santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Beda Versi Kepala Ponpes dan Polisi di Kasus Santri Pasuruan Dibakar Senior
Beda Versi Kepala Ponpes dan Polisi di Kasus Santri Pasuruan Dibakar Senior



Pasuruan - Seorang santri Ponpes Al Berr, Dusun Sangarejo, Desa Karangjati, Pandaan, Kabupaten Pasuruan berinisial INF (13) dibakar seniornya MHM (16). Korban yang mengalami luka bakar 63% harus dilarikan ke RSUD Sidoarjo.

Peristiwa tersebut tejadi pada pukul 22.00 WIB menjelang perayaan tahun baru 2023, Sabtu (31/12/2022). Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Farouk Ashadi Haiti menjelaskan, sebelum ada kejadian pembakaran tersebut, kedua santri sempat cekcok.

"Pelaku ini senior korban," jelas Farouk, Senin (2/1/2023).

Baca juga:
Santri Senior Ponpes Pasuruan yang Bakar Juniornya Jadi Tersangka

Cekcok tersebut, kata Farouk, berawal saat MHM mendatangi korban di kamarnya. MHM lantas menuduh juniornya itu mencuri uangnya dan santri lain. Sambi marah-marah, MHM melemparkan botol air mineral yang berisi Pertalite ke tembok dekat INF duduk. Pertalite dalam botol tumpah mengenai tubuh INF.

"Korban dituduh mencuri barang dan uang," kata Farouk.

Pelaku MHF kemudian menyalakan korek sehingga tubuh korban terbakar dan kemudian ditolong para santri. Korban kemudian dibawa ke RS Husada Pandaan lalu dirujuk ke RSUD Sidoarjo karena luka bakarnya tergolong parah.

Baca juga:
Santri Ponpes Pasuruan yang Dibakar Senior Alami Luka Bakar 63 Persen

Farouk menambahkan, pihaknya langsung memeriksa sejumlah saksi, termasuk para santri. Barang bukti berupa sarung warna hitam bekas terbakar, kaus, hingga botor air mineral berisi Pertalite diamankan.

Setelah menghimpun keterangan para saksi dan mengumpulkan barang bukti, polisi menetapkan INF sebagai tersangka.

"Sudah kami tetapkan sebagai tersangka," tegas putra mantan Kapolri Badrodin Haiti tersebut.

MHM dijerat pasal 80 UURI Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan UURI Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan terhadap anak jo UURI Nomor 11 Tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.

Ponpes Klaim Pelaku Tak Sengaja Membakar Korban

Namun, versi berbeda disampaikan oleh pihak Ponpes Al Berr. Kepala Ponpes Al Berr M Fatihurrohman mengungkapkan, korban INF memang ketahuan mencuri barang dan uang milik santri lainnya. Dia kemudian dimarahi oleh seniornya, MHM.

Kemudian terjadi cekcok dan terjadilah saling dorong sehingga korban terjatuh menyenggol botol bensin Pertalite. Fatihurrohman melanjutkan, MHM menakut-nakuti korban dengan korek api dengan niat memberikan efek jera. Celakanya, api korek justru menyulut bensin hingga korban terbakar.

"Ketika terbakar santri-santri yang lain langsung menolong memadamkan api pakai air dan selimut," ungkap Fatihurrohman.

Baca juga:
Pelaku Pembakaran Santri Ponpes Pasuruan Senior Korban

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu guru ponpes, Abdul Aziz. Dia membantah MHM sengaja membakar INF. Menurutnya, peristiwa itu adalah sebuah kecelakaan yang tak disengaja.

"Kejadian ini kami anggap sebagai kecelakaan, tidak ada unsur kesengajaan," kata Abdul Aziz.

Abdul Aziz sekaligus ingin mengklarifikasi berita yang beredar di media massa.

Baca juga:
Santri Ponpes Pasuruan Dibakar Temannya di Malam Tahun Baru

"Kami dari pihak Pesantren Al Berr ingin mengklarifikasi bahwa berita yang beredar tentang santri dibakar oleh santri ini tidak benar. Kejadian ini kami anggap sebagai kecelakaan, tidak ada unsur kesengajaan," tambahnya.

Selain membantah, Abdul Aziz juga meminta kepada media massa agar meredam berita kasus santri bakar santri. Versinya, MHM tak punya niat membakar INF.

"Tidak ada seorangpun santri yang punya niat seperti itu. Mohon berita yang di luaran, ada santri yang membakar temannya sendiri, bisa segera diredam berita tersebut, karena tidak sepenuhnya benar," tegasnya.

Meski membantah, ponpes Al Berr menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada aparat penegak hukum. Ponpes juga mempersilakan para santrinya untuk memberikan kesaksian kepada polisi.

https://www.detik.com/jatim/hukum-da...dibakar-senior
rizaldi.sarpin
gabener.edan
wetp794239
wetp794239 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan