valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Tambah Sumur Resapan di Pasar Induk Cipinang, Anies: Air Diturunkan ke Tanah


Jakarta - Pemprov DKI Jakarta merevitalisasi kompleks Pasar Induk Cipinang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan kawasan pasar ini menerapkan prinsip zero run off, yakni air hujan ditampung, lalu dimasukkan ke dalam tanah.

"Kompleks Pasar Induk Cipinang ini, itu dilakukan revitalisasi dan salah satu unsur revitalisasi ini adalah membuat kawasan ini jalannya lebih baik, lebih rapi, kemudian bisa buatkan juga prinsip zero run off," kata Anies di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, pada Kamis (22/9/2022).

Anies mengatakan air hujan yang jatuh di kompleks pasar tidak akan dialirkan ke luar area pasar. Dia mengatakan air hujan itu akan diserap tanah lewat 583 sumur resapan di dalam kompleks.

"Artinya, air hujan yang jatuh di dalam kompleks ini tidak dialirkan ke gorong-gorong di luar. Tapi disiapkan sumur resapan. 583 sumur resapan," ucapnya.

Anies yakin sumur resapan ini bisa mencegah genangan air di jalanan sekitar pasar. Dia menyebut air hujan akan dipertahankan di dalam area pasar dan diserapkan ke dalam tanah.

"Kalau ada air di luar sini, maka Pasar Induk bisa bilang kami tidak menyumbang air keluar, karena seluruh airnya dipertahankan di dalam pagar, tapi diturunkan ke dalam tanah. Sumur resapan diterapkan," jelasnya.



Selain itu, revitalisasi kompleks Pasar Induk Cipinang juga memperbaiki sejumlah fasilitas. Salah satunya lokasi bagi buruh pasar.

"Ada sebuah lokasi yang dibangun untuk para pekerja buruh di pasar induk ini. Sehingga mereka lebih punya tempat tinggal yang lebih layak dan yang tempat tinggal yang seperti nyaman dibandingkan sebelumnya. Itu beberapa tambahan dari revitalisasi Pasar Induk Cipinang," ujarnya.

Sebelumnya, Anies meresmikan empat pasar tradisional yang tersebar di wilayah Jakarta. Keempat pasar yang diresmikan hari ini adalah Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat.

Acara peresmian diselenggarakan di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, pada Kamis (22/9/2022). Anies didampingi oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta beserta direksi BUMD Pasar Jaya dan Food Station Tjipinang.

"Alhamdulillah hari ini empat pasar bisa diresmikan secara bersamaan. Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat," kata Anies di lokasi, Kamis (22/9/2022).

Dia berpesan agar para pedagang pasar dapat menjaga fasilitas-fasilitas yang baru terbangun dengan menumbuhkan rasa kepemilikan.

"Ketika lihat pasar ini, jangan lihat hanya kios saya. Kalau hanya lihat kios saya, yang lain nggak diurus, perhatikan, bantu, beri masukan, ikut ambil tanggung jawab. Dengan begitu, pasar ini nanti bisa terjaga dengan baik," jelasnya.

https://news.detik.com/berita/d-6305...unkan-ke-tanah




Serius tanya nih.. Dengan kondisi tutup sumur resapan full tertutup cor-an semen dan tidak ada lubang d sekitarnya kaya gini.. Tuh air mau masuk ke sumur resapan lewat mana??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
junaedi1982new
xneakerz
aksicepattilap
aksicepattilap dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.9K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan