Hirarahmi39Avatar border
TS
Hirarahmi39
Sejak Kapan Manusia Menggunakan Pakaian? Siapa Pencetusnya?



Learn By Google w/ Hirarahmi

emoticon-Big Kiss

Ketika musim hujan tiba kita akan mengenakan pakaian tebal agar tubuh tetap hangat. Kadang mengenakan sweater, sering pula memakai jaket. Ketika musim kemarau, kita memilih pakaian dengan bahan yang lebih tipis agar tidak merasa gerah. Namun, pernahkah kalian berpikir bagaimana pakaian muncul di tengah kehidupan manusia? Sejak kapan manusia mulai memakai pakaian? Berikut jawaban dari pertanyaan tersebut!

Sangat sulit untuk memprediksi bagaimana dan kapan pakaian muncul. Hal ini dikarenakan bahan-bahan pakaian seperti kulit, bulu, dan bahan organik lainnya tidak bertahan lama. Jadi, mungkin saja bukti konkret tentang awal diciptakannya pakaian sudah hancur terurai mikroorganisme atau memang belum ditemukan.

Namun para arkeolog tidak kehilangan akal. Mereka menggunakan cara lain untuk mengetahui awal kemunculan pakaian di dunia. Salah satu tekniknya ialah dengan meneliti DNA kutu. Ya, agak aneh memang, tapi ini berhasil membuat para arkeolog menarik kesimpulan yang lebih masuk akal.


www.nbcnews.com/frankcollins/CDC

David Reed, kurator asosiasi mamalia di Florida Museum of Natural History menyampaikan penjelasan seperti ini, "Karena kutu sangat beradaptasi dengan pakaian. Kita tahu bahwa kutu tubuh atau kutu pakaian hampir pasti tidak ada sampai pakaian muncul pada manusia."

Berdasarkan hasil pengamatan DNA tersebut disimpulkan bahwa manusia sudah mengenakan pakaian sejak 170.000 tahun lalu, atau 70.000 tahun sebelum manusia bermigrasi dari Afrika ke belahan bumi lain. Manusia mulai menggunakan pakaian jauh setelah mereka kehilangan bulu-bulu di sekujur tubuh (seperti kera). Hal ini didasarkan pada penelitian warna kulit genetik sekitar 1 juta tahun lalu, yakni sebelum Homo sapiensmenginjakkan kaki di Afrika. Berdasarkan ini pula bahwa diperkirakan manusia hidup telanjang sampai Zaman Es Kedua berakhir.

Sebenarnya para arkeolog juga berhipotesa kalau pakaian sudah ada sejak era manusia Neanderthal hidup atau sekitar 400.000 tahun lalu. Hal itu berdasarkan hasil pengkajian mengenal struktur otot manusia Neanderthal, yang mana ditemukan bahwa dengan otot seperti itu mereka sudah mampu meramu dan terbiasa menguliti kulit binatang. Namun, karena bukti kuat mengenai ini tidak ditemukan, hipotesis ini pun dipatahkan.

Baca juga: Kring! Kring! Inilah Sejarah Penemuan Sepeda di Dunia


amp.cnn.com

Sedangkan di situs arkeologi Maroko, ditemukan 62 perkakas tulang yang diperkirakan dipakai untuk mengolah, menguliti, dan menghaluskan kulit binatang. Alat-alat tersebut berusia 90.000-120.000 tahun. Hal ini memperkuat teori evolusi kutu sebelumnya yang mana manusia berpakaian sejak 170.000 tahun lalu. Disimpulkan bahwa Homo sapiens yang sampai di Maroko menggunakan alat-alat tersebut untuk membuat pakaian dari kulit serta tirai-tirai.

Nah, kesimpulannya manusia mulai mengenakan pakaian di era manusia modern (Homo sapiens) sekitar 170.000 tahun lalu. Setelah menemukan pakaian, mereka mulai meninggalkan Afrika dan pindah ke belahan bumi lain sehingga seluruh manusia di bumi ikut mengenakan pakaian.

Gimana menurut kalian, Gansis?

Sekian

Thanks for Reading

Sumber:
1, 2, 3, 4, 5


Diubah oleh Hirarahmi39 02-11-2022 00:08
indrastrid
rinandya
rubah007
rubah007 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.2K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan