xianying21Avatar border
TS
xianying21
Inilah Perbedaan Hot Threads Kaskus Zaman Dulu dan Sekarang, Zaman Sudah Berubah


Kaskus sudah berusia 23 tahun sejak berdiri pada 1999, menjadi situs forum tertua di Indonesia yang masih eksis sampai sekarang. Di tengah gempuran media sosial berbasis video seperti Tiktok, Kaskus ternyata masih ada pengguna setianya meskipun berbeda dengan sekitar sepuluh tahun yang lalu.

Kaskus di awal kemunculannya adalah forum tempat berkumpulnya berbagai komunitas dan hobi. Di akhir 2000an dan awal 2010an, pengguna Kaskus sempat membludak dan banyak orang berlomba membuat thread yang bagus agar dibaca dan dikomentari oleh Kaskuser lainnya. Nah, thread yang laris dan banyak disorot akan menjadi Hot Thread (HT) di homepage sehingga lebih mudah dilihat oleh banyak orang.

Sampai sekarang, fitur HT pun masih dipertahankan. Tapi, sistem HT sekarang berbeda dengan yang dulu. Berbeda bagaimana?

Pemilihan HT


HT jaman dulu ketika Kaskus masih old atau ketika baru pindah domain, thread yang menjadi HT akan ada dipilih sekitar 9 thread oleh admin atau moderator berdasarkan performa dan kualitas thread tersebut. Thread yang menjadi HT akan bertahan selama beberapa jam hingga hari. Menjadi HT dengan sistem seperti ini adalah sesuatu yang membanggakan karena harus bersaing dengan pembuat thread lainnya.

Sistem pemilihannya lalu berubah menjadi tetap dipilih oleh admin tapi yang menjadi HT terus bertambah dalam satu hari dan yang lama akan terus tenggelam. Sistem HT ini cukup fair karena lebih banyak Kaskuser yang merasakan HT tetapi berdasarkan kualitas yang ditetapkan oleh admin.

Nah, sedangkan HT era sekarang langsung terpilih berdasarkan alogoritma yang sudah ditentukan oleh Kaskus. Tentunya ada kekurangan dan ada juga kelebihannya. Ada yang suka ada yang tidak.

Jumlah Komentar


HT Kaskus zaman dulu balasan komentarnya bisa mencapai ratusan ribuan dan pagenya bisa berpuluh-puluh bahkan ratusan page. Sebenarnya karena dulu dunia internet belum sebesar sekarang, karena itulah forum seperti Kaskus sangat ramai oleh pengguna karena belum ada media sosial lain dan para pengguna internet adalah orang-orang tertentu seperti yang punya koneksi internet di rumah dan juga anak warnet. HT Kaskus sekarang jumlah komentarnya lebih sedikit karena zaman sudah berubah, kini bukan lagi era forum tapi dengan Kaskus masih bertahan selama 23 tahun dan penggunanya masih ada itu merupakan pencapaian yang luar biasa.

Jenis Konten


HT Kaskus jaman dulu itu jenis kontennya adalah info-info unik dan faktual seperti seputar hobi dan hiburan, sehingga bisa menjadi referensi bagi video magazine seperti On the Spot Trans 7. Sedangkan HT Kaskus era sekarang lebih sering memberikan info yang aktual seperti berita terkini ataupun tentang opini dari pembuat thread (TS). Meski demikian, masih ada TS yang masih suka memberikan info-info unik ketimbang berita aktual.

Terlepas dari semua perubahan itu, Kaskus tetap menjadi forum berbagi hobi dan komunitas nomor satu di Indonesia. Ane sendiri kalau cari informasi dan diskusi tentang video game pasti ke Kaskus. emoticon-Big Grin

Menurut agan, apalagi perbedaan lainnya? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
nomorelies
nohopemiracle
thecrawler
thecrawler dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.1K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan