Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tips Bagus Bisa Dapat Duduk Dikereta KRL, Buat Pemula


Bagi angker, atau anak kereta trik dan tips ini biasanya mereka pasti sudah paham. Tapi buat kita yang jarang bahkan belum pernah naik moda transportasi massal ular besi macam kereta ini dibutuhkan trik supaya mendapat tempat duduk.

Harus disadari memang, pelayanan, fasilitas, jumlah kereta, ketepatan waktu pada transportasi umum seperti kereta api belum juga memuaskan bagi masyarakat. Tidak mudah menyempurnakan layanan dengan moda sebesar itu dengan jumlah penumpang yang jumlahnya seribuan dalam seharinya.

Tapi pihak KAI terus berupaya agar bisa memenuhi harapan masyarakat khususnya para pengguna setia kereta api agar semakin nyaman dan aman selama diperjalanan. Aamiin.

Sekarang, setiap jam kantor berangkat dan pulang pengguna kereta api seringkali membludak dan kadang sampai lama berdiri menunggu dipinggir batas aman kereta listrik lewat, padahal rawan tersambar kereta lewat karena terjatuh atau terpleset demi mendapat tempat duduk lebih dulu.



Nah, tips ini saya dapat dari teman saya yang setiap harinya berangkat kerja naik kereta api listrik (KRL). Harapan saya dengan tips ini bisa membantumu mendapatkan duduk atau minimal mendapat posisi yang lebih nyaman karena dijam tertentu seringnya berdesakan dengan penumpang lain.


TIPS PERTAMA



Berdiri dibarisan paling depan, tentu saja semua orang sudah pasti tahu namanya paling depan kesempatan lebih cepat masuk gerbong dan mendapat tempat duduk pun lebih benar.

Tapi hal yang harus disadari adalah tetap bertindak sopan, jangan menyerobot, menunggu keberangkatan kereta berikutnya setelah kereta berangkat cara paling baik. Tapi ketika kereta sudah datang usahakan kamu berdiri bukan didepan pintu langsung, tapi dipunggir puntu keluar, karena kalau tidak dirimu bakalan berhadapan dengan penumpang yang segera keluar dan berkesempatan diserobot barisan belakangmu.


TIPS.KEDUA



Menunggu jumlah rangkaian atau gerbong kereta yang lebih banyak. Umumnya jumlah rangkaian kereta adalah 8, 10 dan 12 gerbong. Logikanya semakin banyak jumlah gerbong berarti jumlah peluang dan tempat duduk juga lebih besar.

Bagi anak kereta sudah paham dijam tertentu biasanya menentukan jumlah gerbong. Buat kamu yang belum terbiasa bisa bertanya kepetugas jaga atau mendengar informasi petugas lewat pengeras suara. Lewat oengeras suara biasanya diinformasikan nama kereta, jurusan kereta, dan jumlah rangkaiannya.


TIPS KETIGA



Ini tips yang jarang orang sadari kalau cara ini sering berhasil karena penumpang umumnya ingin mendapatkan tumpangan digerbong barisan depan dan turun persis di dalam stasiun. Padahal kesempatan bisa naik digerbong tengah juga sama saja, jangan malas untuk berjalan kebagian tengah karena memiliki kesempatan lebih baik.

Keuntungan lain adalah ketika kita akan naik jadi lebih aman, tidak rawan terjatuh karena tidak perlu mengejar dimana kereta umumnya sudah dalam keadaan berhenti. Untuk mendapat posisi tengah coba saja ukur dalam imajinasi posisi gerbong tengah kereta akan berhenti dimana, hitung jumlah gerbong kereta yang akan masuk lalu ambil posisi tengahnya, maka disitulah kita menunggunya.


TIPS KEEMPAT



Kalau punya waktu lebih banyak cobalah untuk naik kereta dengan tujuan yang berlawanan dulu, maka ketika kereta memutar balik kamu otomatis leluasa mencari tempat duduk favorit.

Cara ini sering dilakukan teman saya waktu sepulang kuliah, rumahnya di Bogor tapi dia naik kereta yang menuju Stasiun kota dulu barulah putar balik ke Stasiun Bogor. Bayar tiketnya dobel dong? Nggak juga sih, dan kadang kita tidak perlu turun, disaat gerbong mulai sepi dari penumpang maka dengan leluasa kita bisa memilih tempat duduk terbaik.

Dari ke empat tips diatas silahkan dipilih atau dicoba semua triknya, karena menurut teman saya beda stasiun terkadang harus pakai cara ke 3, misalnya.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 18-07-2022 08:09
rizkyl2cc
rizkyl2cc memberi reputasi
5
1.9K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan