Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ini Akibatnya Kalau Mobil Sering Melibas Jalan Rusak Tanpa Perhitungan


Harus diakui memang jalan di negeri tercinta ini belumlah merata mulusnya. Tentu saja menjadi persoalan bagi pemilik kendaraan yang sering melewati jalan tersebut yaitu kerusakan pada kaki-kaki kendaraan dan lain sebagainya.

Pemilik mobil dengan jenis mesin penggerak belakang atau RWD mungkin bukan sesuatu hal yang mengkhawatirkan karena biasanya memiliki kaki-kaki yang lebih mumpuni berjalan di medan jalan yang rusak.

Bukan berarti mobil FWD tidak siap melibas jalan rusak tapi jenis ini biasanya umur pakai kaki-kaki kendaraan membutuhkan perawatan lebih dan mungkin penggantian jika ditemukan kerusakan dari semestinya.

Selain medan jalan yang sering rusak, tapi ada juga jalan conblok yang tidak terawat, polisi tidur dibuat tidak sesuai standarnya menjadi sumber masalah kalau kita tidak hati-hati dalam mengendarai mobil.



Jadi menurut mekanik bengkel langganan saya kasus yang kerap ditemui ketika mobil sering melewati jalan dimaksud dan membawa kendaraan secara serampangan biasanya bagian shockbreaker, bushing arm, tie rod dan steering rack lama kelamaan akan cepat sekali oblaknya.

Teman saya berpesan jika mobil kamu berjenis FWD atau mobil dengan suspensi independent, biasanya CV joint rawan oblak juga, jadi saat pengecekan wajib diinspeksi juga bagian ini.

Masalah lain ketika keluhan diatas sudah ditemukan maka akan berpengaruh pada keempat ban terutama ban depan bisa habis jauh lebih cepat ketika pengaturan standar toe kendaraan sudah berubah akibat bushingnya telah oblak.



Kasus lain adalah velg jadi rawan retak, peyang bahkan paling parahnya bisa pecah terutama pada ban dengan ketebalan dibawah profil 40 misal dengan ukuran 265/35 R19.

Sedangkan pada Chassis (shockbreaker mounting/support) dalam waktu berkepanjangan akan jebol terutama mobil itu sering melewati jalan rusak yang banyak genangan air karena bagian chasis dan kolongan mulai berkarat.

Dan satu hal yang jarang disadari lainnya adalah soal kelistrikan juga lebih cepat rusak. Salah satu tandanya adalah suara speaker sering mati nyala ketika ada guncangan karena kapasitornya sudah lemah, solderan kabel mulai terkoyak, terlepas karena guncangan.



Kasus lain keluhan yang juga ditemukan adalah bagian interior mulai menimbulkan suara denyit dibagian dasboard, pilar-pilar, berbagai sudut, pertemuan dua benda biasanya dari bahan logam yang beradu dan engsel sunroof mulai tidak presisi rawan kebocoran.

Yang terakhir adalah wajib mewaspadai sistem radiatornya para mobil modern yang biasanya mulai banyak elektrikal disana. Contohnya pada mobil matic bagian mechatronicnya biasanya akan cepat bermasalah.




Sebuah opini
Ref. Bengkel langganan (ths to mas T*pa)
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 07-09-2022 22:50
jiresh
Cucigosok
JaS UjaN
JaS UjaN dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan