Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
5 Rahasia yang Jarang Diungkap Reviewer Mobil (Baca Biar Nggak Nyesel)


Zaman sekarang kita dengan mudah mendapat informasi produk baru seperti mobil lewat kanal yutup. Dulu sebelum ada era internet mencari informasi tentang sebuah produk terbilang sulit, paling dipercaya hanya berdasarkan pengalaman saudara atau teman saja..

Kita beruntung karena ada reviewer sebuah produk, reviewer memang menjadi referensi 'katanya' secara teori tapi pasti juga berdasarkan pengalaman mereka. Reviewer memang sangat membantu kita yang masih minim informasi tentang produk baru, khususnya mobil yang jadi bahasan kali ini.

Seorang reviewer memang piawai dalam menilai dan menceritakan sebuah produk, tapi mungkin ada pesan yang bisa jadi terlewatkan disebabkan beberapa faktor dan kebiasaan kita. Memang reviewer tugasnya menyampaikan apa yang dia lakukan dan rasakan, sayangnya tidak melengkapi spesifik keinginan kita. Wajar.

Tinggi badan, berat badan, kebiasaan kita saat berkendara, pengalaman berkendara kita tidak sama dengan reviewer. Makanya reviewer hanya menyampaikan info secara umum. Jadi kita tetap perlu mencoba kendaraan yang ingin kita beli, minimal menikmati kendaraan dalam keadaan diam dan rasakan situasi didalamnya seperti apa.

Nah, sebagai pembuka agar tidak salah memilih kendaraan yang tepat motor ataupun mobil adalah dengan melakukan test drive langsung. Mengapa saya berani mengatakan demikian itu karena saat melakukan test drive kita bisa langsung menyimpulkan pengalaman atau impresi berkendara, apakah sudah sesuai dengan keinginan kita, bukan keinginan sales!

Test drive selain dilakukan di showroom bisa juga dilakukan disaat ada pameran, punya saudara atau teman. Jadi apa kata reviewer sudah terbaik belum tentu terbaik buat kita. Nah, beberapa poin dibawah ini sangat mempengaruhi kenyamanan kita diantaranya adalah:



Hal yang pertama harus dilakukan adalah mencoba posisi duduknya. Akan menjadi amat penting lagi kalau kamu ditakdirkan menjadi sopir abadi dikeluarga sendiri. Atur sedemikian rupa pengaturan duduk berkendara sesuai kebiasaanmu, rasakan kualitas joknya apakah menopang sangat bagus, jarak pandang kedepan, blind spot nya, jangkauan pengoperasian semua tombol apakah mudah dan bagaimana jarak stirnya dengan tangan kita apakah nyaman atau tidak.

Yang kedua, sebagai salah satu bagian yang sangat penting jarak pedal dan ketinggian pedal nanti sangat berpengaruh dengan cara berkendara kita, meski pengaturan ketinggian atau rendahnya bisa diatur ulang tapi kita harus menyediakan waktu untuk lebengel resminya. Yang repot adalah jika gap antara pedal kita anggap terlalu jauh (karena bentuk lebar telapak kaki tidak selalu sama) atau berdekatan ini tidak bisa diperbaiki, maka lebih baik datang dan coba langsung di tempat.



Yang ketiga, jarak stir, lekukan dasboard dan piranti konsole disekitar kaki juga harus diperhatikan. Stir yang nyaman tidak membuat tangan cepat lelah, dasboard yang bagus tidak mengganggu sudut pandang serta bagian konsole tidak membatasi gerak bebas kaki kita seperti dengkul mentok, kaki kurang rileks dan lain sebagainya.

Yang keempat adalah mengamati semua tombol operasional dengan jangkauan kebiasaan kita, bagi orang lain mungkin mudah belum tentu buat kita yang misalkan badan harus lebih maju hanya untuk menekan tombol AC padahal posisi duduk sudah pas. Semakin praktis dalam mengoperasionalkan semua tombol tentu semakin bagus.

Yang kelima dibutuhkan pembuktian dengan mencoba mengendarainya sendiri. Kalau kata reviewer yang mencoba mobilnya sangat enak, fun to drivebelum tentu dengan pemikiran kita. Faktor pengalaman dan kebiasaan kita ikut menentukan seberapa fun kita mengendarai sebuah kendaraan. Pembuktian langsung adalah cara yang terbaik.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 22-08-2022 11:06
nite.hime
jlamp
winardo32
winardo32 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
7.2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan