masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Warganet Sebut Pencuri Cokelat di Alfamart Tangerang Idap Kleptomania, Apakah Itu?
Netizen menduga-duga bahwa pencuri cokelat di Alfamart Santora Tangerang Selatan idap kleptomania, apakah itu?


Media sosial tengah dihebohkan dengan kasus pencurian cokelat yang dilakukan oleh seorang wanita kaya berkendaraan Mercy yang juga merupakan bos konter besar yang ada di daerah BSD.

Kejadian tersebut semakin heboh dan menarik perhatian publik setelah si terduga pencuri meminta pegawai Alfamart untuk klarifikasi meminta maaf karena telah menyebarkan video yang berisi kejadian pengutilan cokelat yang dilakukan oleh terduga pelaku dengan mengancam menggunakan UU ITE.

Pegawai Alfamart pun menuruti keinginan klarifikasi minta maaf sampai akhirnya warganet merasa tidak terima dan Alfamart menggandeng Hotman Paris Hutapea untuk menyelesaikan kasus ini karena pihak Alfamart juga tidak menerima jika pegawainya diancam sedangkan sudah bekerja sesuai dengan SOP mereka.

Membahas terkait kasus ini warganet juga menyoroti apa yang dilakukan oleh terduga pelaku yang dianggap sebagai orang kaya karena memiliki kendaraan mahal dan bos konter tetapi mencuri cokelat.

Netizen menduga bahwa terduga pelaku mengidap gangguan kleptomania, dan perlu dilakukan tindakan khusus untuk penyembuhan.

Apa itu kleptomania, dan benarkah terduga pelaku mengidap kelainan tersebut?




Kleptomania, dapat disebut sebagai gangguan kontrol impuls yang menumbuhkan atau menyebabkan munculnya dorongan yang tidak tertahan untuk seseorang melakukan pencurian. Pada kasus gangguan kontrol impuls yang disebut dengan kleptomania ini biasanya pelaku mencuri benda-benda atau barang kecil bahkan ada yang tidak memiliki nilai atau bernilai tidak seberapa.

Menurut beberapa artikel yang TS baca, perasaan bahagia dan bangga akan muncul setelah pengidap kleptomania tersebut berhasil mencuri barang yang diinginkan.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari adanya gangguan atau kelainan kleptomania, tapi ada beberapa artikel yang menjelaskan bahwa kleptomania bisa terjadi karena adanya riwayat keluarga atau bahkan gangguan kontrol impuls yang lain.

Disebutkan bahwa gejala kleptomania dapat didiagnosis mandiri, karena ciri-ciri penderita kleptomania sudah cukup jelas yaitu mengalami dorongan untuk mencuri sesuatu, merasa cemas jika belum mendapatkan apa yang diinginkan, merasa senang setelah mendapatkan apa yang diinginkan, perilaku kompulsif, dan beberapa gejala lain termasuk juga dengan depresi.

Adapun kleptomania belum atau tidak memiliki obat terkhusus untuk penyembuhan GanSis, hanya saja dapat diobati atau dikontrol dengan melakukan terapi perilaku dengan mendatangi psikolog atau psikiater, dan mendatangi dokter untuk konsultasi medis jika memang ada obat yang bisa digunakan untuk meringankan atau melakukan kontrol impulsif.




Itulah GanSis sekilas tentang apa itu kleptomania, gejala, dan cara penanganannya.

Warganet di media sosial menilai bahwa terduga pelaku pencurian coklat di Alfamart mengalami gangguan kleptomania karena menurut informasi yang beredar terduga pelaku bukan kali pertama mencuri cokelat melainkan juga pernah mencuri di supermarket dan tertangkap basah.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada informasi yang bisa Agan Sista ambil untuk menambah wawasan.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
indrastrid
drenovsky
pphitam
pphitam dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.9K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan