masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Anak Pelaku Bullying? Jangan Dibela, Berikan Beberapa Pengertian Penting Ini
Orang tua dapat laporan anaknya pelaku bullying di sekolah?
Awas jangan dibela, berikan pengertian ini agar tidak berkelanjutan


Bullying di lingkungan sekolah, menjadi masalah yang cukup berat untuk diselesaikan karena satu dan lain alasan.

Dapat dikatakan bullying adalah tindak kejahatan yang dilakukan oleh anak sejak usia dini. Perilaku buruk tersebut akan terus terbawa oleh anak-anak sampai mereka dewasa, dan juga menciptakan trauma mendalam bagi para korban.

Sebenarnya aksi bullying ini bukan masalah baru di lingkungan sekolah GanSis, melainkan sudah ada sejak lama dan terus ada dan bertahan sampai saat ini.
Bentuk dari aksi bullying pun juga sangat beragam, mulai dari yang hanya berbentuk verbal sampai dengan kekerasan fisik yang merenggut korban jiwa sebagaimana yang beberapa waktu belakangan kerap terjadi dan diberitakan.

Mungkin Agan Sista sudah seringkali membaca artikel terkait bagaimana cara dan tips mencegah agar tidak menjadi korban bullying. Kali ini TS akan sedikit membahas tentang bagaimana cara orang tua menyikapi anak yang menjadi pelaku bullying di sekolah, apakah harus dibela atau diberikan hukuman agar mereka jera.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat anak Agan Sista menjadi pelaku bullying.




1. Berikan Nasihat dan Peringatan

Saat Agan dan Sista tahu bahwa anak kalian menjadi pelaku bullying di sekolah maka jangan memberikan pembelaan yang berlebihan terhadap anak-anak kalian dan menyalahkan korban.

Sadari bahwa anak kalian memang bersalah, kemudian berikan nasihat dan juga peringatan kepada anak-anak kalian tentang buruk dan negatifnya aksi bullying agar anak Agan Sista tidak mengulangi kembali perbuatan salah mereka.

2. Berikan Perhatian Khusus

Rata-rata anak yang melakukan aksi bullying di sekolah atau di lingkungan bermainnya adalah anak yang kurang perhatian dari orang tua atau orang terdekatnya.

Sebab belum memahami bagaimana cara menyampaikan bentuk protes dengan tepat, akhirnya mereka melakukan aksi bullying agar diperhatikan oleh orang sekitar.

Berkaca dari alasan inilah kemudian orang tua sudah seharusnya untuk memberikan perhatian khusus kepada anak agar mereka tidak melakukan aksi bullying.

3. Memberikan Contoh Bersikap Baik dan Penyayang

Tidak menutup kemungkinan anak-anak yang melakukan aksi bullying adalah anak yang sedang mencari jati diri mereka GanSis.

Akibat dari tidak adanya contoh baik yang bisa dijadikan sebagai teladan kemudian anak-anak ini melakukan sesuatu yang menurut mereka itu seru dan menyenangkan meskipun itu salah dam tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Memberikan contoh bersikap baik dan penyayang perlu untuk Agan Sista lakukan agar anak kalian bisa meniru hal baik yang dilakukan oleh orang tua mereka.

4. Sanksi

Sanksi adalah cara terakhir yang bisa digunakan untuk mengingatkan anak yang suka melakukan bullying di sekolah GanSis.

Sebagai orang tua tentu Agan Sista harus menjadi sosok yang tegas. Jika anak tidak bisa diberikan contoh baik dan diperingatkan dengan perkataan yang halus, maka sanksi bisa dijadikan sebagai pelajaran agar mereka jera dan tidak mengulangi kembali perbuatannya.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang apa yang harus dilakukan oleh para orang tua saat mengetahui bahwa anak mereka menjadi pelaku bullying di sekolah.

Apapun alasan dari aksi bullying ini tidak pernah bisa untuk dibenarkan GanSis, karena memang bullying dapat memberikan efek trauma yang berkepanjangan bagi para korban.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
agamnaufal
verdandigr
dasiemsidas
dasiemsidas dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.5K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan