valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Mengintip Lokasi Nikah Anak Presiden Jokowi dan SBY: Mana Paling Mewah?


Suara.com - Sebagai orang nomor satu di Indonesia, pernikahan anak Presiden tentu akan menjadi sorotan di seluruh negeri. Hajatan yang besar dan mewah tentu akan langsung terlintas saat membicarakan agenda tersebut.

Hal inilah yang sedang terjadi saat ini, saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menikahkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep pada esok hari, Sabtu (10/12/2022) di Yogyakarta. Tak sedikit orang yang mencibir, terlebih mantan Wali Kota Solo tersebut telah menikahkan tiga anaknya selama dirinya menjabat menjadi Presiden dua periode. 

Tapi sebenarnya, bukan kali ini saja, Presiden menikahkan anaknya. Sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mendapatkan mantu dari dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono saat ia masih menjabat menjadi Presiden Indonesia yang ke enam.

Lantas, lokasi siapa yang paling mewah dan menjadi sorotan? Untuk mengetahuinya, simak deretan lokasi pernikahan anak Presiden SBY dan Jokowi berikut ini seperti yang Suara.com rangkum.

1. Istana Bogor



Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putra sulung SBY mempersunting Annisa Pohan pada 8 Juli 2005 di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam sejarah Indonesia, hanya dirinya lah, anak presiden RI yang melangsungkan pernikahan di lokasi tersebut. 

Pernikahan Ketua Umum Partai Demokrat tersebur dibuka dengan upacara “Pedang Pora”, yaitu upacara yang digunakan seorang lulusan Akademi Militer saat melepas masa lajang. Saat itu Agus memamg masih menjadi anggota militer.

Sementara Annisa tampil menawan berbalut kebaya hijau. Dengan diiringi Gending Jawa, pernikahan Agus Harimurti sangat kental dengan nuansa istana.

Istana Bogor sendiri Memiliki luas lebih dari 28 hektare dan berada di ketinggian 290 meter di atas permukaan laut, membuat suasana di Istana Bogor menjadi sangat sejuk. Menurut informasi yang dikutip dari laman PresidenRI, pada zaman kolonial, Istana Bogor menjadi salah satu tempat favorit Gubernur Jenderal Hindia Belanda untuk beristirahat dari penat dan panasnya Kota Jakarta.

2. Istana Kepresidenan Cipanas



Berbeda dengan kakaknya, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas memilih melangsungkan akad nikah di Istana Cipanas saat mempersunting Siti Ruby Aliya Rajasa pada 24 November 2011.

Rangkaian akad nikah Ibas dan Aliya tampak mewah dengan adat Palembang. Selang 2 hari, yakni pada 26 November 2011, keduanya menggelar resepsi di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta menggunakan adat Jawa. 

Istana ini terletak di Desa Cipanas, kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Luas areal kompleks istana ini lebih kurang 26 hektare, tetapi sampai saat ini hanya 7.760 m2 yang digunakan untuk bangunan.

Gedung ini ditetapkan sebagai Istana Kepresidenan dan digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi Presiden atau Wakil Presiden beserta keluarga setelah kemerdekaan, seperti halnya Camp David Amerika Serikat.

3. Gedung Graha Saba Buana



Kedua anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu memilih menggelar hari bahagia mereka dengan pasangan masing-masing secara sederhana di Gedung Graha Saba Buana, Solo.

Untuk diketahui, Graha Saba Buana adalah gedung serbaguna milik keluarga Jokowi yang digunakan untuk menikahkan kedua putra putrinya.


Di mana, Pernikahan putra sulung Jokowi, Gibran dan Selvi Ananda digelar pada 11 Juni 2015. Sedangkan Kahiyang dan Bobby Nasution diselenggarakan pada 8 November 2017.

Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran diketahui lebih banyak meluangkan waktunya untuk mengelola Gedung Graha Saba Buana dan perusahaan katering miliknya Chilli Pari, yang juga dipakai untuk menangani konsumsi untuk  pernikahannya dan Kahiyang.

Dikutip dari website chilliparicatering.com, Graha Saba Buana disebut mampu menampung lebih dari dua ribu tamu dengan desain lawas era kolonial Belanda atau acap disebut berarsitektur indis.

4. Hotel Royal AmAmbarrukmo



Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) besok akan digelar di Hotel Royal Ambarrukmo. Hotel ini sebelumnya bernama Pesanggrahan Ambarrukmo yang awalnya digunakan sebagai tempat menjamu tamu Keraton Yogyakarta.

Pada 1895-1897, Sultan Hamengkubuwono VII merenovasi bangunan tersebut untuk dijadikan kediamannya saat turun takhta. Perkembangan wisata di Yogyakarta memunculkan ide untuk membangun hotel di kompleks Kedhaton Ambarrukmo.

Nah, pada 1966, area Kebon Raja sampai Gandok Kiwa berubah menjadi Hotel Ambarrukmo. Namun, area Balekambang sampai Pendopo Agung tidak beralih fungsi dan tetap dipertahankan hingga saat ini.

https://www.suara.com/lifestyle/2022...a-paling-mewah

Mantab nih.. emoticon-Malu (S)






emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 11-12-2022 09:11
peluk.aku.say
xcheon
iamno3
iamno3 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan