buncitbubarAvatar border
TS
buncitbubar
SBY: Dunia Bisa Alami 'Triple Crises'

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan dunia bisa mengalami krisis di tiga sektor secara berbarengan, salah satunya krisis ekonomi. Hal itu terjadi di tengah ancaman resesi ekonomi global dan perang Rusia-Ukraina.
Pensiunan jenderal ini mengungkapkan ada dua berita buruk saat ini tentang dunia. Pertama, resesi ekonomi global sepertinya bakal terjadi sesuai peringatan IMF dan Bank Dunia. Kedua, perang di Ukraina makin membahayakan bagi keamanan internasional.

SBY menilai resesi ekonomi global pasti makin memukul kehidupan semua bangsa, yang saat ini sudah dalam keadaan susah. Jika perang di Ukraina makin 'liar' dan tidak terkendali, terjadinya perang dunia disertai penggunaan senjata nuklir bisa menjadi kenyataan.
"Kita tahu dampak buruk jika krisis ekonomi global terjadi disertai 'cost of living crisis', dan perang besar terjadi di Eropa yg libatkan Barat (AS dan sekutunya) melawan Rusia & sekutunya. Tentunya kita tidak ingin mengalami lagi Great Depression sebelum Perang Dunia II dulu," ujar SBY lewat akun Twitter resminya @SBYudhoyono, Selasa (11/10).

Situasi dunia, sambung SBY, akan makin runyam jika geopolitik di Asia Timur yg sudah panas akhirnya menjadi konflik militer terbuka Tiongkok vs Taiwan dan pendukungnya (termasuk AS).

"Ingat, Perang Dunia II dulu, mandala besarnya ada di Eropa dan Asia. Haruskah kita biarkan terjadi lagi?," ujarnya.

Jika keadaan makin tidak terkendali, di tengah goncangan ekonomi dan keamanan global, sementara pandemi covid-19 masih ada, penyelamatan bumi dari pemanasan global akan gagal karena dunia tidak lagi peduli dan tidak menjadikannya prioritas.
"Dunia bisa alami 'triple crises' - keamanan, ekonomi dan lingkungan," ujarnya.

Oleh karena itu, SBY meminta para pemimpin dunia, termasuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk bertindak secara nyata untuk menyelamatkan dunia.

"'Inaction is immoral'. Gunakan Forum G-20 di Bali 'to save our world, to save our planet'. Turunkan ego masing-masing. Negosiasi dan perundingan adalah jawaban," pungkasnya.

Sejumlah lembaga asing, Bank Dunia, IMF, ADB, hingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewanti-wanti ancaman resesi global pada 2023. Ancaman tersebut muncul menyusul kebijakan moneter ketat bank sentral di sejumlah negara untuk mengendalikan inflasi.

Baca artikel CNN Indonesia "SBY: Dunia Bisa Alami 'Triple Crises'" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221011103838-532-858931/sby-dunia-bisa-alami-triple-crises.

.bindexee.
pilot2isekai078
gabener.edan
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
1
1.4K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan