iskrimAvatar border
TS
iskrim
Cara Mudah Membedakan Burjo Madura Dan Kuningan, Mana Favoritmu, Gan?


Masih membahas thread soal kulineran khas Indonesia yang sebelumnya berjudulSadar Gak, Makan Di Nasi Padang Sekarang Lebih Murah Dari Warteg? disini, sekarang saya ingin share cara membedakan bubur kacang ijo made in Madura dan Kuningan.

Siapapun pasti mengenal apa itu bubur kacang ijo aka burjo ini, dan yang paling mudah ditemui adalah burjo asal Kuningan yang biasanya berada pada kios atau kelas warungan berdempetan dengan warung lain atau pemukiman perkampungan.

Sedangkan burjo Madura di daerah saya umumnya mereka tidak memiliki tempat permanen, bentuk gerobak. Burjo Madura tidak buka selama 24 jam seperti burjo Kuningan tapi keluar dari sore hingga malam hari.

Nah, dari dua ciri umum diatas kita dengan mudah mengenalinya bukan, lalu bagaimana dengan sajian dan rasanya? Yup, ini bagian yang sangat penting karena keduanya juga memiliki tekstur makanan dan rasa yang jelas beda juga.

Saya melakukan perbandingan keduanya. Pertama dari cara memasak burjo Kuningan kacang ijonya dimasak sampai pecah merekah, kalau versi burjo Madura kacang ijonya kebalikannya dimasak masih bulat utuh, dimasak dengan api kecil meski utuh tapi tetap matang, kok.


Burjo Kuningan

Kedua, saat penyajian burjo versi Kuningan selalu menggunakan santan yang terpisah, jadi buat kamu yang tidak suka santan kamu bisa mengurangi atau tidak samasekali. Untuk versi burjo Madura santan sudah menyatu dalam burjonya, tapi tenang meski santannya menyatu tidak membuat rasa eneg justru ada rasa gurih karena dimasak berbarengan dengan burjonya dengan api kecil - sedang.

Ketiga, pembeda menonjol lainnya adalah burjo Madura juga menyediakan ketan putih dan roti tawar yang lebih lembut. Ciri khas lain di burjo Madura mereka menyediakan burjo dingin dengan es batu serta topingnya dengan sirup, sedangkan burjo versi Kuningan hanya ada ketan hitam, roti tawar dan seringnya menyediakan menu pendamping lainnya seperti indomie telor, kopi, es teh manis dan minuman perisa.


Burjo Madura, versi dingin, sirup

Keempat, lalu bagaimana soal rasa? Nah, burjo versi Kuningan umumnya terasa manis karena lebih banyak menggunakan gula (bahkan ada yang pakai pemanis buatan?). Tekstur buburnya lembut karena kacang ijonya dimasak hingga pecah. Sedangkan rasa burjo versi Madura cenderung manis dan gurih, teksturnya lembut kasar karena kacang ijonya tidak dimasak sampai pecah.

Nah, itulah 4 ciri yang membedakan burjo Kuningan dengan versi burjo Madura. Meski sama-sama bubur kacang ijo ternyata memiliki rasa dan penyajian yang sedikit berbeda. Enaknya tinggal di Indonesia, ya begini.. soal makanan umumnya banyak varian rasa dan jenisnya. Hm..nyummy!




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 26-12-2022 02:28
songosongo
over.power
provocator3301
provocator3301 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4.1K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan