masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mudah Baper Sama Omongan Orang? Berikut Ini Tips Menyikapi Sindiran dari Sekitar
Mudah baper dengan perkataan orang lain, berikut ini tips menyikapi sindiran dari orang sekitar


Manusia, hidup dan diciptakan oleh Tuhan dibekali akal, pikiran, dan perasaan yang bisa dikatakan lebih sempurna dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang lainnya.

Hidup dengan dibekali akal, pikiran, dan perasaan tentu menjadi beban tersendiri bagi manusia karena dengan kesempurnaan yang dimiliki maka manusia dituntut untuk lebih baik dari pada hewan, tumbuhan, atau makhluk lain yang memang tidak dibekali akal yang sempurna dan perasaan.

Uniknya dari manusia disini meskipun semua dibekali akan dan pikiran ternyata tidak semuanya dibekali dengan kepekaan yang sama GanSis.
Ada orang yang memiliki perasaan tapi tidak peka, ada pula yang terlalu peka sampai mudah terbawa perasaan atau sering disebut dengan istilah baper.

Mungkin Agan dan Sista sering menemukan orang yang mempunyai kepekaan berlebihan atau baperan, bahkan mereka terbawa perasaan hanya karena perkataan orang yang tidak sengaja didengar meskipun perkataan tersebut tidak ditujukan kepada orang tersebut.

Menjadi orang yang baperan tentu memiliki kerugian tersendiri GanSis.
Mulai dari rugi waktu karena harus memikirkan sesuatu yang tidak seharusnya dipikirkan, atau bahkan juga rugi perasaan karena harus merasakan sesuatu yang tidak ditujukan kepada mereka.

Itulah sebabnya perasaan baperan ini harus ditepis jauh-jauh, dan berikut ini beberapa tips dan cara menyikapi omongan atau sindiran yang datang dari orang sekitar.




1. Jangan Didengar atau Dipedulikan

Saat orang lain mengatakan sesuatu yang tidak baik, membicarakan keburukan seseorang tanpa menyebutkan nama, dan bisa memunculkan kemungkinan kalian untuk merasa tersindir atau terbawa perasaan maka akan sangat lebih baik jika Agan Sista tidak mendengarkan atau mempedulikan perkataan tersebut demi kesehatan mental diri sendiri.

Alihkan perhatian, cari aktivitas lain yang membuat kalian tidak perlu mendengar perkataan-perkataan buruk yang memiliki dampak tidak baik bagi perasaan adalah tips pertama untuk mencegah baper yang berlebih-lebihan.
Percayalah bahwa kalian tidak bisa membungkam mulut orang lain, tetapi kalian bisa memilih suara mana yang harus kalian dengar.

2. Jangan Dipikirkan

Setiap omongan orang yang dipikirkan secara berlebihan pasti akan menciptakan beban tersendiri bagi Agan dan Sista.
Cara untuk tidak mudah terbawa perasaan terhadap omongan orang adalah dengan tidak memikirkan sedikitpun apa yang orang katakan GanSis. Bukan maksud untuk anti sosial, tapi kesehatan mental kalian akan sangat lebih baik dari pada harus menuruti atau mengikuti perkataan orang yang belum tentu mempunyai maksud baik.

3. Menghindari Lingkungan Toxic

Jangan berada di lingkungan yang toxic dimana setiap kesalahan orang dibicarakan, selalu menyindir orang lain dan merasa paling benar merupakan salah satu tips untuk tidak mudah terbawa perasaan GanSis.

Lingkungan yang toxic seringkali membuat kalian merasa tertekan, dan saat merasa tertekan maka kebebasan juga akan terenggut oleh orang lain.



Berikut tadi GanSis beberapa tips menyikapi omongan atau sindiran dari orang sekitar yang bisa membuat kalian terbawa perasaan alias baper.

Sekali lagi perlu diingatkan, akan seperti apa kehidupan Agan dan Sista itu tergantung mau kemana arah kalian berjalan. Jika tidak ingin salah jalan maka akan lebih baik GanSis memilih teman yang tepat, karena teman yang salah hanya akan membawa kalian tersesat lebih jauh dan tidak sampai pada tujuan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
lutfigilang01
syaifudinseno
screamo37
screamo37 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.8K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan