dengan kelahiran seorang anak publik figur dan pengusaha brand kecantikan bernama Nadya Shavira.

Diketahui Nadya Shavira melahirkan anak pertamanya yang diberikan nama Keifano Kyoomil Mubarok, dimana anak pertama dari Nadya Shavira dan Muhammad Rifqi Mubarok tersebut lahir spesial yaitu mengidap down syndrome atau biasa disebut trisomi 21.

Perlu diketahui bahwa kelainan down syndrome atau trisomi 21 ini bukan sebuah kelainan yang langka, ada banyak orang yang mengalaminya dan biasanya anak-anak dengan gejala down syndrome sering mendapatkan perlakuan tidak baik karena dianggap berbeda.

Mungkin Agan dan Sista bertanya-tanya tentang apa itu down syndrome atau trisomi 21, berikut ini sekilas pengertian down syndrome yang berhasil TS rangkum dari berbagai sumber untuk menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Down Syndromeatau Trisomi 21, adalah sebuah kelainan genetik yang dibawa sejak bayi lahir dan terjadi selama embrio.

Dilansir dari akun Instagram @nadyalaydrus, dokter Nadya Alaydrus menjelaskan bahwa down syndrome adalah kelainan yang disebabkan bayi lahir dengan ekstra kromosom, dimana jika pada manusia biasa hanya memiliki 23 pasang kromosom yaitu sejumlah 46 kromosom, sedangkan pada bayi pengidap down syndrome mereka memiliki 23 pasang kromosom hanya saja pada kromosom ke 21 terdapat lebih satu kromosom sehingga jumlah total kromosom menjadi 47 kromosom.

Ekstra kromosom inilah yang membuat seorang bayi mengalami keterlambatan dalam perkembangan mental dan fisik, bahkan juga dapat mengalami kecacatan.

Adapun di beberapa kasus anak dengan down syndrome mereka juga akan mengalami masalah gangguan kesehatan seperti gangguan fungsi jantung dan pencernaan, meskipun gangguan kesehatan tersebut juga tidak selalu terjadi pada semua anak yang mengalami down syndrome.

Menurut sumber lain yang TS baca, down syndrome atau trisomi 21 memiliki tiga tipe, yaitu tipe Trisomi 21 yang menjadi 90 persen tipe yang dialami pengidap down syndrome, tipe Mosaicism yang mana adalah tipe langka yang hanya akan menyebabkan adanya sedikit hambatan pada pertumbuhan anak, dan tipe Translocation atau tipe turunan dari orang tua ke anak.

Pada anak yang mengalami down syndrome ada beberapa penanganan khusus atau pengobatan yang berfungsi untuk mengatasi beberapa kondisi yang menyertainya, atau agar anak dapat beraktivitas dengan baik di dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis pengobatan untuk anak down syndrome yaitu dengan pemberian obat-obatan, dan juga terapi yang dilakukan oleh dokter atau ahli.



Perlu Agan dan Sista ketahui, gejala down syndrome menyebabkan wajah seseorang memiliki kesamaan dengan pengidap down syndrome yang lain, dan ini semua masih berkaitan dengan kromosom 21 yang ekstra atau lebih 1, dimana kromosom tersebut lah yang menyebabkan struktur wajah atau bentuk tubuh anak yang mengalami down syndrome memiliki kemiripan.

Tentu tidak ada seseorang yang mau untuk dilahirkan berbeda dari orang lain apa lagi dalam bentuk kekurangan GanSis, sehingga kita juga tidak boleh untuk menghina atau mengejek kekurangan orang lain karena saat kita mengejek itu tandanya kita mengejek Tuhan sebagai Pencipta.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
whizzman
MUF0REVER
goeltom25338186
goeltom25338186 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
6.8K
162
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan