kipas.angin.199Avatar border
TS
kipas.angin.199
Ribuan Banser Bakal Dikerahkan Bantu Amankan Natal di Gereja-Gereja Kepri


Ribuan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bakal dikerahkan untuk mengamankan misa Hari Raya Natal di wilayah tersebut.


Kasat Korwil Banser Provinsi Kepri Nuryanto mengatakan, Banser akan membantu tugas aparat keamanan di seluruh pos-pos pengamanan selama momen Natal.
"Kita akan berkoordinasi dengan seluruh cabang di wilayah Provinsi Kepri. Dan akan ditempatkan di setiap gereja," kata Nuryanto yang akrab disapa Cak Nur, kepada Liputan6.com, Senin (12/12/2022).

Nuryanto menyebutkan personel pengamanan dari Banser yang akan turun langsung ke gereja akan disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan, setelah ada koordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI.

"Mereka akan dipusatkan dalam satu pos khusus dari masing-masing cabang di setiap daerah. Bersama-sama polisi dan pihak lain yang terlibat dalam partisipasi damai Natal," katanya.
Pengamanan yang dilakukan Banser, katanya, juga sebagai bentuk nyata rasa cinta tanah air dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Kebhinekaan dan keragamannya. Mengingat, hanya Indonesia saja yang memiliki keberagaman yang dibungkus dalam Pancasila. Sehingga bisa menjaga keutuhan NKRI, di mana ini menjadi kewajiban semua warga negara Indonesia.

"Artinya semua warga negara harus menjaga maupun melindungi NKRI dari berbagai macam hal yang mungkin bisa mengancam keutuhan NKRI. Hal ini jugalah yang harus dilakukan oleh seluruh Banser," tegasnya.

Dan implementasi ini, tambahnya, juga sebagai bentuk konsep 'Menjaga Asset Negara'. Yang berarti aset di sini adalah Agama.

Mengingat, dalam Pancasila itu sangat jelas dan tegas diketahui bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu bukan negara agama. Namun NKRI adalah negara beragama.
"NKRI bukan yang negara agama, akan tetapi NKRI adalah negara beragama. Artinya, seluruh warganya yakin dan percaya dengan agamanya masing-masing dan dilindungi oleh undang-undang. Dan ini adalah bentuk sumbangsihnya Banser kepada negara," katanya.
Sebelum turun melakukan pengamanan bersama TNI/Polri, Banser akan melakukan apel bersama pada Minggu (18/12/2022) di lapangan Tumenggung Abdul Jamal, Batam, Provinsi kepri.


Sumber

jadi ingat teman gw di  pegawai pemerintahan dulu cerita, ada Menteri Sosial yang terlalu sering melibatkan Ormas Ijo ijo dalam program dan kegiatannya (yang past ada biaya operasional dan dana lainnya). 

emoticon-Cape d... 


Quote:
Diubah oleh kipas.angin.199 14-12-2022 11:15
anu.ku.l
aldonistic
darkwilliam00gg
darkwilliam00gg dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.7K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan