c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Indonesia Lebih Besar Dari Yang Kita Kira! Apa Benar Begitu?




Hi sobat edukasi,

Kalau kita sekolah pasti akan selalu diajarkan tentang geografi luas wilayah Indonesia, dimana selalu di ucapkan luas wilayahnya dari Sabang hingga Merauke, dari Mianggas hingga Rote. Wah, itu tentunya gede banget.

Tapi kalau dari gambar peta aja, tentunya hal itu tak pernah cukup untuk tahu berapa luasnya negeri kita tercinta. Bahkan ada yang bilang Indonesia lebih luas dari yang kita kira, hmm berapa luas sih wilayah Indonesia?

Kalau ngomongin luas ada lima negara terbesar di dunia diantaranyq Rusia (1,71 juta km²), Kanada (9,985 juta km²), Amerika Serikat (9,834 juta km²), China (9,597 juta km²), dan Brasil (8,516 juta km²).



Lalu dimana Indonesia? Indonesia ada di peringkat 15 negara terluas di dunia dengan 1,904 juta km².

Namun kalau kita lihat di peta memang terlihat kecil dibandingkan negara lain, tapi kalau disejajarkan dengan eropa negara kita bisa dikatakan menutupi berbagai negara tersebut. Belum lagi pulau-pulau yang tersebar yang jumlahnya ribuan.

Kenapa bisa begitu?



Sebab wilayah yang kena atau deket garis khatulistiwa sama yang deket dengan wilayah selatan akan terlihat kecil. Sedangkan untuk area wilayah yang ada di utara terlihat besar.

Bukan hanya besar wilayahnya saja tapi ada lagi yang besar, yaitu jumlah penduduknya yang mencapai 276 juta jiwa. Tentu ini jumlah penduduk yang cukup besar untuk sebuah negara, bahkan penduduk di pulau Jawa aja banyaknya melebihi penduduk Rusia.



Tapi, tentunya ada minusnya juga kalau mengatur jumlah penduduk yang banyak di negara ini karena banyak sekali tantangannya.

Seperti fasilitas dibanyak wilayah tentu menuntut banyak biaya, kalau tidak dibangun atau upgrade, maka akan semakin tertinggal dengan negara yang lain.

Belum lagi akses informasi yang baik, dengan infrastruktur telekomunikasi modern, agar bisa membangun peradaban ke arah yang lebih baik lagi.

Setidaknya luas wilayah kita, dan bangsa yang besar seperti yang sering kita dengar kisahnya harus ada perbaikan mental kedepannya, baik itu moral, adab dan banyak hal yang harus dibenahi.



Sebab, peradaban maju itu bukan saja dilihat dari jumlah penduduknya, atau luas wilayahnya tapi apa yang telah diciptakan, dan berapa banyak masyarakatnya yang bahagia, hidup diatas garis kemiskinan.

Apa pendapatmu tentang besarnya negara ini?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star







titstutsntots
sukhoipakfa
azhuramasda
azhuramasda dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan